Di era millennial ini, sudah menjadi rahasia umum bila mencari pekerjaan adalah hal yang tidak mudah. Faktanya banyak sarjana dari berbagai perguruan tinggi kesulitan mencari pekerjaan. Saat mencari pekerjaan, tidak hanya nilai akademis saja yang harus diperhatikan, namun soft skill juga menjadi salah satu hal penting. Bahkan ada perusahaan yang lebih memilih pegawai dengan softskill bagus dari pada hanya nilai akademis saja.

Soft skill secara umum memepengarui cara berfikir dan bertingkah laku. Beberapa perusahaan bahkan ada yang lebih mengutamakan calon pegawai yang mempunyai soft skill bagus dari pada hanya sisi akademis saja. Lalu, apa saja soft skills yang dibutuhkan dalam dunia kerja menurut para HR?

Kemampuan berkomunikasi

Salah satu soft skill yang harus dikuasai adalah kemampuan komunikasi. Sejak dari kecil kita semua diajari cara berkomunikasi yang baik kepada orang tua, sesama teman, dan yang lebih muda. Kemampuan komunikasi kita menunjukkan seberapa bagus kita menghadapi orang lain. Dengan komunikasi, kita juga bisa membangun koneksi yang baik dengan klien dan kolega.

Selain kemampuan komunikasi, soft skills yang juga dibutuhkan dan berhubungan dengan komunikasi adalah public speaking. Kemampuan berbicara didepan umum bukanlah hal yang mudah. Ada banyak orang yang mengaku tidak percaya diri untuk melakukan presentasi atau sekedar berbicara di depan orang lain. Tanpa kemampuan komunikasi yang bagus, kerja tim akan terganggu dan bahkan menyebabkan salah paham.


Di era millennial ini, kemampuan akademis saja tidak cukup mampu membuat anda mudah mendapat pekerjaan. Anda harus mempunyai kemampuan soft skills agar bisa memberikan kontribusi pada perusahaan. Cari pekerjaan? Cek Urbanhire sekarang! Ada lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka dan siap untuk kamu lamar! Buat akun dan lengkapi profil Urbanhire mu juga ya!