Urbanhire Jobseeker

Jenis Pekerjaan Bagi Pecinta Marketing

9

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Kamu menyukai atau bahkan bisa dikategorikan sebagai golongan pecinta marketing? Ketertarikan pada bidang tersebut beberapa tahun lalu masih dianggap sebagai sesuatu yang kurang prestisius. Namun dengan berkembang pesatnya industri kreatif saat ini, sebagai seorang fresh graduate, jangan terpaku pada lowongan pekerjaan konvensional. Manfaatkan apa yang kamu sukai sebagai profesi alternatif.

Ragam Profesi Alternatif Bagi Pecinta Bidang Marketing

Khusus untuk kamu yang memiliki minat di bidang marketing atau pemasaran bahkan menempuh pendidikan pada jurusan tersebut, mungkin bisa mempertimbangkan profesi-profesi sebagai berikut :

1)     Content Writer / Penulis Konten

Pernah mendengar tentang profesi penulis konten? Pekerjaan ini tugasnya menawarkan sebuah produk atau jasa, sebagaimana tenaga marketing umumnya. Bedanya, tindakan persuasif tersebut dilakukan melalui tulisan yang di unggah ke ruang publik. Bisa terang-terangan (hard-selling) atau terselubung (soft-selling). Asyiknya, menjadi content writer tergolong pekerjaan yang bisa ditekuni di rumah alias freelance.

2)     Graphic Designer / Desainer Grafis

Tugas dari seorang graphic designer adalah membuat sebuah logo untuk merek produk atau jasa. Meskipun tidak terlibat langsung atau aktif dalam proses operasional, faktanya profesi ini termasuk dalam kategori pekerjaan untuk pecinta marketing. Sebab, autentikasi dan menariknya sebuah logo dapat menentukan peluang konsumen untuk tertarik.

3)     Copy Writer

Jangan sampai salah ya mengidentifikasi content writer dengan copy writer. Kalau penulis konten menawarkan produk atau jasa, maka copy writer berbeda. Tugas utamanya adalah branding atau mencari cara agar badan usaha melekat kuat pada konsumen. Istilah lain adalah upaya untuk membentuk citra.

Baca juga: Tertarik Belajar Menjadi Copywriter? Simak Tipsnya!

4)     Social Media Specialist

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri modern dan kreatif cenderung sangat aktif melakukan promosi melalui sosial media. Ada yang sampai memiliki tim khusus bertajuk social media specialist. Bergabung dalam tim ini, kamu bertugas untuk mengurus segala detail yang berkaitan dengan jejaring sosial perusahaan untuk kegiatan promosional / marketing.

5)     Influencer

Belakangan ini, tren profesi baru sebagai influencer atau secara harfiah berarti pembawa pengaruh. Mereka biasanya kaum milenial dengan jumlah pengikut fantastis di jejaring sosial, kemudian membuka kerja sama dengan pihak lain mempromosikannya di sosial media. Ada yang menggunakan sistem endorse—mendapat barang kemudian mempromosikannya atau paid promote atau promosi berbayar.

Profesi ini sangat cocok bagi pecinta marketing. Selain mendapatkan barang atau jasa secara cuma-cuma, mereka juga mendapatkan penghasilan rutin melalui metode promosi instan tersebut dalam nominal yang besar. Tentunya, jika kamu tertarik menekuni bidang ini harus memiliki jumlah pengikut aktif tertentu di sosial media.

6)     Product Owner

Kalau kamu berpikir menyamakan profesi ini dengan CEO, maka kamu salah besar. “Product Owner” merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada kreator produk di sebuah perusahaan. Sebab, secara teknis mereka adalah pemilik hak patennya. Product owner bertugas di departemen IT untuk fokus pada proyek pengembangan teknologi.

