Urbanhire Jobseeker

Berhasil Nabung Meski Gaji Kecil

13

Jan 2020

Blog

Urbanhire – Tak dapat dipungkiri jika menjadi seorang karyawan masalah gaji sering kali menjadi masalah utama. Dimana gaji yang tak terlalu besar merupakan pangkal dari masalah yang dapat merembet kemana – mana. Apalagi untuk karyawan yang sudah berkeluarga, tentunya gaji pas – pasan tidak cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga tersebut. Bahkan bagaimana dapat menabung, untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari terkadang masih sulit. Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips bisa nabung meskipun gaji kecil. Kamu termasuk seorang karyawan yang memiliki gaji kecil? gak perlu khawatir ikuti beberapa tips bisa nabung berikut ini:

1. Menghindari Jajan Makanan Mahal
Cobalah untuk menghindari jajan makanan dengan harga yang mahal. Terkadang jajan makanan menjadi sebuah kebutuhan saat malas memasak atau hanya saat memiliki keinginan. Pada dasarnya boleh – boleh saja mencoba jajan makanan cukup mahal atau berwisata kuliner. Tetapi jika memang kamu ingin mencoba untuk menabung, kurangi atau hindari keinginan untuk jajan makanan mahal. Selain itu bisa juga dengan membuat sebuah agenda di dalam sebulan, kamu bisa jajan satu atau dua kali. Untuk selanjutnya kamu bisa masak di rumah, tujuannya agar lebih hemat. Kamu juga bisa mencoba kreasi makanan saat masak di rumah, agar tidak bosan.

Baca juga: Tanggal Tua? Ini Dia Tips untuk Berhemat!

2. Mengendalikan Diri Saat Belanja
Jika Kamu mempunyai kebiasaan berbelanja, mulai saat ini kamu juga harus dapat mengendalikan diri. Usahakan untuk tidak menghabiskan gaji kamu hanya untuk berbelanja suatu hal yang dirasa tidak penting ataupun dibutuhkan. Usahakan untuk tidak membeli suatu hal yang diinginkan tetapi membeli kebutuhan saja. Selain itu jika kamu ingin belanja sesuatu, sebaiknya menunggu saat promo ataupun diskon. Untuk dapat menghindari kebiasaan boros saat belanja adalah membiasakan diri dimana saat memperoleh gaji, segera sisihkan beberapa persen untuk ditabung, dan beberapa persen di alokasikan untuk uang belanja. Yang sudah ditabung tidak boleh diganggu gugat. Hal ini merupakan salah satu tips bisa nabung yang cukup efektif.

3. