Urbanhire Jobseeker

Dampak Corona Bagi Beberapa Negara di Dunia

1

Apr 2020

Blog

Urbanhire – Menyebarnya virus Corona di seluruh dunia menimbulkan banyak korban jiwa. Selain itu, mulai menimbulkan dampak juga di berbagai sektor seperti perekonomian dan juga bisnis. Bagi yang mempunyai usaha bisnis sendiri sangat terasa sekali dampaknya. Proyek menjadi sepi, pemasukan berkurang, pengiriman barang masuk Indonesia juga tersendat, pelanggan juga berkurang drastis. Banyak orang yang memilih tinggal saja di dalam rumah.

Mari kita simak lebih detail, dampak dari virus Corona ke beberapa negara di dunia:

1. Dampak terhadap Indonesia

Virus Corona Covid-19 menyebar ke daerah-daerah di Tanah Air. Pada Sabtu 21 Maret 2020, persebaran wabah masih seimbang secara administratif. Dari total 34 provinsi di Indonesia, 17 provinsi ada kasus positif Corona Covid-19, dan 17 provinsi masih steril.

Per Minggu 22 Maret 2020, tercatat sudah 20 provinsi yang terjangkit corona. Ada penambahan tiga provinsi yakni Kalimantan Selatan, Maluku, dan Papua. Dengan demikian virus corona covid-19 sudah menjalar di semua pulau besar di Indonesia.

Hingga Minggu (22/3/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif corona covid-19 di Indonesia tercatat 514 orang. Dari total kasus itu, yang sudah sembuh 29 orang, pasien meninggal dunia 48 orang. 

Efek Covid-19 ini juga menghantam kondisi pasar dalam negeri sepanjang pekan ini. Upaya mencetak pertumbuhan perekonomian yang lebih tinggi pun menjadi kian menantang di tahun 2020 ini.

Sebelumnya, keadaan ekonomi Indonesia sendiri sudah terkena dampak sejak Corona menyerang China. Karena China adalah salah satu pemasok utama untuk sektor manufaktur Indonesia. Selain itu, China juga menjadi sumber utama pemasukan investasi asing dan wisatawan terbanyak di Indonesia.  Wabah Corona ini berdampak sangat besar bagi sektor pariwisata Indonesia. Dimulai dari pembelian tiket pesawat, sampai tempat penginapan seperti hotel juga ikut terkena dampaknya dengan kurangnya wisatawan yang datang. 

Pemerintah Indonesia mencoba berbagai cara untuk berusaha menstabilkan keadaan perekonomian negara. Salah satu yang dilakukan pemerintah adalah mempercepat peluncuran kartu pra kerja yang tadinya direncanakan diberlakukan Agustus 2020. Agar dapat membantu para pekerja yang terkena dampak PHK akibat Corona ini. 

Baca juga: Hindari Gangguan Sosmed Saat Bekerja

2. Dampak terhadap China

Menjadi negara pertama yang terindikasi Virus Corona Covid-19 ini, China yang pertama kali merasakan dampak buruk bagi perekonomian. Dampak yang disebabkan antara lain adalah penurunan dalam sektor ritel sebesar 20.5 persen, investasi aset yang turun sebesar 25 persen dan output industri yang turun hampir 13.5 persen, angka pengangguran di Tiongkok juga mengalami kenaikan sebesar 6,3 persen pada Februari lalu. Salah satu alasannya adalah karena China sempat memberlakukan sistem lockdown di negaranya yang berdampak juga pada alur bisnis. 

Pemerintah China kini sedang mengupayakan perbaikan ekonomi melalui berbagai cara seperti suntikan likuiditas, pemotongan suku bunga, pemotongan pajak dan biaya. 

3. Dampak terhadap Italia

Negara Italia adalah negara kedua yang terkena dampak Corona terbesar setelah China. Berdasarkan data penyebaran virus Corona Global, ada sekitar 35.713 kasus virus Corona dan angka meninggal mencapai 2.978 orang di Italia. Wilayah yang paling terkena dampak dari virus Corona ini adalah bagian Utara dari Italia. 

Pemerintah memberlakukan kebijakan lockdown ke seluruh negeri, mematikan ekonomi ritel, dan menutup semua toko kecuali apotek. Masyarakat tidak diizinkan untuk keluar dari rumah, kecuali belanja kebutuhan pokok sehari-hari atau jika memang ada hal darurat yang harus dilakukan diluar rumah. 

Pemerintah juga membatalkan event perdagangan besar seperti Milan Furniture Fair, dan banyaknya pembatalan lain yang membuat sektor industri pariwisata Italia juga menurut drastis. 

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Italia untuk berusaha mengembalikan kestabilan perekonomian negaranya adalah:

  1. Mengeluarkan langkah struktural untuk mengembalikan investasi negara Italia
  2. Mengeluarkan dana senilai 900 juta Euro untuk 11 kota terdampak Corona 
  3. Mengeluarkan paket tambahan dana senilai 3.6 miliar Euro untuk mendukung negara secara keseluruhan
Baca juga: Bekerja dari Rumah Ini Tips Buat Kamu Untuk “Stay on Track”

4. Dampak terhadap Amerika

Presiden Amerika beberapa saat lalu menyatakan keadaan darurat nasional dan mengeluarkan dana darurat sebesar USD 8.3 miliar untuk menangani wabah penyebaran virus Corona. Dampak yang disebarkan oleh Corona ini sebanyak 9.345 kasus dengan angka kematian 150 orang. 

Sama seperti negara-negara lain, Covid-19 ini memberi dampak besar di sektor perekonomian Amerika. Salah satu sektor yang terkena dampak adalah sektor pariwisata dan hiburan. Selain pariwisata, bisnis lain seperti restoran, pertunjukan, bioskop, kasino pun terkena imbasnya. 

Namun di Amerika, tidak menimbulkan banyak PHK, hanya saja terjadi penurunan jam kerja dan perekrutan. Pemulihan perekonomian terus diusahakan meski mungkin pertumbuhannya berjalan lambat. 

Demikian beberapa dampak yang terjadi di empat negara di dunia, yang diakibatkan oleh penyebaran Virus Corona Covid-19 ini. 

Terus semangat, tetap menjaga kesehatan masing-masing dengan mengkonsumsi makanan sehat, vitamin, olahraga, istirahat yang cukup dan berpikiran positif. Buat UrbanGen yang sedang mencari pekerjaan, tetap semangat!! Temukan pekerjaan impianmu di Urbanhire. Buat dan lengkapi akun Urbanhire kamu.

(Sumber: Kompas.com dan Liputan 6)