Selama ini, banyak orang yang mengeluh kalau cari kerja itu sulit. Karenanya, banyak orang yang menganggur bertahun-tahun setelah lulus dari kuliah. Mencoba melamar ke sana ke mari pun sudah. Mungkin, mereka belum tahu rahasianya supaya mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Buat kamu yang penasaran, langsung saja baca bahasannya di bawah ini.

1. Orang-orang yang banyak mendapatkan panggilan pekerjaan percaya kalau apply lowongan secara online lebih efektif dan efisien daripada membawa CV langsung bertemu dengan HRD. Di era yang serba digital ini, proses HR juga sudah semakin canggih.  Melamar pekerjaan online seperti di Urbanhire memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah aplikasimu setidaknya sudah dibaca oleh HR yang besangkutan atau belum. Canggih ya!

2. Pakailah kaca mata. Mungkin terdengar sepele dan lucu. Tapi delapan dari 10 orang yang melamar kerja menggunakan kaca mata dan diterima perusahaan untuk bekerja di sana.

3.  Walaupun kemeja dan dasi enggak menentukan hasil akhir wawancara, tapi setidaknya berpakaian formal akan meninggalkan first impression yang baik untuk pewawancara. Namun apabila kamu tau pasti kultur perusahaannya adalah casual dan santai, jeans dan kemeja pun tak apa-apa. Tapi daripada salah, lebih baik overdressed daripada underdressed.

4. Perusahaan cuma peduli dengan kualitas dalam CV. Percuma saja apabila kamu banyak pengalaman namun tidak dapat menuangkannya ke dalam CV. Jadi pastikan CV kamu mudah dibaca dan gampang dimengerti.

CV yang bagus

5. Jangan bangga ketika kamu melamar di perusahaan besar dengan ratusan karyawan yang bekerja di sana. Bayangkan, ada 1200 karyawan dan kamu akan menjadi karyawan yang ke 1201. Bagaimana caranya kamu bisa berkembang? Tidak ada salahnya memilih perusahaan yang hanya memiliki 20-30 karyawan. Jadi jangan terfokus kepada perusahaan-perusahaan, lebih baik pelajari lebih jauh lagi kultur perusahaan dan kesempatan pengembangan diri yang ditawarkan.  Di Urbanhire kamu bisa lihat dulu kultur perusahaan melalu Career Page mereka loh!

6. Link atau jaringan pertemanan mungkin terdengar klise. Tapi ternyata jaringan memiliki peranan penting dan berpengaruh besar. Atasanmu enggak akan lagi buang-buang waktu untuk melihat kinerjamu selama beberapa hari. Tinggal tanyakan saja pada teman yang merekomendasikanmu. Dan pertemanan mempercepatmu untuk mendapatkan pekerjaan.

7. Banyak orang yang tetap membawa cover letter ketika datang langsung ke kantor untuk wawancara. Cover letter harusnya menyertai aplikasi kamu ketika kamu apply ke lowongan tersebut.  Ketika kamu membawa CV dan cover letter, kamu cuma bikin dirimu terlihat lebih bodoh di depan orang yang akan mewawancaraimu.

Nah, dengan melakukan ketujuh cara di atas, kesempatanmu untuk di-hire pasti lebih besar beberapa persen. Tapi jangan lupa untuk mempersiapkan mental dan CV yang bagus agar mereka langsung mengangkatmu menjadi karyawan.

Kalau kamu masih mencari-cari yang pas, cari di Urbanhire untuk mendapatkan karir impianmu!

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!