wawancara-google-dan-buzzfeed

Kamu mungkin sudah membuat CV atau resume dengan tampilan yang menarik. Namun tetap saja, konten adalah raja, dan sederhana adalah kuncinya.

Hal ini terbukti dari CV dari seorang karyawan bernama Katie Simon. Ia menuliskan ceritanya mengenai CV yang membuatnya dipanggil untuk wawancara kerja di banyak perusaahan seperti Google, Buzzfeed, Oscar dan lusinan perusahaan startup lainnya.

Kalau dilihat sekilas, CV yang ia buat mungkin sama seperti kebanyakan orang. Tapi, kalau dicermati lebih dalam, banyak poin-poin yang kamu bisa contek untuk CV kamu.

Baca juga:  10 Contoh CV yang Menarik Perhatian HRD

Penasaran? Berikut penampakannya!

katie_simon_resume_business_insider_new
Sumber: Business Insider

 

Baca juga:  Kesalahan yang Sering Terjadi di CV dan Cara Membenarkannya

Terus apa dong yang bisa kamu contek?

Pertama, CV satu halaman. Jika melihat profilnya, Katie adalah seseorang yang punya pengalaman kerja cukup banyak. Tapi ia berhasil memilih mana aja yang relevan dengan lowongan pekerjaannya dan menuliskannya dalam satu halaman. Ini pun sejalan dengan fakta kalau orang HRD hanya punya waktu yang sedikit dalam membaca CV yang masuk ke meja mereka kata Jennifer Brooks, seorang senior associate director dari MBA Career Management Center, UNC Kenan-Flagler Business School.

Kedua, hasil dulu baru keahlian. Poin kedua ini cukup menarik karena seringkali keahlian jadi hal yang utama pada kebanyakan CV. Katie dengan cerdik menulis hasil kerja di kantor LearnVest sebagai content intern dengan “menulis lima artikel dalam seminggu”, dibandingkan misal hanya menulis “pakar dalam menggunakan Microsoft Word dan WordPress” yang terlihat terlalu luas.

Ketiga, singkat dan jelas. CV bukanlah surat lamaran yang menggunakan banyak kata-kata. Jika kamu lihat CV dari Katie ini, pemilihannya katanya sangat tepat dan jelas. Format yang ia gunakan menjelaskan hasil kerjanya pun simpel, yaitu dengan menggunakan bullet point. HRD pun akan lebih mudah membacanya.

Keempat, cantumkan profil online. Katie cerdik banget meletakkan alamat e-mail, serta portfolio online di bagian kanan atas. Untuk kamu yang punya banyak pengalaman kerja dan portfolio tapi nggak akan muat ditulis dalam satu halaman CV, trik ini berguna banget. Jadi, jika HRD ingin menggali lebih dalam profil kamu, mereka tinggal membuka situs tersebut.

profile online

 

Kelima, sesuaikan CV dengan lowongan pekerjaannya. Poin ini emang nggak keliatan dari CV-nya, sih. Tetapi, Katie bilang melakukan ini di setiap CV yang ia tulis. Memang agak merepotkan katanya, tetapi ini membuat pengalaman dan keahlian yang kamu tulis jadi relevan.

Nah kalau CV kamu sudah cantik, ciamik dengan konten yang relevan, jangan lupa untuk melengkapi profil Urbanhire kamu ya supaya perusahaan-perusahaan lebih mudah mencari CV kamu.

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!