Urbanhire Jobseeker

Hal yang Dapat Dilakukan Saat Menunggu Panggilan Kerja

1

Jul 2019

Pekerjaan-Yang-Dapat-Dilakukan-Saat-Menunggu-Panggilan-Kerja-Cover-Blog Blog

Urbanhire – Kalau kamu baru saja lulus kuliah atau sedang libur kuliah ada baiknya kalau kamu kerja sambilan. Ada banyak pekerjaan sambilan atau kerja sampingan yang bisa kamu lakukan tanpa harus menjadi seorang ahli. Tentunya, kamu bisa memiliki pendapatan tambahan yang tidak sedikit. Orang tua kamu pasti bangga sama kamu. Mempunyai tabungan, pintar, gaul adalah paket lengkap yang sebaiknya kamu miliki. Isi waktu mu dengan hal-hal yang baik, sementara kamu sedang menunggu panggilan untuk interview kerja.

Hal-hal yang dapat kamu lakukan disaat kamu sedang menunggu panggilan interview kerja antara lain:

1. Belajar Bahasa

Belajar bahasa lebih berguna daripada kamu hanya menghabiskan waktu senggang kamu untuk membuka timeline media sosial mu. Dengan belajar bahasa baru, kamu dapat meningkatkan kecerdasanmu dan kemampuanmu untuk berkomunikasi. Kalau kamu jago bahasa Inggris, kamu bisa mulai membaca artikel yang lebih banyak dengan bahasa Inggris. Lebih penting lagi, kemampuan bahasa asing dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk diterima kerja, karena saat ini sertifikat bahasa sering diminta. Banyak cara untuk belajar bahasa. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat les yang ada di daerah kamu atau belajar secara otodidak. Belajar otodidak juga bisa dengan bantuan situs dan aplikasi online. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan materi gratis dari aplikasi online tersebut.

Baca juga: Lulus Kuliah: Magang atau Langsung Kerja?

2. Menghadiri Seminar

Agar mengasah terus keilmuan kamu, khususnya yang terkait dengan jurusanmu ataupun pekerjaan yang sedang kamu lamar, kamu bisa mengikuti seminar. Seminar akan membuatmu terus update dengan perkembangan ilmu saat ini dan yang kamu geluti. Kamu juga akan mendapatkan bahan diskusi, serta perspektif baru yang dapat menginspirasi kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti seminar pengembangan diri, dan seminar pekerjaan. Hal ini akan sangat berguna sambil kamu menunggu panggilan interview kerja.

3. Menjadi Driver Online

Zaman sekarang ini driver online sangat dibutuhkan. Kamu bisa jadi driver online dan mendapatkan uang tambahan. Jumlah penduduk Indonesia yang semakin bertambah membuat permintaan akaan driver online meningkat pesat. Manusia yang semakin sibuk membuat mereka enggan untuk menghabiskan waktu hanya untuk mengendarai motor atau mobil untuk membeli makanan atau bepergian ke tempat belanja. Jadi jasa driver online benar-benar sangat dibutuhkan.

4. Menjadi Freelancer

Daripada menganggur dan berdiam diri di rumah, lebih baik memanfaatkan waktu untuk bekerja sampingan. Sambil menunggu panggilan interview kerja, kamu bisa mendapatkan pemasukan dari pekerjaan sampingan itu. Kamu bisa bekerja menjadi seorang freelancer. Saat ini, ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga pekerja lepas dan bekerja secara online. Mekanisme kerjanya sangat mudah dan fleksibel, jumlah rupiahnya juga lumayan menggiurkan. Hitung-hitung daripada jadi pengangguran, lebih baik jadi freelancer saja, bukan?

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Interview!

5. Bekerja Part-Time 

Banyak tempat kerja yang meminta pengalaman kamu saat mendaftar. Kerja part-time bisa menjadi pilihan untuk mengisi pengalaman sambil menunggu panggilan kerja yang sesungguhnya. Keuntungan lainnya, kamu bisa menabung dan jajan dengan uangmu sendiri. Sekarang sudah banyak tempat-tempat yang menawarkan kerja part-time bagi mahasiswa maupun freshgraduate seperti di perusahaan startup, restoran, percetakan, warnet, dan tempat lainnya.

 

Kelima hal diatas dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu saat sedang menunggu panggilan interview kerja. Gunakan tenaga dan pikiranmu untuk mencoba pengalaman baru. Jika kamu tekun, bisa jadi kamu bisa menekuni suatu pekerjaan sampingan bahkan setelah kamu mendapatkan pekerjaan tetap.

Kamu dapat menambah isi tabunganmu jika kamu bisa melihat kesempatan dalam kesempitan. Kesempatan emas tidak datang dua kali. Di saat mahasiswa lain mencari pekerjaan setelah lulus, kamu justru bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru yang kamu mulai saat sedang menunggu waktu panggilan interview kerja. Pekerjaan apapun bisa kamu tekuni asal bermanfaat dan juga membawa manfaat bagi banyak orang, diri kamu, dan lingkungan. Tidak ada pekerjaan yang berat. Semua pekerjaan adalah sesuatu yang mengasyikkan tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Baca juga: Ditolak Setelah Interview? Kamu Pasti Bertanya-tanya Hal ini

Keputusan Penting

Saatnya kamu membuat keputusan. Kamu bisa liburan sepuasnya setelah lulus kuliah atau memilih bekerja sampingan. Kamu juga bisa mengajak teman-teman kuliah kamu yang baru lulus untuk bekerja sama. Bila kamu membutuhkan modal, kamu bisa meminta bantuan Bank untuk meminjamkan modal dalam program KUR. Pekerjaan sampingan bisa menjadi pekerjaan besar bila kamu tekun dan gigih berinovasi.

Lapangan pekerjaan baru bisa kamu ciptakan jika kamu bekerjasama dengan teman-temanmu. Bantulah orang lain. Membantu orang lain termasuk perbuatan yang mendatangkan kebaikan dan pahala. Jika kamu mengalami kebingungan, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli atau motivator agar masalah kamu bisa terselesaikan secepatnya. Semua masalah adalah baik. Dengan menyelesaikan masalah, kamu setingkat lebih maju dari sebelumnya. Semua pengusaha sukses pasti pernah menemui masalah dalam bisnisnya. Mereka tidak pernah menyerah dan terus berjuang.

Jika kamu menyerah, maka cita-citamu tidak akan tercapai sampai kapan pun juga. Percayalah akan kekuatan cinta, alam semesta akan membantumu. Semuanya akan baik-baik saja. Bergaul lah dengan pebisnis hebat jika kamu ingin sukses. Hindari berteman dengan orang-orang yang lemah, pemalas dan pecundang. Jangan lupa rajin berolahraga, tidur cukup dan makan makanan bergizi.

Semoga tips-tips tadi bermanfaat. Jika kamu sedang merencanakan perjalanan karir, coba cek Urbanhire. Ada lebih dari 18.000 lowongan tersedia yang dapat kamu lamar dan jangan lupa untuk membuat akun Urbanhire terlebih dahulu ya!