Ask Urbanhire

Kamu mendapatkan pekerjaan baru sebagai manajer di sebuah perusahaan? Selamat yah! Apakah mental kamu sudah siap menerima tantangan posisi ini, namun enggak siap membangun tim kamu nanti?

Bagaimana cara menggalang staff / subbordinate pada saat 2 – 3 hari pertama di kantor baru sebagai manager.

Untuk membuat orang – orang dalam satu tim bekerja sama memang butuh tenaga lebih apalagi kamu yang menjadi pemimpin atau manajer dari tim tersebut. Kalau kamu membuat tim yang anggota nya merupakan orang – orang yang sudah kamu kenal akan lebih mudah dalam mengaturnya, lain hal nya jika kamu merupakan orang baru dalam sebuah tim dan dijadikan sebagai leader nya. Rasa takut, was – was, ragu – ragu pun muncul. Sikap dan keputusan kamu di beberapa minggu pertama akan menjadi penentu hasil dari tim kamu. Apakah tim kamu berhasil menyampaikan sebuah hasil yang baik bagi perusahaan ? Apa saja langkah – langkah yang harus diambil agar tim kamu sukses? Bagaimana kamu membentuk norma kelompok, menetapkan tujuan yang jelas, dan menciptakan lingkungan di mana setiap orang merasa nyaman dan termotivasi untuk berkontribusi dalam tim?

 

  1. Kenal Dengan Satu Sama Lain

Ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Maka berkenalan dengan satu sama lain di dalam tim penting banget nih. Hindari pertemuan pertama dengan tim langsung membicarakan tentang pekerjaan dan bagaimana nanti hasilnya, akan tetapi bangunlah sebuah persahabatan dalam tim ini. Bisa dengan cara makan siang bersama, melakukan retret untuk brainstorming mengenai bagaimana tim ini akan bekerja sama, memberitahukan pengalaman – pengalaman mereka ketika sedang bekerja dalam sebuah tim, apa yang sebaiknya ada dan tidak ada di dalam tim.

 

  1. Tunjukkan Cara Pandang Kamu

Pada saat kamu berkenalan dan mengadakan rapat pertama tim dengan menampilkan nilai diri kamu serta visi misi kamu. Dengan mengkomunikasikan visi dan nilai kamu, secara tidak langsung kamu akan menunjukkan kepada tim bahwa kamu berkomitmen terhadap tingkat transparansi yang sehat, dan menciptakan suasana positif alam peran baru di dalam tim. Jelaskan pula bagaimana sikap kamu ketika membuat sebuah keputusan, apa saja prioritas kamu, dan jelaskan pula bagaimana nanti kamu akan mengevaluasi kinerja tim, secara individu atau kolektif. Ketika kamu menjelaskan tentang bagaimana proses penilaian kinerja tim, jelaskan kepada tim anda mengenai model atau metode seperti apa yang akan kamu gunakan, sehingga tim kamu akan mengerti bagaimana mereka akan di evaluasi.

  1. Jelaskan Bagaimana Keinginan Kamu Untuk Tim Bekerja Sama

Hal ini sangat penting, karena kamu tentunya menginginkan tim yang solid dan saling bekerjasama. Tentu nya kamu sebagai pemimpin dari tim memiliki cara untuk mencapai tujuan yang di inginkan agar tim kamu dapat mencapainya. Nah, kamu perlu untuk memberitahu bagaimana alur yang kamu inginkan dalam tim ini.

Jika ada anggota tim baru masuk, kamu sebagai pemimpin dalam tim yang seharusnya yang menjelaskan segala proses, alur dan cara bekerja dalam tim.Jika kamu tidak menciptakan nilai-nilai atau norma dalam tim, maka akan ada resiko dimana kamu menciptakan sebuah lingkungan yang anggotanya akan merasa kebingungan dan tidak mau berkontribusi.

  1. Buatlah Goals Yang Jelas

Tugas yang paling penting sebagai pemimpin tim adalah membuat sebuah team goals. Hal ini sangat penting agar pada saat proses berjalan dalam mencapai tujuannya, setiap anggota tim mendapatkan gambaran yang jelas dan mereka akan mengerjakannya sesuai dengan apa tujuan dari terbentuknya tim tersebut.

  1. Terbukalah untuk Feedback

Sebagai pemimpin dari sebuah tim, pastinya anggota tim kamu pasti akan merasa segan dan tidak enak untuk menyampaikan pendapat mereka. Nah, pastikan ke mereka kalau kamu terbuka untuk segala saran dan masukan. Dengan begitu, mereka akan menyampaikan pendapat mereka yang bisa saja membantu tim kamu untuk mencapai goals nya lebih cepat atau lebih besar. Secara tidak langsung juga, kamu membina hubungan dengan para anggota tim menjadi lebih erat.

Pemimpin tim bukan berarti kamu menyuruh anggota tim melakukan semua pekerjaan nya dan kamu tidak sama sekali melakukan apa-apa. Akan tetapi pemimpin tim melakukannya bersama – sama dengan porsi yang sudah di tentukan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang akan menjadi pemimpin di sebuah tim di kantor baru.

 

Masih mencari pengembangan karir kamu selanjutnya? Jangan lupa lengkapi profil kamu dulu dan cari pekerjaan impian kamu di Urbanhire!

 

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!