Urbanhire Jobseeker

Blogger Dan Gamer Diakui Sebagai Pekerjaan. Kamu Berminat?

15

Jul 2020

Blog

Urbanhire – Kabar gembira untuk para pebisnis online, blogger dan gamer. Sekarang tiga profesi tersebut sudah diakui oleh pemerintah. Tapi tunggu dulu, pemerintah yang mengakui pekerjaan tersebut adalah pemerintahan China. Perluasan definisi pekerjaan ini untuk merespon peningkatan jumlah lulusan baru dan pandemi. Diharapkan perluasan definisi pekerjaan ini dapat menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja selama pandemi.

Berdasarkan dari Kompas.com yang mengutip dari South China Morning Post, Kementerian Pendidikan China memberikan instruksi kepada setiap universitas untuk memperhatikan kriteria baru ini saat melaporkan tingkat serapan tenaga kerja alumninya.

Lulusan baru yang bekerja secara freelance seperti penjual/pedagang online, admin media sosial, blogger dan gamer masuk ke dalam kelompok pekerja fleksibel. Penambahan definisi ini memberikan spekulasi bahwa pemerintah China sedang berusaha untuk menaikkan angka serapan tenaga kerja di kalangan lulusan baru.

Tidak hanya di Indonesia yang mengalami tren naiknya pengangguran akibat covid-19 ,di China pun juga sama.Jumlah yang tercatat oleh pemerintah China tentang pengangguran sebesar 1,7% dan menurut ahli itu bisa melebihi data pemerintah karena hanya warga lokal yang terdata belum termasuk tenaga asing yang terdampak Corona.

Jadi untuk kamu yang fresh graduate Indonesia, tertarik untuk meniti karier sebagai gamer atau blogger? Kalau kamu ingin bekerja di kantoran, kamu bisa mulai membuat profil di Urbanhire. Di Urbanhire kamu bisa menemukan berbagai lowongan kerja dari banyak perusahaan. Cukup sekali melengkapi profil kamu sudah bisa melamar lowongan kerja yang sesuai dengan minat dan bakatmu.