Urbanhire Jobseeker

Hindari Gangguan Sosmed Saat Bekerja

29

Jan 2020

Blog

Urbanhire – Salah satu aturan ketika bekerja ialah menggunakan jam kerja untuk menyelesaikan tugas dalam pekerjaan. Namun, terkadang tidak semua jam kerja terpakai secara maksimal. Beberapa posisi membuat kamu lebih banyak berdiam diri dan sedikit bekerja. Daripada bosan dan bingung mau ngapain, kamu akhirnya bermain sosmed atau sosial media.

Sosial media termasuk bagian yang sudah melekat dalam kehidupan. Mungkin bagimu sehari saja tidak mengecek beranda akan membuat pikiranmu resah dan penasaran dengan apa yang terjadi di jagat media sosial. Tanpa kamu sadari, media sosial bisa membuat kamu lupa akan hal lain dan lebih fokus untuk terus scroll down status atau postingan dari teman media sosialmu.

Sebenarnya kebiasaan bermain sosmed saat bekerja bukanlah hal yang baik. Jika dilakukan terus menerus bisa jadi membuat kamu lebih mementingkan membuka akun sosmed daripada mengerjakan tugas kerjamu. Alhasil pekerjaanmu terbengkalai dan prestasimu menurun. Dan akibat buruknya kamu bisa saja kehilangan pekerjaanmu. Tentu kamu tidak menginginkannya, bukan?

Baca juga: Gimana Biar Gak Tergoda Menunda Pekerjaan?

Sebelum terkena dampak yang semakin buruk, hindari gangguan sosmed saat bekerja dengan tips berikut ini.

1. Matikan Jaringan Internet

Bila job desk-mu tidak berhubungan dengan internet maka matikan jaringan internet yang tersambung pada gadget-mu saat sedang bekerja. Entah itu paket data maupun wifi. Sehingga kamu akan terhindar dari godaan bermain sosmed. Biasanya seseorang akan mudah membuka sosmed saat memiliki koneksi internet yang memadai, seperti wifi gratis.

Namun, bila kamu memang membutuhkan internet dalam pekerjaanmu maka non-aktifkan dulu akun sosmedmu selama bekerja. Cukup aktifkan saja aplikasi yang memang kamu butuhkan sebagai penunjang pekerjaanmu.

2. Menyaring Media Sosial

Pertemanan dalam sosial media cenderung abstrak dan beragam, terlebih bila kamu asal menerima permintaan pertemanan tanpa dicek terlebih dahulu. Berbagai macam status dapat kamu lihat, entah itu tentang gosip, politik, ujaran kebencian hingga berita hoax. Status semacam itu bisa membuat kamu jengah dan terganggu secara pikiran.

Jadi, mulailah untuk menyaring media sosial kamu demi kesehatan psikologis. Hapuslah pertemanan dengan akun-akun yang sekiranya tidak memberi inspirasi dan pengalaman berharga padamu. Buat media sosialmu bersih dan nyaman digunakan sehingga ketika kamu tinggalkan dalam waktu lama pun tidak menjadi masalah.

3. Buat Jadwal Istirahat yang Efektif

Godaan media sosial terkadang sulit dihindari. Karena itu, buatlah jadwal istirahat yang efektif. Misal, kamu boleh mengecek sosmed beberapa menit sebelum makan siang. Namun pastikan kamu sudah menyelesaikan beberapa tugas sebelum lewat tengah hari.

Bila pekerjaanmu di hadapan komputer, maka istirahatlah sebentar per 30 menit untuk memulihkan kondisi tubuh. Jangan terlalu lama fokus dan serius bekerja di depan komputer, karena bisa mengganggu kesehatan bila tidak diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur.

Baca juga: Usahakan Tidak Menunda Pekerjaan Demi Kemajuan Karier

4. Jauhkan Diri dari Jangkauan Gadget

Langkah berikutnya untuk menghindari gangguan sosmed saat bekerja ialah meletakkan gadget baik itu hp atau laptop jauh dari jangkauanmu. Pastikan pula kamu menyimpannya di tempat yang aman. Jika gadget jauh dari jangkauanmu, maka kamu tentu akan berpikir ulang sebelum bergerak dan membuka sosmed.

Sebaliknya, saat gadget berada di dekatmu maka kamu akan mudah tergoda untuk bolak-balik menyalakan hp hingga tanpa disadari kamu larut dan melupakan pekerjaanmu.

5. Mengubah Settingan Handphone

Saat mendengar getaran atau dering dari hp, biasanya mata dan tangan langsung spontan bergerak untuk mengambil dan melihat notifikasi yang muncul. Tanpa disadari, kamu kehilangan beberapa menit hanya untuk membuka pesan dan membalasnya. Atau mungkin lebih lama lagi bila kamu larut dalam aktivitas bersosmed. Memang sulit untuk mengendalikan diri dan kembali fokus dari bermain sosmed.

Untuk itu, kamu perlu mengatur ulang settingan dalam handphone kamu. Saat jam kerja, kamu bisa mengaktifkan profil diam atau silent hp. Bila memang kamu sedang menunggu surat elektronik atau email yang berhubungan dengan pekerjaan, maka kamu bisa tetap menyalakan notifikasi email dan mematikan notifikasi media sosial yang lainnya. Jangan cemas karena kamu masih bisa menyalakan notifkasinya setelah jam kerja selesai.

6. Menghapus Aplikasi yang Mengganggu

Selain aplikasi sosial media, ada aplikasi lain yang sering memunculkan notifikasi seperti marketplace, berita, game atau lainnya. Bila dibiarkan, maka notifikasi yang datang terus menerus itu akan mengganggu konsentrasimu saat bekerja. Ada baiknya hapus saja aplikasi yang tidak begitu bermanfaat dalam kehidupanmu.

Selain membuat smartphone menjadi lebih ringan, begitu juga dengan pikiranmu. Jika suatu saat kamu membutuhkan lagi aplikasi tersebut, kamu tinggal instal ulang selesai jam kerja.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Kehidupan Dan Karir

7. Prioritaskan Bekerja

Mana yang lebih menguntungkan dalam hidupmu?

Bekerja atau bermain sosmed?

Tentu saja bekerja, bukan? Lewat bekerja, kamu mendapatkan penghasilan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Termasuk membeli paket data untuk update status.

Sementara dengan bermain sosmed, kamu bisa kehilangan waktu berharga untuk bekerja, membuang kuota dan tentu saja uang yang mungkin seharusnya dapat kamu alokasikan untuk kebutuhan lain. Jadi, prioritaskanlah untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu sebelum mengecek media sosial.

8. Jadikan Diri Profesional

Setiap lembaga/instansi atau perusahaan tentu mencari dan mempertahankan kandidat yang profesional dalam bekerja. Keprofesionalan menentukan kualitas seseorang dan besarnya keuntungan yang akan diperoleh perusahaan. Oleh karena itu, jadikanlah dirimu sebagai pribadi yang profesional dalam bekerja.

Pahami kapan waktunya kamu harus bekerja, beristirahat dan bermain. Semakin kamu profesional maka semakin meningkat pula sikap kedisiplinan kamu. Hidup secara disiplin akan lebih tertata dan bahagia.

Cari lowongan kerja di Urbanhire! Ada banyak juga tips-tips karir, yang dapat membantu kamu supaya kamu makin siap masuk ke dunia kerja. Jangan lupa untuk melengkapi profil kamu dulu ya agar perusahaan-perusahaan dapat mudah mencari kandidat seperti kamu. Semangat UrbanGen!