Lulus kuliah mau ngapain? banyak orang yang bingung, tertekan hingga merasa stress dengan masalah ini. Tak semua sarjana langsung bisa dapat kerjaan. Terlebih lagi jika mereka lulusan dari perguruan tinggi yang tak punya nama. Alahasil berbagai cara harus dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Yang sabar menunggu penerimaan dari berbagai proses rekrutmen mungkin akan menunggu meski belum jelas kapan, namun bagi yang kreatif, sebenarnya tetap bisa mengusahakan untuk segera dapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Apa saja cara jitu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah? Berikut ini diantaranya yang dapat kamu lakukan untuk bisa segera dapat pekerjaan pasca wisuda:

1. Siapkan CV terbaik

Belajar membuat surat lamaran kerja yang bagus dan menjual, siapkan dalam jumlah banyak untuk disebarkan ke berbagai perusahaan yang mungkin Anda tuju. Jangan sepele dengan penampilan berkas ini karena inilah yang dinilai orang pertama kali.

2. Follow Social Media lowongan pekerjaan di daerah Anda

Saat ini mencari info lowongan kerja tak harus membeli koran. Ada banyak website lowongan kerja hingga akun-akun social media seperti instagram, facebook, twitter dan website yang menyajikan update lowongan kerja setiap hari. Pantau terus dan temukan yang paling sesuai dengan Anda.

3. Hadiri Job Fair

Jika Anda ingin pekerjaan besar di perusahaan besar setelah lulus kuliah, jangan lupa singgah di berbagai acara job fair yang digelar pemerintah setempat. Informasi ini kini begitu mudah didapat melalu social media. Job fair biasanya ditemukan di mall, gedung pemerintah dan sebagainya secara rutin dan berkala.

4. Kontak senior alumni

Jangan putuskan komunikasi dengan senior kamu setelah lulus kuliah. Sewaktu kuliah, rajin lah mencari relasi pihak-pihak yang mungkin bisa membantu kamu mencari kerja. Para senior biasanya akan tahu bagaimana peluang dan potensi kerja yang mungkin untuk kamu. Atau bahkan ia mungkin saja memiliki peluang yang menarik untuk kamu.

5. Perbaiki profil dunia maya Anda

Rapikan social media, email atau blog yang mungkin kamu miliki. Jangan salah, perusahaan biasanya akan melihat hal ini pada diri seseorang sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk menerima seorang kandidat. Jangan tampilkan tentang hal yang buruk, jadilah sosok yang cerdas dan menarik untuk membuat orang percaya menerima kamu sebagai karyawan.

6. Menekuni skill tertentu

Sembari menunggu perusahaan memanggil kamu, siapkan diri dengan menekuni skill tertentu. Kalau pun akhirnya kamu tak dipanggil oleh perusahaan, kamu tetap bisa melakukan sesuatu dengan skill tersebut. Atau mungkin juga skill itulah yang akan mengantarkan kamu menjadi pengusaha. Nasib orang tak ada yang tahu bukan, dari pada kamu tertekan ditanya keluarga dan orang-orang di sekitar setelah lulus kuliah, sibukkan diri dengan mengikuti pelatihan skill tertentu.

Jangan bingung setelah lulus kuliah, tetap beraktivitas untuk hal-hal yang baik. Percayalah jika kamu seorang yang baik, gigih dan memiliki semangat untuk berusaha, banyak orang yang menanti kamu menjadi karyawan, hanya saja rezeki perlu didoakan dan diusahakan.

Hanya di Urbanhire, kamu dapat menyelesaikan 4 dari 6 hal diatas untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Buat akun Urbanhire dan dapatkan informasi lowongan pekerjaan di website, social media dan juga informasi mengenai Job Fair! Bila kamu ingin menambah skill, coba English Test di Urbanhire sekarang!