Urbanhire Jobseeker

Tips Interview Virtual Saat New Normal Dan Pandemi

14

Jul 2020

Urbanhire – Interview virtual saat ini marak dilakukan oleh berbagai perusahaan. Cara ini merupakan solusi untuk perusahaan ketika membutuhkan karyawan baru tetapi harus menerapkan protokol kesehatan. Dan atmosfer interview virtual dengan interview yang langsung bertatap muka sangatlah berbeda. Ketika interview langsung, rekruter akan bisa merasakan jika kamu merasa gugup atau grogi dan rekruter akan langsung berusaha mencairkan suasana. Namun ketika interview secara virtual, kamu akan merasa sendiri dan rekruter tidak akan bisa merasakan rasa gugup dan grogi kamu. Nah agar interview virtual kamu berjalan baik dan lancar ada tips buat kamu, yuk simak tipsnya

Melakukan Latihan Interview Virtual

Bagi kamu yang belum pernah melakukan interview tersebut, pasti akan merasa aneh dan asing ketika melakukannya. Cobalah untuk melakukan latihan bersama orang terdekat kamu dengan meminta tolong mereka berperan menjadi rekruter melalui video call. Dengan cara ini akan membuat kamu lebih tenang dan nyaman ketika kamu sedang menjalani interview jarak jauh tersebut. Usahakan kamu berlatih sesering mungkin agar kamu menjadi lebih santai dan percaya diri ketika interview berlangsung.

Pastikan Internet & Gadget Aman

Tips kedua yang harus diperhatikan ketika interview virtual adalah persiapan teknis. Karena interview secara online kamu harus mengamankan perihal teknis seperti laptop/PC dan internet. Pastikan gadget dan internet kamu aman atau stabil. Tes juga microphone kamu agar suara kamu dan suara rekruter terdengar jelas. Dan tidak lupa gunakan provider atau penyedia jaringan internet yang berkualitas supaya ketika interview berlangsung berjalan lancar

Pilih Lokasi Yang Terang & Tenang

Pemilihan lokasi juga sangat penting ketika kamu akan melakukan interview virtual. Pilih tempat yang terang, tenang dan jauh dari keramaian. Memilih tempat yang terang dan tenang bertujuan supaya komunikasimu dengan rekruter tidak terhambat dan bisa melihatmu dengan jelas. Sebab jika komunikasi dengan rekruter tidak berjalan dengan baik, peluangmu untuk diterima kerja juga akan semakin mengecil.

Tetap Pakai Pakaian Formal/Rapi

Perlu dicatat, meski interview secara virtual kamu harus memakai pakaian formal atau yang rapi. Jangan mentang-mentang interview virtual dari rumah kamu memakai pakaian santai karena tidak bertemu secara langsung dengan rekruter. Pilihlah pakaian yang menurut kamu pantas untuk kamu pakai saat interview. Ingat first impression itu juga penting ya.

Buka & Tutup Dengan Ucapan Terima Kasih

Sebelum dipersilahkan untuk memperkenalkan diri sebaiknya kamu buka dengan ucapan terima kasih karena diberikan kesempatan untuk mengikuti interview virtual. Dan tutup interview jarak jauh dengan ucapan terima kasih lagi karena sudah diberikan waktu untuk mempresentasikan diri. Dengan mengucapkan terima kasih kepada rekruter menandakan kamu benar-benar menghargai peluang yang diberikan oleh mereka.

Itulah tips yang bisa kamu pakai ketika akan melakukan interview virtual yang mungkin akan berguna untukmu. Nah buat kamu yang ingin memulai karier, kamu bisa memulai dari membuat akun Urbanhire. Kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Jadi buruan daftar dan lamar pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu.