Infographic-CV-Lamaran-Kerja-Yang-Membuat-Rekruter-Tertarik-Cover-Blog-02

Urbanhire – CV atau Curriculum Vitae merupakan berkas penting saat melamar pekerjaan. Dari sini akan terlihat data diri yang sangat lengkap tentang diri kamu. Dan pihak HRD akan memberikan penilaian apakah kamu layak lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Namun terkadang banyak orang yang kurang teliti dalam membuat resume ini. Bahkan terkadang tidak pernah meng-up date kembali isi dari CV sehingga kemungkinan besar untuk diterima semakin kecil. Pentingnya untuk selalu mempertimbangkan apakah kamu sudah membuat CV yang baik atau ternyata belum masuk kriteria.

Padahal para rekruter menjadikan CV sebagai perwakilan diri kamu yang bisa memberikan peluang ataupun tidak. Jangan sampai kamu tidak lolos hanya karena tidak tahu cara membuat CV yang baik dengan benar. Untuk itu perhatikan ketentuan apa saja yang paling pokok untuk dimasukan dalam CV.

Baca juga: 10 Contoh CV Yang Menarik Perhatian HRD

Kriteria CV yang baik agar di lirik rekruter

Sebagai berkas yang paling penting saat melamar pekerjaan, kamj harus membuat CV yang memberikan daya tarik dan rasa penasaran. Untuk itu tuliskan semua kemampuan kamu yang dapat memberikan nilai lebih saat rekruter membacanya. Dengan begitu kamu lebih cepat mendapatkan panggilan wawancara. Agar tidak salah membuat CV yang baik, perhatikan kriteria berikut :

– Memasukan informasi yang benar

CV memang menjadi penilaian utama yang akan di lihat oleh HRD. Dan kamu wajib membuatnya menarik di mata mereka. Namun yang harus diingat yaitu jangan sampai isi CV tersebut terlalu di buat-buat agar kamu lolos ke tahap selanjutnya. Di sini penting untuk memberikan informasi yang benar dan terpercaya. Sesuai dengan apa yang kamu alami selama hidup. Hal-hal penting yang harus ada yaitu data diri, pendidikan, pengalaman kerja sampai prestasi yang di sampaikan tanpa ada rekayasa.

– Isi lengkap dan padat

Ketika membuat CV jangan sampai data kamu ada yang terlewatkan sedikit pun. Tuliskan secara lengkap hal-hal yang menjelaskan sepenuhnya tentang kamu. Dari mulai nama, alamat, status pernikahan, pendidikan sampai kemampuan yang dikuasai. Tambahkan apapun yang di anggap penting dan dapat menunjang diri kamu di mata HRD. Runtutan riwayat hidup ini di isi dengan lengkap, ringkas namun padat.

Baca juga: Mengejutkan! Ini Dia Bagian Terpenting di CV

– Mudah di baca

CV yang baik tentunya memudahkan orang untuk membacanya dan memahaminya. Untuk apa kamu menjelaskan tentang diri kamu jika ternyata tata bahasa kamu masih kurang baik. Apalagi jika memilih jenis tulisan yang kurang enak di pandang. Untuk itu gunakan tata bahasa yang baik, font yang jelas dan formal, kalimat yang tidak bertele-tele dan tulisan tidak terlalu panjang. Dengan begitu HRD akan mudah memahaminya dalam waktu yang singkat.

-Pentingnya informasi pendukung

Terkadang ketika melamar pekerjaan banyak yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Walaupun ini adalah hal yang biasa dan umum terjadi namun kamu tetap harus menunjukan kualitas kamu. Yaitu dengan memasukan informasi pendukung yang berkaitan dengan posisi yang akan kamu lamar. Misalkan kamu pernah mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bidang yang akan di lamar.

–  Teliti sebelum mengirim lamaram

Jika semuanya sudah selesai kamu buat, jangan lupa untuk membacanya kembali. Karena bukan tidak mungkin ada hal-hal yang di rasa masih rancu dalam penulisan. Atau bisa juga terjadi typo. Hal ini hanya akan memberikan penilaian negatif yang menandakan kamu kurang teliti. Periksa kembali tulisan, nama perusahaan dan data diri. Jika sudah lengkap maka kamu bisa mengirimnya. CV yang baik pun sudah kamu buat dan tinggal menunggu hasilnya.

Baca juga: Kesalahan Sering Terjadi Dalam Membuat CV dan Cara Membenarkannya

 

CV yang baik dalam bahasa Inggris

Untuk membuka peluang mendapat pekerjaan, kamu bisa juga melamar ke perusahaan asing. Sekarang ini sudah banyak perusahaan asing yang membuka lowongan pekerjaan. Sehingga kamu memiliki peluang yang lebih banyak untuk memperoleh pekerjaan dengan cepat. Namun yang harus diperhatikan yaitu CV yang akan kamu kirimkan. Karena kamu harus membuat lamaran kerja dan CV dengan menggunakan bahasa inggris. Untuk membuatnya, ada beberapa yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu dalam penulisan CV yang baik bahasa inggris :

Personal Details

Berkaitan dengan informasi mengenai data diri kamu. Cantumkan nama lengkap, domisili, tempat tanggal lahir, dll. Info yang diberikan harus jelas dan lengkap sehingga dapat dipahami oleh HRD.

Education Details

Tuliskan perjalanan pendidikan kamu dari pendidikan awal sampai akhir. Jangan lupa cantumkan nilai akhir di pendidikan akhir yang kamu dapatkan.

Certification

Jika kamu akan melamar ke perusahaan asing snagat di anjurkan melampirkan sertifikat. Yaitu berkaitan dengan kemampuan bahasa asing kamu. Biasanya yang di minta yaitu tes TOEFL. Sehingga dapat dipertimbangkan dengan baik.

Job Experiences

Jangan lupa untuk mencantumkan pebgalaman kerja kamu. Dibarengi dengan alamat te,pat kerka tersebut. Sehingga kamu memiliki nilai lebih di mata HRD.

Baca juga: Tarik Perhatian HRD dengan Cover Letter Ciamik

Personality

Penting juga menuliskan mengenai kelebihan kamu. Seperti keterampilan atau hobi. Setidaknya bisa menunjang keberhasilan kamu untuk lolos seleksi.

 

Itulah beberapa contoh CV yang baik untuk kamu yang sedang melamar pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kembali profil tersebut agar tidak ada kesalahan sedikitpun. Sehingga membuat rekruter melirik kamu.

Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana sih trik-trik membuat CV yang baik supaya bisa cepat dapat panggilan kerja, nah selain CV kamu yang harus dipercantik, jangan lupa Cover Letter kamu juga harus menarik! Terus setelah siap dengan CV dan Cover Letter kamu, jangan takut engga bisa dapat kerjaan. Yukkk intip deh sekarang juga berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker.