Urbanhire Jobseeker

Gimana Biar Gak Tergoda Menunda Pekerjaan?

8

Jan 2020

Blog

Urbanhire – Banyaknya pekerjaan seharusnya membuat kamu lebih rajin dan cepat dalam menyelesaikannya. Namun, terkadang sebaliknya, justru membuat kamu semakin menunda-nunda dalam bekerja. Entah karena malas, ingin melakukan hal lain seperti ngobrol dengan teman, bermain media sosial atau tak tahu harus mulai dari mana.

Padahal menunda pekerjaan dapat memberikan dampak yang buruk. Selain membuat kamu merasa terbebani dan stres, juga dapat menurunkan penilaian kinerja kamu di mata perusahaan, menurunkan omzet atau memotong gaji pokokmu. Sebelum hal tersebut benar benar terjadi, mulailah dari sekarang mencegah diri agar tidak tergoda untuk menunda pekerjaan.

Gimana ya caranya? Simak tips jitu berikut ini!

1. Tentukan Area

Ada area tertentu dimana kamu boleh dan tidak boleh menunda pekerjaan dalam batas yang wajar. Jika di tempat kerja, mungkin kemungkinannya kecil untuk menunda pekerjaan karena atmosfer dan orang orang di sekelilingmu sibuk bekerja juga. Namun, bagaimana jika kamu mendapatkan tugas untuk dikerjakan di rumah atau kamu adalah freelancer yang memang bekerja secara mandiri di rumah?

Nah, dari situlah kamu harus menentukan area pekerjaan. Misal, kamu boleh menunda pekerjaan saat berada di ruang keluarga untuk sekadar berkumpul, menonton tv atau makan bersama. Tapi, hanya selama 1-2 jam, selebihnya kamu harus melanjutkan pekerjaanmu.

Kemudian saat sudah berada di meja kerja, kamu harus mulai mengerjakan apa yang menjadi tugasmu. Singkirkan hal-hal yang dapat membuatmu tidak fokus, seperti smartphone, novel, tabloid, video drama dan lain sebagainya. Kecuali bila pekerjaanmu berhubungan dengan barang-barang tersebut. 

2. Tumbuhkan Motivasi dengan Warna

Warna memang memberikan pengaruh yang baik dari segi psikologis. Ruangan dengan warna monoton yang cenderung gelap tentu berbeda rasanya dengan ruangan yang penuh warna. Penempatan cat yang berwarna-warni secara tepat dapat menimbulkan perasaan ceria, semangat dan bahagia.

Menurut studi oleh Frontiers dalam Human Neuroscience, mengatakan bahwa warna merah dapat meningkatkan perhatian seseorang. Sementara penelitian dari University of British Columbia mencatat bahwa warna biru bisa meningkatkan kreativitas.

Oleh karena itu, agar semangat kerjamu makin meningkat, cobalah hias ruang kerjamu dengan warna warna yang kamu sukai. Tampilkan konsep sesuai seleramu. Misal, kamu menyukai tema retro, maka kamu bisa menghias ruangan dengan warna polkadot, menempatkan alat tulis kantor bergaya jadul dan lain sebagainya. Intinya, berkreativitaslah hingga dirimu merasa nyaman dan termotivasi untuk bekerja!  

Baca juga: Usahakan Tidak Menunda Pekerjaan Demi Kemajuan Karier

3. Berkumpul dengan Orang-orang yang Rajin

Kemalasan adalah sesuatu yang dapat menular dari satu orang ke orang lainnya. Begitu juga dengan semangat. Jadi, cegahlah godaan kemalasan dengan berkumpul bersama orang orang yang rajin dan tekun bekerja. Semangat dan kedisiplinan mereka dapat menular ke kamu.

Selain itu, jika kamu menemui kesulitan dalam tugasmu maka kamu bisa menanyakannya langsung pada mereka bila memang kalian bekerja di satu perusahaan. Bukan hanya saat bekerja, ketika istirahat pun kamu bisa bergabung dengan mereka. Pembahasan di luar kantor biasanya berhubungan dengan dunia kerja.

