Urbanhire Jobseeker

Ini Loh Investasi yang Cocok untuk Generasi Muda

18

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Saat ini, generasi muda atau yang lebih sering disebut sebagai kaum milenial sudah menyadari pentingnya investasi dini untuk masa depan. Kesadaran tersebut akhirnya melahirkan tren positif untuk berinvestasi di kalangan kaum muda. Apa saja manfaat berinvestasi sejak dini? Lantas, ragam investasi apa yang cocok untuk kaum milenial dan tips memulainya?

Deretan Manfaat Berinvestasi Semenjak Dini dari Usia Muda

Di masa lalu, investasi merupakan aktivitas yang dihindari oleh banyak orang. Jangankan anak muda, orang tua pun dibayangi kekhawatiran merugi atau bahkan kegagalan total investasi membuat mereka enggan melangkah. Untungnya dukungan teknologi semakin maju, pemikiran kolot begitu semakin berkurang. Sebab, investasi memang membawa banyak manfaat :

1.     Meningkatkan Disiplin Manajemen Keuangan

Berinvestasi merupakan bagian dari berbisnis yang membuat pelakunya menyadari peran dan manfaat uang yang sesungguhnya. Kebiasaan untuk berhura-hura akan berkurang secara drastis karena mereka kemudian menyadari bahwa uang yang dihabiskan dapat menghasilkan berkali-kali lipat jika dikelola dengan benar.

2.     Tabungan Masa Tua

Siapa sih yang tidak ingin memiliki masa tua bahagia dan bersantai menikmati hidup tanpa bekerja? Impian tersebut hanya dapat diraih melalui investasi dini sejak muda. Semakin banyak hasil yang didapat dari investasi selama masih muda, masa tua pun lebih terjamin. Tidak hanya menjamin diri sendiri, hasil investasi juga dapat bermanfaat untuk seluruh keluarga.

3.     Melatih Untuk Pengambilan Keputusan Logis

Investasi bisa dibilang melatih pelakunya untuk mengambil keputusan secara hati-hati. Sebab, ketika memutuskan untuk menanam investasi, kemungkinan yang ada hanya gagal atau berhasil. Hal ini akan menimbulkan kebiasaan positif untuk pelakunya tidak terburu-buru dalam pengambilan keputusan berbagai hal.

Baca juga: Pilihan Investasi Terbaik untuk Karyawan

Macam-Macam Investasi Untuk Generasi Milenial

Mengesampingkan persoalan usia yang sejatinya tidak memiliki pengaruh pada kesuksesan investasi, biasanya kaum muda justru terkendala perihal modal. Jika memiliki sumber permodalan yang besar, maka kurangnya pengalaman menjadi batu sandungan lain. Lantas, apa investasi yang disarankan untuk kaum milenial?

a)     Deposito

Kalau mau berpikir praktis, generasi muda pasti cenderung memilih investasi melalui bunga rekening aktif dibandingkan dengan deposito. Padahal, meski keuntungan tidak bisa diambil dalam waktu singkat sebagaimana bunga tabungan, tapi deposito menghasilkan interest hingga 10x lipat lebih besar. Ambil saja deposito berjangka satu tahun yang saat ini sudah banyak ditawarkan.

b)    Bermain Saham

Kalau kamu memiliki sedikit bekal ilmu tentang saham, kamu bisa memanfaatkannya untuk memilih objek investasimu. Bermainlah saham di bursa efek yang jika sukses bisa menghasilkan keuntungan fantastis. Terlebih investasi saham tidak terpaku oleh aturan yang terlampau ketat. Tapi tentu saja, risikonya pun relatif lebih tinggi.

c)     Forex (Foreign Exchange)

Jenis investasi ini cukup aman dan juga mudah untuk generasi milenial. Bahkan beberapa bank menambahkan layanan ini untuk nasabahnya yang dapat diakses secara daring melalui aplikasi (m-banking) atau situs (i-banking). Nasabah bisa bebas memilih saldo tabungan yang ingin dikonversi dan disimpan dalam bentuk uang asing.

d)    Reksa Dana

Ragam investasi dini yang paling populer saat ini adalah reksa dana. Model investasi ini adalah pengumpulan dana dari banyak investor untuk kemudian dilemparkan ke pasar uang sebagai modal terbuka. Keuntungan yang dihasilkan dari investasi yang ditanamkan kemudian dibagi secara adil pada semua penanam modal. Persentase keuntungannya adalah 7% per bulan.

e)     Emas

Walaupun jenis investasi yang satu ini acap kali dianggap sudah ketinggalan zaman, faktanya emas tetap menjadi ragam paling menguntungkan. Rasio kerugiannya pun mencapai 0%. Sebab, harga emas dunia hampir selalu stabil, bahkan cenderung terus menanjak seiring waktu. Untuk kaum muda yang terbatas perihal dana, bisa mengikuti program cicilan investasi emas.

Program tersebut mengizinkan investor untuk menyetor sejumlah uang di mana kemudian mendapatkan berat emas sesuai dengan nominal tersebut. Setoran dapat dikumpulkan hingga akhirnya berbentuk batangan emas utuh. Kemudian bisa dijual agar mendapatkan dana segar, menarik untuk disimpan sendiri, atau melanjutkan cicilan agar mendapatkan jumlah lebih besar.

Baca juga: Pikirkan Pensiun Dini dengan Matang!

Tips Memulai Investasi Untuk Generasi Muda

Tidak dapat ditampik bahwa kekhawatiran akan investasi dini masih sangat kuat. Terlebih bagi generasi milenial yang kurang atau bahkan sama sekali tidak memiliki pengalaman. Jadi, bagaimana tips dalam memulai investasi untuk kaum muda agar berhasil dan meminimalisir risiko?

1)     Tentukan dan Sesuaikan Budget

Hal pertama yang wajib kamu hindari dalam berinvestasi adalah menyediakan modal melalui dana pinjaman. Untuk menghindari kompleksitas yang mungkin terjadi jika modal berasal dari utang, sebaiknya pakai dana segar. Dengan begitu, risiko jika investasi gagal tidak akan berdampak terlalu buruk karena tidak memiliki kewajiban mengambilkan pinjaman apa pun.

2)     Pilih Objek Investasi yang Tepat

Jangan terburu-buru dalam memutuskan objek investasi untuk digeluti. Perhatikan keuntungan dan kelemahannya yang masih berada dalam jangkauan handling kamu. Hindari pula sekadar ikut-ikutan tren dalam berinvestasi sehingga kamu menanam modal tanpa perhitungan matang.

3)     Jangan Mudah Menyerah

Kegagalan memang merupakan paket risiko investasi yang kadang tidak dapat dihindari. Jika kamu tidak beruntung dan menghadapi kegagalan, jangan langsung menyerah. Ambil jeda sebentar, kemudian mulai lagi berburu keberuntunganmu di bidang investasi. Bila trauma, mulai dengan objek investasi berbeda.

Setelah memahami tentang manfaat, ragam, dan tips dari investasi dini untuk generasi muda, tidak perlu ada keraguan lagi untuk melangkah. Sejatinya, investasi sendiri memiliki prospek yang bagus untuk masa tua. Jika sukses berinvestasi, maka keuntungan yang didapatkan pun sangat menggiurkan.

Mencari pekerjaan atau melamar pekerjaan sekarang bisa menggunakan teknologi digital seperti melalui Urbanhire. Banyak sekali lowongan-lowongan pekerjaan yang bisa kamu pilih, lamar sekarang dengan membuat akun pencari kerja dan lengkapi profil Urbanhire-mu! Buruan lamar sekarang!