Di era millennial ini, sudah menjadi rahasia umum bila mencari pekerjaan adalah hal yang tidak mudah. Faktanya banyak sarjana dari berbagai perguruan tinggi kesulitan mencari pekerjaan. Saat mencari pekerjaan, tidak hanya nilai akademis saja yang harus diperhatikan, namun soft skill juga menjadi salah satu hal penting. Bahkan ada perusahaan yang lebih memilih pegawai dengan softskill bagus dari pada hanya nilai akademis saja.

Soft skill secara umum memepengarui cara berfikir dan bertingkah laku. Beberapa perusahaan bahkan ada yang lebih mengutamakan calon pegawai yang mempunyai soft skill bagus dari pada hanya sisi akademis saja. Lalu, apa saja soft skills yang dibutuhkan dalam dunia kerja menurut para HR?

Kemampuan berkomunikasi

Salah satu soft skill yang harus dikuasai adalah kemampuan komunikasi. Sejak dari kecil kita semua diajari cara berkomunikasi yang baik kepada orang tua, sesama teman, dan yang lebih muda. Kemampuan komunikasi kita menunjukkan seberapa bagus kita menghadapi orang lain. Dengan komunikasi, kita juga bisa membangun koneksi yang baik dengan klien dan kolega.

Selain kemampuan komunikasi, soft skills yang juga dibutuhkan dan berhubungan dengan komunikasi adalah public speaking. Kemampuan berbicara didepan umum bukanlah hal yang mudah. Ada banyak orang yang mengaku tidak percaya diri untuk melakukan presentasi atau sekedar berbicara di depan orang lain. Tanpa kemampuan komunikasi yang bagus, kerja tim akan terganggu dan bahkan menyebabkan salah paham.

Kemampuan beradaptasi

Menurut 49% HR dari berbagai persahaan menyatakan bila kemampuan beradaptasi adalah nomor dua yang paling penting. Hal ini karena biasanya bekerja di perusahaan mempunyai kondisi dan situasi yang berbeda dengan di kampus. Sehingga, kemampuan beradaptasi dengan cepat sangat dibutuhkan agar bisa bekerja dengan baik. Tidak hanya untuk calon pekerja baru, kemampuan beradaptasi juga harus dimiliki setiap pegawai karena selalu ada kemungkinan perubahan dalam perusahaan seperti restruktusisasi pimpinan, pergantian pekerjaan, dan sejenisnya namun pegawai tetap harus bisa mempertahankan kinerja mereka.

Analisis kuantitatif

Data adalah hal yang sangat penting disetiap perusahaan. Oleh karena itu, calaon pegawai baru dituntut untuk mampu menganalisis, mengatur, dan menafsirkan data-data di perusahaan dan kemudian menyusun strategi atau pemecahan masalah yang dibutuhkan. Meskipun anda tidak mengambil kuliah dengan jurusan yang linier dengan analisis data, kemampuan ini tetap bisa diperlajari secara otodidak.

Kemampuan berfikir kreatif

Di era milenial ini, kemampuan berfikir kreatif adalah modal utama. Dengan kemampuan berfikir secara kreatif, anda mampu memberikan terobosan-terobosan baru yang sebelumnya belum terfikirkan oleh perusahaan. Kemampuan berpikir kreatif ini sangat penting terlebih bila anda ingin bekerja diindustri kreatif seperti periklanan, fashion, design, dan lain sebagainya.

Low profile dan ramah

Low profile dan ramah sepertinya bukan sesuatu yang akan dibutuhkan saat mencari kerja, tapi siapa sangka kepribadian yang seperti ini ternyata dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan akan menghargai karyawan yang mempunyai kemauan untuk belajar hal yang baru dan tidak menganggap diri mereka paling tahu. Menjadi rendah hati dan ramah memang bukan sesuatu yang bisa dipelajari karena hal ini berhubungan dengan kepribadian seseorang. Namun tidak ada salahnya untuk selalu menunjukkan semangat dan rendah diri secara spontan karena memang hal tersebut dibutuhkan.

Selain itu, bersikap rendah diri juga berarti mau menerima feedback dan saran dari orang lain. Ada beberapa orang yang sudah menganggap pekerjaan mereka paling bagus, lantas tidak menerima feekback atau saran dari orang lain. Oleh karena itu, dibutuhkan kebesaran hati agar mau menerima feedback dan saran dari orang lain demi kebaikan diri sendiri.

Kemampuan berbahasa

Kemampuan komunikasi memang sesuatu yang penting dalam bekerja, namun kemampuan berbahasa juga tidak kalah penting. Dengan dibukanya MEA, mau tidak mau anda harus mengembangkan kemampuan berbahasa selain bahasa Indonesia. Hampir semua perusahaan kini menuntuk pegawai mereka untuk mampu berbahasa asing minimal bahasa Inggris. Bukan sekedar untuk komunikasi, kini perusahaan juga banyak yang mengembangkan bisnis dengan bekerjasama dengan perusahaan luar negeri. Jadi, mau tidak mau anda harus menguasai setidaknya satu bahasa asing.

Kemampuan komputer

Di era millennial ini, hampir semua hal sudah terintegrasi dengan teknologi seperti komputer atau smartphone. Hampir semua bidang pekerjaan sepertu pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan sebagainya sudah menerapkan teknologi dalam praktik mereka. Secara umum, anda harus memiliki kemampuan dasar komputer seperti MS.Word, Excel, dan sejenisnya. Namun bila anda menguasai program lain seperti Corel atau AutoCAD akan menjadi nilai tambah.

Manajemen waktu

Soft skill yang paling dibutuhkan adalah manajemen waktu. Ketika bekerja dengan perusahaan, anda harus siap untuk bekerja dibawah tekanan dan sanggup menyelesaikan tugas tepat waktu. Bagi karyawan baru bekerja dengan manajemen waktu yang ketat mungkin cukup mengagetkan. Namun selama anda mau belajar untuk mengikuti ritme perusahaan, manajemen waktu seharusnya bukan menjadi masalah yang besar.

Kerjasama tim

Dalam suatu perusahaan, biasanya dibagi menjadi beberapa tim untuk menyelesaikan tugas-tugas. Meskipun terdengar sepele, namun nyatanya tidak semua orang mampu bekerja dalam tim. Ada beberapa orang yang lebih nyaman bekerja sendiri dari pada bersama orang lain, ada pula yang cepat beradaptasi. Bagaimanapun juga dalam membangun kerjasama tim yang solid dibutuhkan kemampuan pengendalian emosi karena setiap orang mempunyai kemampuan dan kepribadian yang berbeda.

Di era millennial ini, kemampuan akademis saja tidak cukup mampu membuat anda mudah mendapat pekerjaan. Anda harus mempunyai kemampuan soft skills agar bisa memberikan kontribusi pada perusahaan. Cari pekerjaan? Cek Urbanhire sekarang! Ada lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka dan siap untuk kamu lamar! Buat akun dan lengkapi profil Urbanhire mu juga ya!