Urbanhire Jobseeker

Kesalahan Fatal Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Wawancara Kerja

2

Dec 2019

Blog

Urbanhire – Apa yang menyebabkan seorang applicant sampai gagal wawancara kerja? Padahal memiliki latar belakang pendidikan yang bagus. Secara teknis, banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kamu tidak berhasil lolos dalam tahapan interview. Apa saja penyebab yang perlu diwaspadai itu dan bagaimana cara mengantisipasinya? Yuk, simak ulasannya berikut!

Deretan Kesalahan Fatal Penyebab Kamu Gagal Wawancara Pekerjaan

Bicara tentang penyebab, ini dia rangkaian faktor yang berpotensi membuat kamu gagal lanjut ke tahap seleksi selanjutnya saat melamar pekerjaan :

1) Penampilan Serampangan

Kesan pertama itu sangat penting ketika kamu berhadapan dengan employer. Wawancara sendiri merupakan kesempatan kamu untuk meninggalkan kesan pertama yang positif di pihak perusahaan. Bagaimana kalau kamu berpenampilan serampangan? Pakaian tidak rapi dan rambut tidak tertata? Kamu akan langsung dianggap tidak bersungguh-sungguh melamar pekerjaan.

2) Terlambat Datang

Kesalahan fatal yang wajib untuk kamu hindari adalah terlambat datang saat wawancara. Sama seperti penampilan yang serampangan, telat datang menunjukkan ketidaksungguhan kamu dalam melamar pekerjaan tersebut. Selain itu juga menunjukkan karakteristikmu sebagai seseorang yang tidak tepat waktu. Tentu saja hal itu sangat tidak disukai employer.

3) Kurang Pengetahuan Tentang Posisi yang Diinginkan

Ketika kamu menginginkan suatu pekerjaan, otomatis kamu harus memiliki bekal cukup tentang job deskripsinya. Dalam wawancara, kamu jelas akan diberi pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu atas tugas dalam pekerjaan. Kurangnya pengetahuan tentang pekerjaanmu sendiri akan membuat employer merasa keberatan karena harus membinamu dari nol.

4) Memberi Jawaban Tidak Relevan, Berbelit-Belit, Cenderung Mengarang

Jangan heran bila kamu gagal wawancara karena memberikan jawaban sembarangan selama tahapan seleksi berlangsung. Sembarangan dalam artian tidak relevan sama sekali dengan pertanyaan, berputar-putar tanpa poin utama, dan sama sekali tidak realistis. Dari sisi employer, kamu akan dilabeli sebagai sosok yang tidak konsisten, kurang logis, dan tidak jujur.

Baca juga: Tips dan Trik Menjawab Pertanyaan Saat Interview

5) Tidak Percaya Diri

Perusahaan sangat menyukai karyawan yang memiliki kepercayaan diri karena hal itu memudahkan dalam adaptasi di lingkungan kerja dan memiliki kinerja yang baik. Sebab itu, mereka sering menyertakan pertanyaan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri pelamar. Jika kamu tampak tidak yakin pada dirimu dan kemampuanmu, otomatis namamu dicoret.

6) Terlalu Fokus pada Ponsel

Kesalahan lain yang tidak disadari mayoritas pelamar kerja adalah ketergantungan dengan ponsel. Kamu memang tidak memegangnya saat wawancara, tapi bagaimana dengan di ruang tunggu? Tidak jarang employer memasang kamera pengawas untuk menilai tingkat ketergantunganmu. Sebab, ketika kamu kecanduan, pekerjaanmu tidak akan bisa maksimal.

7) Gestur Tubuh yang Tidak Sopan

Kamu mungkin menganggap memutar bola mata atau berkedip merupakan gestur biasa, tapi tidak jika kamu melakukannya saat wawancara kerja sedang berlangsung. Gerak-gerik kecil itu dianggap sebagai bentuk ketidaksopanan. Jika kamu tidak bisa mengontrol gerak tubuh seminimal mungkin, kamu dianggap tidak memiliki kontrol diri yang baik.

