Urbanhire Jobseeker

Cara Menjadi Manajer Sukses di Usia Muda

11

Nov 2019

Blog

Urbanhire – Usia bukanlah sesuatu yang menjadi hambatan untuk menjadikanmu seorang manajer.  Jika kamu memang dipercayakan menjadi seorang manajer di usia yang tergolong masih muda oleh atasan kamu, apalah arti usia yang muda.  Semakin canggihnya teknologi dan persaingan bisnis yang ketat, banyak karyawan muda yang dipromosikan ke posisi pimpinan, seperti manajer.  Ini dikarenakan oleh faktor teknologi canggih dimana anak-anak muda jaman sekarang lebih memahaminya.  Dan juga karena faktor sistem perkuliahan atau kurikulum sekolah yang up-to-date dengan perkembangan jaman. 

Tak hanya itu, banyak perusahaan yang lebih memilih untuk merekrut karyawan muda dikarenakan oleh beberapa faktor.  Faktor pertama adalah mudah diajari karena sikap mereka terhadap pekerjaan itu jujur ​​dan mereka selalu mengikuti instruksi atasan mereka.  Kedua, anak-anak muda juga adalah orang-orang yang mematuhi peraturan perusahaan serta departemen.

Sehubungan dengan perekrutan manajer muda, jika kamu salah satunya, maka simak tips-tips berikut untuk menjadikanmu manajer sukses.  Terkadang anak muda pun tidak tidak tahu bagaimana cara mengatur banyak orang.  Maka dari itu, kiat menjadi manajer sukses di usia muda diantaranya:

1. Meminta Bantuan

Karena baru dalam dunia manajer, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dari Konsultan HRD kamu untuk panduan.  Selain Konsultan HRD, kamu juga bisa meminta saran dari orang yang telah menjadi manajer selama beberapa dekade.  Jangan malu untuk meminta bantuan mereka.  Karena itu untuk yang terbaik.

2. Meminta Feedback

Seorang pemimpin juga dapat terbuka untuk kritik dan membutuhkan masukan atau feedback untuk tumbuh.  Adakan pertemuan beberapa kali sebulan dengan tim kamu supaya kamu bisa belajar apa yang orang pikirkan tentang kamu sebagai manajer dan bagaimana kamu bisa tumbuh menjadi lebih baik.  Dari situ, kamu bisa mengerti tentang apa yang menjadi kekuatan kamu, kelemahan dan area kamu untuk menjadi manajer sukses.

Baca juga: 4 Kiat Sukses di Pekerjaan

3. Pembaca Situasi yang Baik

Menjadi seorang manajer tentunya memiliki tanggung jawab yang besar.  Kamu juga harus bisa mengatasi masalah demi masalah yang datang.  Pencapaian target kerja dari perusahaan pun harus kamu kejar dengan bantuan tim kamu. 

Tatkala, perbedaan pendapat dengan tim member ataupun dengan atasan pasti akan terjadi.  Disinilah kamu harus pintar-pintar membaca situasi.  Selalu sigap bereaksi terhadap situasi atau masalah yang muncul secara tiba-tiba. 

Rutin memberi laporan kepada atasan dan juga menganalisa informasi baru akan mempermudahkan kamu untuk mengatasi apapun situasi yang akan terjadi.

4. Mengasah Kemampuan

Teruslah belajar dan mengasah kemampuan kamu untuk menjadi manajer sukses di usia muda.  Karena faktor umur yang masih muda, atasan dan tim kamu mempercayakan tugas seorang manajer ke kamu yang harus kamu kerjakan diatas rata-rata. 

Pada dasarnya, usia muda adalah usia yang masih sangat produktif dalam hal belajar mengajar.  Maka dari itu, tawaran manajer biasanya terjadi karena kemampuan usia muda yang relatif cepat nangkap. 

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Karena faktor usia yang masih muda sudah menjadi seorang manajer, ada baiknya kamu menjadi pendengar yang baik.  Lihatlah di sekelilingmu, para tim member kamu yang usianya lebih tua.  Kamu pun harus menghormati mereka karena mereka adalah senior kamu.

Tak hanya itu, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari mereka jika mendengar semua keluhannya dan dengan memberikan solusi untuk mengatasi semua itu.  Dengan kata lain, kamu harus terbuka dengan semua keluhan dan juga masukan dari mereka dan berusaha untuk memperbaikinya secepat mungkin.

Baca juga: Kiat Wanita Karir Sukses di Masa Depan

6. Pantang Menyerah

Menjadi manajer di usia muda bukanlah hal yang gampang dilakukan.  Bekerja keras dan mempunyai kemauan yang kuat untuk maju adalah ciri manajer sukses.  Jika kamu pantang menyerah dan berusaha memberikan yang terbaik, maka keyakinan atasan kamu atas terpilihnya kamu menjadi manajernya tidak akan sia-sia.

Itulah sikap profesional seorang manajer yang tidak hanya disukai atasan, tetapi juga tim kerja kamu.  Karena kamu selalu siap dengan segala tantangan yang ada dan melaluinya dengan baik.

7. Menjadi Panutan

Meskipun kamu seorang manajer yang lebih muda dari tim kerja kamu, kamu harus bisa menjadi panutan untuk tim kerja atau karyawan lainnya.  Karena menjadi seorang pemimpin akan dinilai banyak orang.  Mulai dari perilaku, ucapan, dan juga sopan santun mu.

Selalu menjaga diri dengan baik dan perlakukan semua orang dengan adil adalah suatu panutan yang sangat bernilai.  Disini adalah tempat untuk menunjukkan dirimu bisa mengatur tim kerja dan kamu memang pantas meraih posisi seorang manajer. 

Sementara itu, beranikan dirimu untuk tampil paling atas dan membuat semua orang yakin dengan kemampuanmu untuk meraih kesuksesan.  Dengan tips-tips di atas akan mempersiapkan dirimu menjadi manajer sukses di usia muda. 

Kamu akan melalui berbagai halangan dan rintangan di dalam proses tersebut.  Selalu ingat untuk tidak pantang menyerah karena perjalanan karirmu baru saja dimulai. 

Sebagian besar orang-orang sukses yang menjadi pimpinan perusahaan bernilai jutaan dolar berhasil sampai sekarang karena gagal meluncurkan produk demi produk berulang kali, seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.  Mark Zuckerberg misalnya, dia berhasil merintis FB di usianya yang muda dan langsung menjadi CEO dan founder dari FB.  Tak hanya itu, Mark pun tidak tahu bagaimana cara mengatur karyawannya sendiri.  Tapi step by step akhirnya FB dikenal secara internasional di semua belahan dunia.  Nah, kamu dapat terinspirasi dengan cerita hidup founder FB ini.  Cobalah untuk terinspirasi dan menginspirasi balik banyak orang di masa depan!

Buat kamu para jobseeker yang masih mencari pekerjaan atau sedang ingin melamar pekerjaan sekarang bisa menggunakan teknologi digital seperti melalui Urbanhire. Terdapat lebih dari 18.000 lowongan pekerjaan yang terbuka, lamar sekarang dengan membuat akun pencari kerja dan melengkapi profil Urbanhire-muBuruan lama sekarang!