Urbanhire Jobseeker

Keahlian yang wajib di miliki bagi yang baru lulus kuliah dan ingin bergaji 8 juta

21

Oct 2019

Blog

Selamat pagi para pencari kerja , para pencari pekerja, para pengelola pekerja dan para bos-bos pekerja…..

Sesaat kita (para pencari pekerja) tersenyum, terganggu, tergugah, dan tergelitik saat membaca sebuah postingan yang Viral di dunia Maya tentang seorang yang baru lulus dari sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia dan berharap mendapat gaji di atas rata-rata orang yang baru lulus. Kenapa demikian, karena yang bersangkutan lulusan dari Universitas negeri ternama. Sebenernya ga ada yang salah dari postingan tersebut, karena wajar-wajar saja bagi siapa saja untuk mendapat gaji yang besar saat bekerja (saya juga mau), hanya saja yang menjadi pemikiran bagi para pencari pekerja ; “Punya kompetensi yang apa & bagaimana sehingga dia ingin di bayar sedemikian tinggi bagi selevelnya ? “

Minggu lalu saya di Undang untuk melakukan Forum Group Discussion (FGD) oleh sebuah Universitas milik BUMN yang berada di Kota Bandung, tema diskusinya adalah “Apa masukan dunia Industri kepada Academi/Universitas agar lulusannya dapat bersaing dan menjadi prioritas di dunia kerja?”

Baca juga: Etika Mengirim CV Lamaran Kerja Via Email

Ini adalah topik yang menarik dan yang di undang adalah para Praktisi HR/HC di berbagai perusahaan besar dan terkenal mulai dari Start up sampai BUMN. Hal ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih untuk bangsa Ini agar lulusan dari Universitas/Academi menjadi lulusan yang dapat bersaing dengan mahasiswa yang sekolah di luar negeri atau bersaing dengan pekerja dari luar negeri. Adapun yang menjadi kesimpulan bagi para HR/HC tersebut bahwa di kampus perlu di ajarkan mata kuliah yang relevant dan linier dengan pekerjaan dan kebutuhan Industry saat dalam era VUCA dan industry 4.0. Dan kami pun memberikan kesimpulan bahwa materi mata kuliah tersebut adalah:

  1. Kemampuan Analisa (Analytical Thinking)
  2. Kemampuan mendesign pemikiran (Design Thinking)
  3. Kemampuan memecahkan masalah & mengambil keputusan (Problem Solving & Decision Making)
  4. Kemampuan mudah beradaptasi (Adaptable Skill)
  5. Kemampuan bekerja sama (Team work Skill)
  6. Kemampuan cepat berubah (Agility Skill)
  7. Kemampuan merencanakan, mengorganisasi & mengontrol (Planning, organizing & Controlling skill)
  8. Kemampuan berkomunikasi (Communication Skill)
Baca juga: Skill yang WAJIB Kamu Miliki Sebagai Pencari Kerja

Dan kami merasa sistem pembelajaran di Indonesia perlu sedikit di modifikasi dengan komponen 25% Materi , 75% praktek (projek) untuk dapat lebih mengembangkan Karakter SDM Indonesia yang sejalan dengan konsep HUMAN CAPITAL dan sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan SDM masyarakat Indonesia.

Dan jika 8 keahlian di atas di terapkan dan mahasiswa yang lulus sudah memiliki keahlian- keahlian tersebut, kami yakin Gaji yang inginkan (8 jt) akan mudah di dapat karena kompetensi nya sudah di dapat dengan di buktikan project/proyek yang di kerjakan semasa kuliah. Indonesia harus berani memodifikasi sistem pembelajarannya, kalo kita tidak mau kalah dari pekerja luar atau anak- anak yang sekolah di luar negeri. Jaman sekarang kita tidak dapat mengandalkan hanya mendapat IPK tinggi tp tidak dapat bekerja sama, berkomunikasi dan beradaptasi terhadap industri atau bisnis yang tidak menentu.

Dan bagi yang masih mempersiapkan dirinya untuk lulus dan memasuki dunia kerja , perbanyaklah pengalaman-pengalaman seperti: extrakurikuler, magang atau internship atau project/proyek di kampus agar 8 keahlian di atas dapat di aplikasikan dalam dunia kerja atau dunia sosial ,dan saya yakin gaji 8 juta sebulan bisa di dapat asal anda punya keahlian tersebut…..Trust me ……It works ! (Published by : M. Soleh Al Hakim, SS,MM, CPHRM)

Artikel hari ini hasil kerjasama Urbanhire dengan FTHR. FTHR adalah salah satu HR Community ternama di Indonesia yang sering memberikan dan membuka ruang diskusi tentang dunia HR.

Cari ribuan pekerjaan di Urbanhire.comlengkapi profilmu sebelum mulai melamar ya!