How to change or build your career

Sudah menjelang akhir tahun, kamu pasti sudah memikirkan resolusi apa yang akan kamu buat untuk tahun yang baru nanti. Mungkin ingin menemukan panggilan hidup, menemukan passion kamu, ataupun malah ingin berganti karir yang sesuai dengan passion kamu. Sebelum kamu buru-buru mengambil keputusan, coba baca dulu artikel yang ini. Diambil dari Derek Sivers (artikel asli dalam Bahasa Inggris).

———————————

How to change or build your career

Saya mendapatkan email dari banyak orang yang ingin mengubah atau membangun karir mereka. Saya selalu merekomendasikan buku terbaik dalam tema tersebut berjudul: “So Good They Can’t Ignore You” oleh Cal Newport.

Berikut adalah beberapa poin yang terbaik:

Lupakan gairah (passion) dan tujuan (purpose)

Lupakan “mengikuti passion Anda” atau “menemukan panggilan sejati Anda”. Berhentilah berpikir seperti itu. Berikut ini alasannya:

Kata-kata seperti “passion” dan “purpose” yang berbahaya karena mereka terdengar besar dan romantis. Jika Anda berpikir Anda belum menemukan passion dalam hidup Anda, Anda mungkin mengharapkannya untuk menjadi sesuatu yang luar biasa – yang menyadarkan Anda seperti petir di siang bolong.

Mencari passion, purpose, atau panggilan hidup Anda adalah contoh dari sebuah fixed mindset. Anda berasumsi bahwa passion dan purpose adalah hal yang melekat dan tidak akan berubah dalam diri Anda, seperti mencoba untuk membaca DNA atau golongan darah. Namun, Anda tidak akan menemukan passion dan purpose Anda di situ, karena passion dan purpose Anda tidaklah berasal dari situ.

Passion dan purpose adalah emosi yang datang setelah keahlian dan pengalaman. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan berkomitmen untuk menjadi mahir, menjadi ahli dalam suatu bidang, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan besar.

Jadi, daripada mencari passion dan purpose dalam hidup Anda, teruslah belajar menjadi ahli dalam pekerjaan yang sekarang Anda miliki dan menjadi yang terbaik dan tak tergantikan di bidang Anda. Passion dan purpose akan mengikuti karir yang hebat.

Pikirkan apa yang membuat karir yang hebat:

  • Gaji yang baik
  • Ruang untuk bertumbuk
  • Kebebasan dan kontrol
  • Dampak positif
  • Emotionally rewarding

Pekerjaan seperti ini langka dan berharga. Sebuah karir yang hebat bukanlah sesuatu yang Anda temukan – itu sesuatu yang Anda peroleh ketika Anda punya keterampilan langka dan berharga yang dapat Anda tawarkan.

Dengan kata lain, Anda hanya bisa mendapatkan karir yang hebat dengan membangun keahlian dan pengalaman Anda.

Solusi: fokus pada keterampilan, bukan passion.
Solusi untuk masalah ini adalah apa yang disebut ““the craftman’s path – jalur jangka panjang menuju kemahiran.

Setiap orang yang menjadi hebat pada suatu bidang memiliki kisah serupa: Selama bertahun-tahun, mereka mengasah keterampilan mereka setiap hari, bahkan jika mereka tidak dalam suasana hati yang baik. Selalu mendorong, berlatih, bekerja, dan menjadi lebih baik.

Tidak masalah jika Anda merasa passionate tentang hal itu hari itu atau bahkan bulan itu. Anda tetap bekerja dan terus menjadi leih baik.

Tidak peduli apakah lingkungan kerja Anda ideal atau Anda belum dihargai. Anda tetap bekerja dan terus menjadi lebih baik.

Ya, memang dibutuhkan ribuan jam praktek, tapi itu adalah kabar baik! Ini adalah jalan yang jelas dan di bawah kendali Anda, bukan sekedar pertanyaan yang tak terjawab seperti “Apa panggilan sejati saya?”

Lupakan kekhawatiran egois Anda tentang passion dan purpose, fokuskan diri Anda untuk terus meningkatkan keterampilan dan menjadi yang terbaik di bidang Anda.

Tidak masalah apabila pekerjaan Anda saat ini tidaklah sempurna. Anda terus memperbaiki diri, tidak peduli di mana pun Anda berada, menjadi lebih berharga.

Dengan membangun keterampilan, pengalaman, dan nilai Anda, Anda akan mendapatkan karier yang bagus.
Dengan membangun keterampilan, pengalaman, dan nilai Anda, passion dan purpose akan datang kepada Anda.
Dengan membangun keterampilan, pengalaman, dan nilai Anda, Anda sedang membangun “modal karir” Anda.

Modal Karir: menggunakannya untuk membuat perubahan

“Modal Karir” adalah sebuah metafora. Anggap saja seperti bongkahan emas yang Anda dapatkan selama bertahun-tahun  membangun keahlian, pengalaman, koneksi, dan reputasi Anda.

Penting untuk diingat betapa berharganya ‘modal’ ini. Bila Anda ingin membuat perubahan karir, Anda dapat mengeluarkan modal karir yang sudah Anda susah payah peroleh ini.

Tapi jika Anda benar-benar sudah muak di bidang Anda saat ini dan ingin beralih ke bidang lain, jangan langsung berhenti dan membuang semua ‘modal karir’  yang telah Anda bangun!

Jika Anda berpikir untuk berhenti dari pekerjaan Anda untuk mengikuti passion Anda, jangan lewatkan poin ini!

Pikirkan cara-cara dimana Anda dapat menggunakan ‘modal karir’ yang telah dibangun untuk membuat transisi ke bidang lain.

Seperti Tarzan yang bergelantungan dari pohon ke pohon, gunakan koneksi, reputasi, pengalaman, dan keahlian Anda untuk transisi ke situasi yang lebih baik di bidang baru sebelum meninggalkan yang lama.

Wujudkan ‘modal karir’  yang telah Anda dan jangan hanya membuangnya sia-sia.

Mulai dari awal?

Jika Anda memulai dari awal, cari bidang yang sedang bertumbuh dan mulai bangun keterampilan, keahlian, koneksi, dan reputasi Anda.

Jika Anda tidak punya ide, coba cek di sini apa daftar bidang apa saja yang diminati inverstor startup. Dan daftar “Things To Watch” dari JWT ini selalu menyenangkan dan inspiratif.

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!