Urbanhire Jobseeker

Hal yang Bisa Dipelajari dari Founder FB, meski Kamu Sudah Sukses

25

Nov 2019

Blog

UrbanhireKiat sukses dari Founder FB, Mark Zuckerberg masih menjadi tren perbincangan para entrepreneur masa kini.  Buat kamu, yang merasa sudah sukses, masih ada hal-hal dari Mr. Zuckerberg yang perlu kamu pelajari dalam berbisnis.  Saat ini, Founder FB telah meraih sukses dari industri teknologi dan duduk di kursi CEO perusahaan dengan kapitalisasi pasar hampir $550 miliar, dengan kekayaan bersih sekitar $70 miliar (2019), Zuckerberg mengatakan bahwa ketika dia meluncurkan Facebook, dia tidak tahu apa-apa mengenai semua yang dia lakukan.

Banyak orang dari golongan biasa maupun pebisnis sukses kagum dengan sifat dan kerendahan hati yang dimiliki oleh CEO FB ini.  Mengapa tidak?  Dia telah melalui berbagai hambatan dan rintangan ketika merintis FB pada usianya yang tergolong masih muda, yaitu ketika dia berumur 20-an tahun. 

Dengan bakat kecerdasan alaminya, dia telah membuat banyak kesalahan di dalam usahanya mulai dari kesalahan teknis dan penawaran yang buruk.  Mempercayai banyak orang yang salah dan juga memposisikan karyawan terbaik tidak pada tempatnya juga pernah dialaminya.  Alhasil, dia meluncurkan produk demi produk yang gagal.

Namun, dengan kegigihan dan semangatnya, dia percaya apa yang dilakukannya cukup penting untuk terus berusaha memecahkan tantangan terbesarnya.  Yaitu, mengetahui sepenuhnya bahwa kegagalan akan terjadi berulang-ulang, tetapi itu sebenarnya satu-satunya cara untuk membuat kemajuan.

Baca juga: Seni Negosiasi Gaji untuk Pekerjaan Pertama-mu

Adapun beberapa tips berarti yang dikemukakan oleh Founder FB tersebut yang dapat kamu pelajari meskipun kesuksesan sudah ditangan kamu.  Dari tips inilah sangat berpengaruh pada jiwa kepemimpinan kamu sehingga kamu dapat berkata, “Yes, I did it!”

Membuat Kesalahan dan Tidak Takut Gagal

Membuat kesalahan dalam memulai bisnis baru memang wajar.  Lebih baik membuat kesalahan daripada tidak agar kamu terbiasa untuk mengalami hambatan dan rintangan.  Karena memiliki bisnis dan perusahaan sendiri harus mulai dari nol. 

Pengalaman jatuh bangun pun sudah pasti ada dalam dunia bisnis.  Jangan pernah takut untuk gagal.  Itu yang akan menyemangatimu untuk terus memperbaiki kesalahan dan belajar dari pengalaman. 

Mendapatkan banyak Feedback

Menurut Mark Zuckerberg, FB mempunyai tradisi mengadakan acara Q&A (question & answer) dengan karyawannya setiap minggunya.  Dalam acara tersebut, pemberian masukan atau feedback yang ditujukan kepada Mark sendiri diutarakan oleh karyawan FB.  Tak hanya itu, para karyawan juga boleh bertanya atas apapun yang mereka khawatirkan.

Acara tersebut bertujuan untuk dua hal penting.  Pertama, untuk budaya keterbukaan dan komunikasi antar sesama pimpinan dan karyawan.  Kedua, mendapatkan banyak feedback untuk mengevaluasi kembali apa yang perlu dibenahi dan ditambahkan. 

Belajar dari Orang-Orang di Sekitar

Mark Zuckerberg adalah orang yang percaya dengan kesuksesan bersama antar tim.  Saling bertukar pikiran antara tim akan lebih menguntungkan daripada pemikiran hanya sepihak. 