7)     Account Executive / Manager

Kamu bisa juga bergabung dalam sebuah perusahaan dan melamar untuk posisi manajer atau bisa juga disebut account executive. Kamu akan bertanggung jawab sebagai perantara klien dengan pihak perusahaan tempatmu bernaung. Selain itu, kamu juga harus berperan aktif dalam mencarikan investor untuk badan usaha di mana kamu berstatus sebagai karyawan.

Baca juga: Ingin memiliki karir di Digital Marketing? Ikuti 3 tips berikut ini!

8)     Model

Profesi yang cocok bagi pecinta marketing yang satu ini mungkin agak mengejutkan. Tapi, kalau kamu memang tertarik untuk berpromosi anti mainstream, maka tidak ada salahnya untuk menjadi model. Terutama untuk klien di bidang fashion. Kamu bisa memengaruhi orang lain untuk tertarik membeli produk yang kamu kenakan.

Tips Bagi Pecinta Dunia Marketing

Deretan profesi di atas membuktikan bahwa pekerjaan masa kini sudah memiliki range yang luas. Tidak lagi sekadar menawarkan door to door, person to person. Bisa melalui sosial media, website pribadi, situs toko online dan lain-lain. Tapi, seperti apa sih tipsnya agar sukses dalam menekuni sektor usaha marketing :

1.     Gigih dan Pantang Menyerah

Namanya juga berpromosi, belum tentu laku. Jadi, kamu harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam melakukan pekerjaan sebagai tenaga marketing. Diperlukan kualitas sosok yang gigih dan tidak mudah untuk menyerah ketika menghadapi rintangan.

2.     Menjadikan Ketertarikan Sebagai Passion

Ketertarikan kamu sebagai pecinta marketing tidak cukup terhenti sampai di situ. Perasaan tersebut sebaiknya dialihkan sebagai passion atau gairah. Dengan begitu, kamu pun akan lebih bersemangat dalam beraktivitas. Fokuslah pada fakta kamu menyukai yang kamu kerjakan, bukan diperintahkan untuk mengerjakannya.

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Kerja dari Media Sosial

3.     Rajin Berinovasi

Sebagai seorang tenaga marketing, inovasi dan kreativitas merupakan syarat mutlak jika ingin sukses. Buat target konsumen kamu semakin tertarik dengan produk maupun jasa yang kamu tawarkan. Semakin kreatif dan inovatif kamu, maka dapat menarik perhatian banyak orang yang berpotensi sebagai konsumen.

4.     Jangan Gaptek

Salah satu syarat mutlak untuk bersaing di bidang usaha kreatif ini adalah kewajiban untuk luwes dalam bidang ekonomi dan IT. Sebab itu, menjadi gagap teknologi bukanlah situasi yang tepat. Terutama jika ingin menekuni profesi marketing berbasis teknologi. Jika kamu tidak melek teknologi, maka sulit untuk berhasilnya penggunaan produk atau jasa.

Jadi, menekuni profesi yang didasarkan pada sosok pecinta marketing sebenarnya bukan hal yang sulit. Sudah saatnya generasi muda, terutama pada fresh graduate untuk menjajal pekerjaan-pekerjaan non konvensional yang didasari pada minat mereka. Lagi pula, dari sederet daftar profesi alternatif di atas, penghasilan yang dapat diraih juga bukan skala kecil.

Baca juga: Ayo Gunakan Teknologi untuk Mencari Pekerjaan!

Meta Deskripsi : Pecinta marketing dapat menyalurkan ketertarikannya pada sederet pilihan profesi non konvensional dengan penawaran gaji tinggi.

Bagaimana? Sudah cukup jelas dan mendapatkan ide untuk profesimu buat kalian yang suka di bidang marketing. Mencari pekerjaan atau melamar pekerjaan sekarang bisa menggunakan teknologi digital seperti melalui Urbanhire. Terdapat lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka, lamar sekarang dengan membuat akun pencari kerja dan melengkapi profil Urbanhire-mu!Buruan lama sekarang!