Urbanhire Jobseeker

Inilah Waktu Pas Buat Kirim Lamaran

20

Jul 2020

Urbanhire – Kirim lamaran pekerjaan membutuhkan strategi, melihat saat ini persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat. Ketatnya persaingan ini merupakan efek domino yang diberikan oleh pandemi Virus Corona. Ingat bahwa persaingan semakin ketat berarti semakin banyak juga yang mengirim lamaran pekerjan seperti kamu. Nah…kunci pembuka untuk mendapatkan pekerjaan adalah bagaimana cara kamu dalam menentukan pengiriman lamaran sehingga mendapat perhatian oleh HRD. Berikut waktu yang pas buat kirim lamaran pekerjaanmu.

Jangan Kirim Lamaran Di Awal Pekan

Apakah kamu ingat dengan meme atau quote “I hate monday” ? Nah awal pekan memang menjadi hari yang membuat semua pekerja sedikit tidak bersemangat. Alasannya adalah karena masih terbawa dengan suasana libur akhir pekan. Ini berlaku juga buat para HR. Nuansa akhir pekan masih melekat di pikiran mereka. Untuk itu disarankan kamu jangan kirim lamaran pekerjaan di hari Senin dan Selasa. Selain alasan para HR masih mengumpulkan motivasi, awal pekan merupakan waktu dimana email lamaran pekerjaan banyak yang masuk. Jadi lamaranmu kemungkinan bisa tenggelam di antara lamaran lainnya dan tidak terbaca oleh HR.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kamu Bekerja Terlalu Keras

Hari Rabu, Bisa Dicoba Tapi Tidak Disarankan

Jika sudah masuk di hari Rabu maka para pekerja sudah menemukan ritme kerja mereka kembali sehingga menjadi lebih produktif. Ini berlaku juga buat HR. Kamu bisa kirim lamaran di hari Rabu. Namun di hari Rabu ini masih banyak email lamaran yang masuk. Dan kemungkinan lamaran pekerjaan mu tenggelam di antara lamaran-lamaran lainnya. Jadi hari Rabu bisa dikatakan seperti lampu kuning, hati-hati atau boleh dilakukan tapi tidak disarankan.

Yang Tepat Adalah Hari Kamis & Jumat

Di hari Kamis dan Jumat, para pencari kerja yang kirim lamaran mulai berkurang atau tidak sebanyak ketika hari Senin dan Selasa. Jadi disarankan untuk mengirim lamaran pekerjaan pada hari-hari tersebut. Dengan sedikitnya email lamaran yang masuk akan meningkatkan kesempatan lamaran pekerjaanmu dibaca oleh para HR. Tapi perlu kamu ingat bahwa kamu juga harus memperhatikan tenggat waktu atau deadline penutupan lowongan pekerjaan yang kamu incar.

Sebenarnya hari apapun tidak begitu mempengaruhi untuk kamu segera mendapatkan panggilan wawancara atau pekerjaan. Namun tips di atas bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kesempatan mendapat perhatian HR ketika mengirim lamaran. Selain Waktu kamu juga harus memperhatikan isi dari lamaranmu. Dengan begitu kesempatanmu akan jauh lebih besar untuk mendapatkan perhatian para HR.

Jangan lupa untuk membuat akun Urbanhire dan mencari pekerjaan dari Urbanhire. Kamu akan lebih mudah untuk mengatur profil dan mengirim lamaran kerja di perusahaan-perusahaan yang kamu impikan.