Urbanhire Jobseeker

Cara Mencegah Penyebaran Corona (Covid-19) di Kantor

23

Mar 2020

Blog

Urbanhire – Corona Virus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan banyak korban jiwa. 

Penyebab dari wabah ini adalah Corona Virus jenis baru yang disebut dengan novelcoronavirus2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Belakangan ini virus Corona juga sudah mewabah di negara Indonesia. Dan sehubungan dengan hal ini pemerintah terus melakukan pembaruan kabar terbaru terkait virus Corona dan melakukan tindakan atau penanganan untuk menghadapi adanya wabah virus Corona tersebut. Salah satu yang dilakukan adalah membuat himbauan untuk melakukan aktivitas dari rumah saja, khususnya para pekerja. 

Para pekerja harus mencari cara untuk mencegah penyebaran virus Corona, khususnya di kantor. Karena lingkup aktivitas kantor, bertemu dengan para klien, atau mungkin aktivitas seperti training memungkinkan terjadinya penyebaran virus tersebut. 

Agar tidak terkena virus yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus Corona di kantor:

1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk dilakukan dalam mencegah penyebaran virus Corona. Cucilah tangan dengan air dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan. 

Jika kamu  adalah pekerja yang menggunakan transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Kamu bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. 

Baca juga: Bekerja dari Rumah Ini Tips Buat Kamu Untuk “Stay on Track”

2. Gunakan Masker

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Ada dua tipe masker yang bisa kamu gunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. 

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat,, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, kamu bisa juga  mengkonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter. Rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

Baca juga: 5 Gerakan Olah Raga Ringan di Kantor Untuk Meningkatkan Fokus Kerja

4. Kurangi berinteraksi dengan orang-orang / social distancing

Ada baiknya kamu meminimalisir berinteraksi terlalu dekat dengan rekan kerja sekantor agar meminimalisir resiko kamu terkena virus Corona. Karena penyebaran virus Corona bisa terjadi ketika tidak sengaja kontak fisik atau berdekatan dengan orang. Kita tidak tahu juga kondisi orang tersebut sehat atau tidak.. Kurangi atau bahkan hindari jadwal meeting dengan klien, baik meeting di kantor atau di luar kantor. Kita dapat melakukan meeting atau hal lainnya dengan video call atau berlakukan work from home. Manfaatkan teknologi digital dulu untuk saat-saat seperti ini.

5. Ajukan izin remote (work from home) jika sakit

Jika kamu merasa tidak enak badan atau sakit, jangan paksakan untuk tetap masuk kantor. Karena saat sedang tidak sehat, imun tubuh kamu akan rendah sehingga resiko tertular virus atau penyakit lain akan lebih mudah. 

Sebagai pihak perusahaan juga pasti akan memahami hal tersebut dan memberikan izin, karena perusahaan pasti mengutamakan keamanan dan kenyamanan seluruh karyawannya. Perusahaan juga dapat memberikan rekomendasi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan waktu untuk karyawannya beristirahat. 

Demikian beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona, terutama di lingkungan tempat kamu bekerja. 

Buat kamu para UrbanGen, tetap waspada, stay positive, makan makanan sehat dan vitamin, serta istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga.