Urbanhire Jobseeker

Hanya Karyawan Ambivert yang Bisa

9

Mar 2020

Blog

Urbanhire – Di dalam dunia psikologi, terdapat beberapa tipe dalam kepribadian manusia. Hal tersebut tergantung dari seperti apa karakter seseorang di dalam bersikap dan hal tersebut juga sudah melekat pada diri sendiri. Terdapat tipe introvert yang mana terkenal dengan citra yang pendiam kemudian ekstrovert yang terkenal dengan citra yang lebih dapat memperlihatkan diri. Selain dua kepribadian tersebut, terdapat kepribadian unik lain yang biasa dimiliki oleh seseorang, seperti kepribadian ambivert. Ambivert dan pekerjaan sendiri memang cukup erat kaitannya dari beberapa orang. Oleh karena itu tak heran jika orang dengan tipe ambivert  mempunyai beberapa hal unik.

Di dalam dunia kerja, mereka yang memiliki tipe ambivert biasanya memang akan mempunyai beberapa hal unik yang hanya dapat dilakukan oleh dirinya sendiri. Apa saja hal – hal unik tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mudah Merasa Nyaman
Jika masuk di dalam sebuah lingkungan kerja yang baru, tentu saja kamu akan merasa sedikit segan. Hal tersebut karena masih pada tahap awal dan juga masih dalam tahap pengenalan. Untuk seseorang yang mempunyai tipe introvert, tahap dari pengenalan ini tentunya dapat berlangsung cukup lama.

Namun lain halnya dengan orang yang mempunyai sifat ambivert. Dimana dirinya cenderung mudah merasa nyaman ada di dalam lingkungan barunya dengan waktu yang sebentar. Hal tersebut karena mereka akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Baca juga: Tips Jitu Networking ala Introvert

2. Tidak Dapat Bekerja Sendiri
Beberapa orang yang mempunyai kepribadian ambivert juga akan cenderung lebih suka bersosialisasi dengan orang lain. Dengan demikian tak heran jika pada saat dirinya bekerja sendiri, dirinya akan merasa lebih mudah bosan. Selain itu juga tidak menyukainya. Hal tersebut karena tidak ada yang dapat diajak untuk berdiskusi maupun tukar pikiran.

Orang yang memiliki kepribadian tersebut akan sangat senang jika dapat bekerjasama dengan oran lain maupun pekerjaan yang melibatkan sebuah tim. Oleh karena itu orang dengan tipe ambivert dan pekerjaan dalam bentuk tim akan lebih mudah diselesaikannya.

3. Dapat Menyesuaikan Kepribadian dengan Lawan Bicara
Kemudian seseorang yang memiliki sifat ambivert juga begitu ahli di dalam menyesuaikan kepribadiannya dengan lawan bicara. Hal tersebut berarti, dirinya terbilang sangat fleksibel, baik itu mau berhadapan dengan orang dengan tipe introvert ataupun ekstrovert.

Dirinya tidak akan menjadikannya masalah untuk berbagai kepribadian orang. Hal tersebut karena orang yang mempunyai kepribadian tersebut akan sangat mudah untuk beradaptasi dengan situasi apapun.

4. Berbicara Lebih Spesifik
Seorang karyawan yang mempunyai kepribadian tipe ambivert ini juga tidak akan pernah merasa malas pada saat harus menanggapi seseorang. Dimana sebuah percakapan, meskipun percakapan tersebut hanya ditujukan seseorang untuk sekedar basa – basi saja. Tetapi dirinya memiliki semangat yang dapat semakin tinggi jika terdapat topik yang menarik baginya di dalam sebuah percakapan.

Hal tersebut berarti jika percakapan tersebut lebih spesifik, maka nanti dirinya akan jauh lebih bersemangat di dalam membahas percakapan tersebut. Dengan demikian tak heran jika orang bertipe ambivert dan pekerjaan sesuai dengan keinginan, mereka akan lebih bersemangat untuk segera menyelesaikannya.

Baca juga: Mendapatkan Promosi bagi Kamu yang Introvert

5. Bicara Sesuai Kondisi
Seorang karyawan yang mempunyai kepribadian tipe ambivert nantinya juga akan cenderung lebih peka dengan intuitifnya. Dengan demikian dirinya dapat mengontrol diri sendiri. Dalam artian mengontrol kapan dirinya harus diam, ataupun kapan dirinya harus berbicara. Dalam artian dirinya akan berbicara dengan waktu yang tepat. Sehingga mereka juga dapat menempatkan dirinya dalam situasi dan kondisi yang tepat.

6. Multi Tasking
Sebagian besar orang yang memiliki tipe ambivert ini juga bisa dibilang multi tasking. Mengapa bisa demikian? Karena mereka akan benar – benar sangat menikmati apa saja yang sedang ia kerjakan. Baik itu dikerjakan sendiri, kemudian berkelompok, lalu satu pekerjaan dengan satu waktu ataupun dua pekerjaan sekaligus.

Selain itu orang yang mempunyai kepribadian tersebut juga tidak akan segan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Dengan demikian pekerjaan juga akan lebih cepat selesai. Jadi jika orang bertipe ambivert dan pekerjaan setumpuk, tentu saja akan lebih mudah selesai dalam waktu singkat.

7. Sulit Membuat Perencanaan
Namun di antara beberapa kelebihan dari orang yang memiliki tipe ambivert tersebut, ada juga kekurangannya. Dimana seseorang yang memiliki tipe ambivert ini bisa dibilang lebih sulit untuk membuat sebuah perencaan dan juga strategi. Dengan demikian mereka tidak akan cocok jika ditempatkan di dalam suatu divisi yang lebih fokus dengan pembuatan strategi. Karena dirinya akan cenderung memutuskan semuanya sesuai dengan kondisi moodnya pada saat itu.

Padahal di dalam dunia kerja, dalam menganalisa dan juga mengambil sebuah keputusan tidak boleh hanya dengan mengandalkan mood pada saat itu saja. Karena dalam mengambil sebuah keputusan dan strategi tentu saja harus ada berbagai pertimbangan secara matang. Dengan demikian hasil dari keputusan dan strategi tersebut akan lebih baik dan tentunya akan jauh lebih maksimal.

Jadi itulah beberapa hal yang hanya dapat dilakukan oleh seorang karyawan dengan tipe ambivert. Dimana orang bertipe ambivert dan pekerjaan apapun kecuali berhubungan dengan menganalisa dan membuat strategi dapat dilakukan dan diselesaikan dengan baik. Namun tak perlu khawatir karena apapun tipe dan sifat kamu, tentu saja masing – masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kepribadian kamu dan kondisi yang ada di lingkungan kerja tersebut. Dengan demikian semua pekerjaan juga akan lebih mudah untuk diselesaikan dan sesuai dengan harapan untuk hasilnya. Bahkan jika pandai dalam menempatkan diri, pekerjaan kamu juga akan dapat selesai secara maksimal.

Kamu lagi mencari pekerjaan? Yuk, lihat lowongan-lowongan pekerjaan yang tersedia yang cocok untuk kamu lamar di Urbanhire! Jangan lupa lengkapi akunmu ya UrbanGen.