Keuntungan belajar dari orang lain menurut Founder FB adalah suatu kiat sukses perusahaan untuk maju dan berkembang bersama.  Karena para karyawan lah tenaga utama perusahaan.  Alhasil, rasa kebersamaan antara tim dan pimpinan bisa terwujud.

Baca juga: Siklus Hidup Seorang Karyawan: Ah, Mungkin Cuma Pemikiran Saya

Membangun Team Work

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kiat sukses perusahaan ada pada team work nya atau bekerjasama antar tim.  Maka dari itu, pembentukan tim utama untuk memulai bisnis sangatlah penting. 

Proses pencarian tim tersebut haruslah teliti dan benar-benar dipilih sesuai dengan apa yang ingin kamu capai.  Dengan harapan, tim utama ini akan sukses mengemban visi dan misi perusahaan.

Melakukan Perubahan untuk Dunia

Melayani masyarakat luas, terutama masyarakat kurang mampu adalah suatu keharusan menurut Mark Zuckerberg.  Founder FB ini bersama dengan istrinya, pada tahun 2012 yang lalu mendonasikan sebagian kekayaan mereka untuk balai kesehatan bagi mahasiswa sampai mereka lulus. 

Donasi dan sumbangan dapat berupa uang maupun makanan, apa saja tergantung kebutuhan yayasan yang akan disumbangkan.  Dengan begini, perusahaan kamu akan menunjukkan rasa kepedulian terhadap sesama dan melakukan perubahan pada dunia. 

Ikatan Sosial Sangat Penting

Sampai saat ini, Mark Zuckerberg sangat menjaga ikatan sosial dengan sesama temannya yang telah membantunya sampai menjadi seorang milyuner.  Sampai sekarang pun, teman-teman seperjuangannya dulu masih berperan penting dalam perusahaannya.  Mereka ikut andil dalam suksesnya FB saat ini.

Jadi, jika kamu memiliki teman ataupun sanak keluarga yang membantumu dengan memulai bisnis, tidak ada salahnya jika tetap bersosialisasi dengan mereka.  Seperti salah satu visi dan misi FB untuk mempererat tali persahabatan adalah hal yang sangat penting.  Tanpa dukungan mereka kamu tidak akan bisa sejauh ini.

Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyamanmu adalah kiat sukses untuk tumbuh dalam melakukan sesuatu yang baru dan berbeda.  Selebihnya, kita juga dapat melihat sesuatu dari segi yang berbeda yang akan mendorong kita mencapai tujuan itu kelak.

Zona nyaman tersebut adalah suatu konsep yang dapat membantu kamu mengatasi risiko dan membuat perubahan dalam hidup.   Perubahan itu dapat mengarah pada pertumbuhan pribadi yang nyata.

Nah, pernahkah kamu membayangkan semua poin di atas sebagai pembelajaran untuk kiat sukses kepemimpinan?  Atau memang sudah terbukti dari pengalaman pribadi kamu tentang apa yang Mark Zuckerberg lakukan demi kesuksesan bisnis media sosialnya? 

Baca juga: 5 Langkah untuk Menjalankan Meeting yang Efektif

Walaupun kamu sudah menjadi pengusaha dan pimpinan yang sukses, masih banyak hal lagi yang perlu dipelajari.  Semakin tumbuhnya bisnis kamu, semakin banyak pula hal-hal baru yang datang.  Kesempatan baru pun akan datang dan akan berbeda-beda dari sebelumnya.  Berbahagialah kamu jika support system mu masih berada di dekatmu.

Buat kamu yang mau kuliah sambil kerja, kamu bisa cari lowongan kerja di Urbanhire. Jangan lupa untuk melengkapi profil akun Urbanhire kamu ya agar perusahaan-perusahaan diatas dapat dengan mudah mencari kamu, sesuai dengan posisi dan kualifikasi yang mereka butuhkan. Banyak juga tips-tips karir, biar makin siap masuk ke dunia kerja. Semangat UrbanGen!!