Urbanhire Jobseeker

Hobi yang Bisa Dikembangkan dan Membawa Rejeki

25

Sep 2019

Blog

Urbanhire – Kamu yang baru lulus kuliah ataupun sekolah tentu menghadapi kebimbangan dan kegalauan. Utamanya adalah akan bekerja apa setelah ini? Inilah kebimbangan yang sering dihadapi oleh fresh graduate. Namun, kini saatnya untuk mengubah mindset “bekerja dimana” menjadi “membuat usaha apa”. Banyak ide bisnis yang bisa dikembangkan, misalnya berawal dari hobi.

Tak dinyana, semua orang tentu mau memiliki hobi membawa rejeki. Caranya dengan membuka usaha sendiri. Namun, hobi saja tidak cukup untuk membuat usaha yang sukses. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis peluang usaha apa saja yang sekiranya dapat berkembang dan bertahan di tengah arus modernisasi sekarang. Berikut daftar usahanya.

Jenis Usaha Berawal dari Hobi Membawa Rejeki

1. Bisnis Fashion dan Busana

Punya hobi menjahit atau desain busana sendiri? Kini saatnya untuk mengubah hobi tersebut menjadi pundi-pundi rejeki. Jika kamu merupakan fresh graduate yang ingin menghasilkan pundi Rupiah dari rumah, maka bisnis fashion bisa menjadi salah satu cara yang tepat. Kamu bisa membuat desain hingga menjahit baju yang kamu ingin buat tersebut. Kemudian pasarkan baju tersebut.

Patut kamu ketahui bahwa bisnis fashion merupakan salah satu jenis industri yang memiliki roda pergerakan ekonomi yang sangat besar. Hal ini dikarenakan fashion dan busana merupakan bagian dari gaya hidup serta menopang kebutuhan sehari-hari orang banyak. Salah satu sasaran dari bisnis fashion adalah wanita dan anak-anak. Manfaatkan peluang ini menjadi pundi rejeki kamu.

2. Bisnis Kuliner

Baru lulus dari kuliah bukan berarti tidak bisa masak. Ketika kamu baru lulus kuliah, kamu justru baru saja berpetualang mencicipi banyak masakan di sekelilingmu. Generasi muda bahkan merupakan generasi yang lebih cepat mengikuti perkembangan zaman. Sehingga kamu akan lebih peka terhadap trend kuliner kekinian.

Kamu yang hobi bereksperimen terhadap masakan, cobalah untuk membuka bisnis kuliner. Kuliner yang dipilih bisa kuliner makanan berat hingga cemilan. Buatlah masakan yang memiliki ciri khas serta cita rasa yang menggugah selera. Hal ini akan membuat bisnis kamu bertahan lama.

Baca juga: Lelah Bekerja dan Ingin Memulai Bisnis Sendiri?

3. Bisnis Desain periklanan

Semakin meningkatnya persaingan di dunia bisnis dan usaha, akan menuntut owner untuk memiliki iklan menarik yang dapat menggaet calon konsumen. Oleh karena itulah bisnis desain untuk kebutuhan iklan menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Kamu yang punya hobi desain, bisa menjadikan hobi membawa rejeki untukmu.

Semakin ketatnya persaingan usaha di dunia digital, kini banyak pengusaha yang mengandalkan jasa desainer untuk mendesain logo usaha. Kamu yang ahli dalam bidang desain dapat memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Selain itu, apabila kamu memiliki kemampuan sebagai penasehat marketing, hal ini dapat menunjang bisnis desain periklanan kamu.

4. Bisnis Pembuatan Website

Masih cukup berhubungan dengan poin nomor tiga sebelumnya, bisnis pembuatan website merupakan bisnis yang paling banyak diincar saat ini. Pembuatan website semakin banyak dicari melihat semakin tingginya kompetisi di bidang digital.

Hampir semua konsumen kini berselancar di internet untuk mencari barang yang dibutuhkan. Ketika mereka mencari barang tersebut, calon konsumen biasanya akan memutuskan untuk membuka suatu website yang relevan. Oleh karena itu, jika usaha kamu memiliki basis website, tentu hal ini sangat menguntungkan demi keberlangsungan bisnis.

Hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Kamu yang memiliki hobi coding dan sebagainya, bisa menjadikan coding tersebut sebagai hobi membawa rejeki. Apalagi melihat banyaknya orang yang memerlukan jasa pembuatan website saat ini.

5. Jasa Event Organizer

Di zaman serba cepat dan praktis ini, semakin banyak orang yang menginginkan sesuatu tanpa perlu ribet mengerjakannya. Oleh karena itu jasa event organizer menjadi salah satu jenis jasa yang cocok kamu coba.

Kamu yang semasa kuliah sering terlibat di organisasi tentu memiliki pengalaman mumpuni dalam menyelenggarakan suatu event. Cobalah manfaatkan pengalaman kamu ini untuk membuat jasa event organizer. Jasa event organizer kini banyak dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara besar seperti pernikahan, kegiatan outbond organisasi tertentu, ulang tahun dan sebagainya.

6. Bisnis Waralaba

Bisnis ini sangat cocok diterapkan oleh kamu yang memang baru akan memulai menjalankan sebuah bisnis. Jika kamu belum memiliki sumberdaya memadai maupun konsep yang unggul, bisnis waralaba dapat kamu coba.

Bisnis waralaba memiliki beberapa keunggulan seperti brand yang sudah dikenal pasar, modal yang relative lebih kecil hingga sudah memiliki konsep bisnis yang matang. Kamu hanya perlu mengikuti aturan dari pemiliki waralaba atau franchise. Kemudian kamu hanya perlu mendirikan bisnis tersebut di tempat kamu.

Baca juga: Tips Menjadi Pemimpin Bisnis

7. Bisnis Jasa Pembuatan Aplikasi

Hampir seirama dengan jasa pembuatan website, kini jasa pembuatan aplikasi smartphone pun sedang banyak dibutuhkan. Hal ini umumnya masih terkait dengan keberadaan website untuk sebuah usaha dimana biasanya akan didampingi oleh keberadaan aplikasi.

Oleh karena itu jika kamu memiliki hobi coding dan terbiasa berhubungan dengan pembuatan aplikasi selama kuliah, peluang ini bisa dijadikan bisnis. Saatnya kamu menjadikan hobi membawa rejeki. Bahkan, bisa dikatakan peluang ini merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat handal dan dibutuhkan.

8. Bisnis properti

Mungkin bisnis ini terdengar sedikit mahal dan elit. Namun percayalah dengan pengelolaan bisnis yang baik, kamu bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Itulah beberapa ide peluang bisnis yang berawal dari hobi yang bisa kamu coba dan kembangkan. Kini sudah bukan saatnya lagi untuk berpusing ria mencari kerja. Saatnya berinovasi dan membuka peluang usaha berawal dari hobi kamu.

Buat kamu yang tetap ingin bekerja di perusahaan untuk mencari pengalaman kerja, sebelum akhirnya bisa membuka usaha sendiri tapi belum dapat kesempatan untuk interview coba perbaharui dan perbaikin CV kamu lalu buat profile kamu di Urbanhire.com dan cari pekerjaan impian mu di Urbanhire. Urbanhire mengumpulkan semua info lowongan kerja terbaru dari website lowongan kerja terbaik di Indonesia.