4. Mintalah Orang Terdekat Sebagai Pengingat

Jika kamu terlalu sering menunda pekerjaan, maka kamu membutuhkan seseorang yang bisa mengingatkanmu untuk kembali bekerja. Kamu bisa memintanya pada orang tua, saudara, pasangan, sahabat atau orang terdekatmu.

Menurut studi dari American Psychological Association, rasa malu dapat memacu motivasi seseorang. Jadi, jika ada yang mengingatkan kamu akan buruknya menunda pekerjaan maka kamu dapat termotivasi untuk giat bekerja.

Baca juga: Tips Bekerja Cerdas

5. Mainkan Game To-Do-List

Banyak orang menyukai permainan, sehingga main game sering kali menjadi candu. Kenapa tidak berpikir untuk memasukkan unsur game dalam pekerjaan. Bagaimana caranya?

Pernah dengan trik to-do-list?

Trik yang satu ini bisa menjadi game yang menarik. Caranya, buatlah daftar kegiatan harian pada selembar kertas. Sederhanakan atau rincilah menjadi 6 poin. Lalu siapkan dadu yang biasa digunakan untuk main ular tangga misalnya.

Permainan ini sangat mudah dan kemungkinan kamu akan menikmatinya. Pada awal hari, kocoklah dadu tersebut hingga pada angka berapa ia berhenti maka itulah nomor daily activities yang mesti kamu kerjakan terlebih dahulu. Selesai mengerjakan satu pekerjaan, kocok kembali dadu dan ulangi alurnya. Dengan permainan ini kamu tidak akan mudah bosan dan merasa harimu tidak monoton karena kejutan dari dadu tersebut.

6. Ingatlah Impianmu!

Hampir setiap orang memiliki impian yang ingin diraihnya dalam kehidupan. Untuk mewujudkan sebuah mimpi, kamu tentu butuh uang. Lalu dari mana kamu bisa mendapatkan uang jika bukan dari bekerja, ya kan?

Nah, jadikan bekerja untuk meraih mimpi sebagai motivasimu. Bila kamu tergoda menunda pekerjaan maka sama dengan kamu menunda impianmu. Ingat kesempatan mungkin tidak datang dua kali. Semakin tua mungkin semakin sulit meraih mimpi. Jadi, mumpung masih muda ayo wujudkan impianmu!

Baca juga: 7 Kunci Sukses Meniti Karir Buat Generasi Muda

7. Buatlah Simple Map of Target

Biasanya target akan memacu seseorang untuk bergerak. Jika tempat kamu bekerja tidak menyematkan target, maka kamu sendirilah yang harus menentukan targetnya. Buatlah simple map of target atau peta target sederhana yang memuat daftar target harian, mingguan hingga tahunan. Lengkapi dengan dampak buruk bila tidak mencapainya dan hal positif yang akan kamu dapatkan jika mampu melewatinya.

Pasanglah peta tersebut di meja kerja atau dinding kamar, utamakan di tempat yang sering kamu lihat. Dengan begitu, rasa untuk menunda pekerjaan dapat terhindari.

8. Bergerak Atau Menangis Kemudian 

Menunda pekerjaan membuatmu menyia-siakan waktu dan tidak produktif. Terkadang berimbas pada hal lain yang lebih parah. Hingga timbul penyesalan dan meninggalkan tangis kesedihan. Sebelum hal itu terjadi, ayo bergeraklah untuk menyelesaikan pekerjaanmu sekarang juga!

Sooo, kamu masih mau menunda-nunda pekerjaan kamu UrbanGen? Ayooo semangat!! Jangan tunda lagi hal-hal yang harus kamu kerjakan.

Buat para UrbanGen yang belum mendapatkan pekerjaan, jangan tunda lagi, temukan lowongan-lowongan pekerjaan yang menanti kamu! Apalagi di jaman sekarang ini, mencari pekerjaan atau melamar pekerjaan sudah sangat mudah dengan adanya teknologi digital seperti melalui Urbanhire. Banyak sekali lowongan-lowongan pekerjaan yang bisa kamu pilih, lamar sekarang dengan membuat akun pencari kerja dan lengkapi profil Urbanhire-mu! Buruan lamar sekarang!