Tips Agar Lolos Tahapan Wawancara Kerja

Lantas, bagaimana cara efektif untuk menghindari gagal wawancara? Sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa mempraktikkan hal-hal berikut agar insiden-insiden yang berpotensi membuatmu gagal tidak terjadi :

1. Persiapan Matang

Salah satu penyebab utama kesalahan-kesalahan di atas dapat terjadi saat wawancara adalah persiapan yang kurang matang. Sebab itu, lakukan persiapan sebaik mungkin :

  • Siapkan pakaian yang hendak digunakan saat wawancara. Pastikan dalam keadaan sudah tercuci bersih dan disetrika rapi.
  • Jaga kebersihan tubuh agar dapat tampil menarik. Contohnya dengan mengeramasi rambut sehingga tidak tampak kusut. Pastikan juga tidak ada bau badan atau bau lain yang menyengat di mana juga bisa membuat employer tidak senang.
  • Kuasai materi yang sekiranya dilontarkan selama wawancara, terutama tentang job deskripsi dari posisi yang kamu incar.
Baca juga: Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris saat Interview

2. Merelaksasi Diri

Hal ini penting untuk kamu lakukan sebelum menjalani wawancara kerja. Kamu perlu relaks, secara fisik maupun mental. Jadi, ketika interview, kamu tidak akan merasa grogi sehingga memberi jawaban yang berbelit-belit saat diberi pertanyaan atau melakukan gestur yang tidak perlu. Relaksasi diri sebenarnya tidak sulit, cukup dengan istirahat yang cukup saja.

3. Batasi Penggunaan Ponsel

Agar kamu tidak sampai gagal wawancara, sebaiknya belajar sedari awal untuk membatasi penggunaan ponsel. Bukan hanya ketergantungan bisa menyebabkanmu kurang maksimal bekerja, tapi kecanduan gawai dapat berakibat kamu menjadi seseorang yang kurang sosialis. Tentunya hal ini akan menyulitkan terbentuknya lingkungan kerja yang produktif dan kondusif.

4. Pupuk Kepercayaan Diri

Bagaimana cara agar kamu percaya diri saat wawancara? Tidak sulit, karena kepercayaan diri dapat dipupuk dengan berlatih. Ada banyak cara untuk melatih kepercayaan diri tersebut :

  • Terlibat dalam diskusi aktif dan berani memberi argumen.
  • Lebih sering bersosialisasi di ruang publik dengan orang-orang asing.
  • Memperbanyak senyum juga efektif menambah kepercayaan diri.
  • Rutin berlatih presentasi bahkan tanpa audiens sekalipun.

5. Berpenampilan Menarik Tapi Natural

Terakhir, kalau kamu ingin lolos ke tahap selanjutnya setelah wawancara kerja, pastikan tampil semenarik mungkin. Tapi ingat, bukan berarti menggunakan riasan wajah tebal atau pakaian dan aksesoris bermerek. Melainkan mengenakan riasan wajah yang natural dan berpakaian sewajarnya bahkan cenderung tidak mencolok. Sebab, tampilan yang berlebih juga tidak disukai.

Pada intinya, bila kamu tidak ingin sampai gagal wawancara, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Mulai dari fisik, mental, penampilan, dan faktor-faktor penunjang lainnya. Jangan menyepelekan proses interview dan berikan yang terbaik agar mendapatkan kesan baik dari sisi employer.

Buat UrbanGen yang lagi mencari pekerjaan, jangan lupa lengkapi profil akun Urbanhire mu. Banyak lowongan pekerjaan menunggu kamu. Lalu, yang masih bingung mau cari kerja dibidang apa, atau gimana ya kalau nanti dipanggil interview, dsb cek deh tips-tips karir, biar makin siap masuk ke dunia kerja. Semangat UrbanGen!!