boss-bukan-teman

Ketika Kamu dipromosikan menjadi manajer untuk pertama kalinya, tentu rasanya menggembirakan. Selain itu, ada tantangan tersendiri yang Kamu rasakan. Memang dibutuhkan kecerdasan dan kemampuan melebihi teman-teman Kamu untuk bisa menaiki tangga perusahaan. Namun, untuk beralih ke peran baru sebagai bos, ini artinya Kamu juga perlu untuk menguasai keahlian baru. Apapun bidang pekerjaan Kamu, coba ikutilah tips-tips berikut ini untuk mempertajam kemampuan manajerial Kamu.

Mempersiapkan diri sebelum dipromosikan

Kalau Kamu mendapat tawaran promosi dan Kamu belum siap, maka mungkin nantinya Kamu yang akan menyesal karena tidak lebih dulu belajar untuk berada di posisi ini. Alangkah baiknya bila Kamu melakukan persiapan lebih dulu, terutama mempersiapkan mental diri sendiri.

Mengenali pekerjaan baru sebagai manajer

Ketika menjadi bos, Kamu harus bersikap lebih profesional lagi, terutama ketika di kantor. Dengan begini, tujuan perusahaan pun akan tercapai bersama dengan kepemimpinan Kamu. Meski, misalnya Kamu belum menguasai betul pekerjaan baru sebagai manajer untuk insinyur, pasti Kamu sudah memiliki rekam jejak yang bagus dalam bidang itu sampai dipromosikan menjadi manajer. Tinggal bagaimana fokus Kamu untuk mengembangkan diri.

Belajar tentang kepemimpinan

Manajer manapun perlu untuk memiliki kemampuan memimpin yang baik. Kemampuan dalam hal kepemimpinan adalah ilmu dasar yang wajib dikuasai seorang bos. Dalam hal ini berarti manajer seperti Kamu. Jadi, Kamu bisa mengetahui bagaimana mengelola setiap karyawan.

Mengenali karyawan dengan baik

Kamu bisa meluangkan waktu untuk benar-benar mengenali setiap karyawan Kamu, pekerjaan mereka, apa tujuannya berkarier, kekuatan dan kelemahannya, hal apa yang disuka dan tidak disukai. Tidak berhenti sampai pada urusan kantor saja, namun kalau Kamu juga mencari tahu tentang tempat tinggal, keluarga, lalu misalnya sampai hewan peliharaan mereka, itu akan membangun kepercayaan yang memiliki dasar kuat dan kokoh.

Berlatih mendengarkan secara aktif

Tidak hanya menjadi pendengar yang baik, namun mendengarkan secara aktif adalah kemampuan penting bagi seorang manajer agar sukses menjadi seorang pemimpin. Keterampilan ini bahkan dianggap sebagai kemampuan yang paling penting dimiliki seorang bos. Jadi, bawahan Kamu akan merasa nyaman untuk menyampaikan segala hal kepada Kamu.

Tidak perlu memperhatikan detail

Karena Kamu sekarang adalah manajer, maka lupakan cara lama bekerja sebagai staf. Tidak perlu Kamu memperhatikan terlalu detail pekerjaan yang akan diselesaikan. Cukup Kamu fokus saja kepada hasil dan tujuannya, apakah sudah terpenuhi ataukah tidak. Lalu, Kamu bisa melakukan evaluasi untuk perbaikan.

Kamu adalah bosnya, bukan teman

Harus diakui, ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang bos. Hal ini memang cukup sulit, mengingat Kamu dulu teman seperjuangan namun sekarang sudah jadi manajer. Yang penting, ingatlah kalau Anda berada di posisi yang memiliki wewenang dan wibawa. Bertemanlah di luar kantor, namun tetap jaga hubungan profesional di dalam kantor.

Salah satu tips yang bisa kamu ambil juga adalah untuk berpindah tempat bekerja, untuk mendapatkan lingkungan baru. Dengan mendapatkan lingkungan baru, kamu terhindar dari teman lama dan dapat memulai karirmu sebagai bos di tempat yang baru. Cari pekerjaan sebagai bos atau manajer disini.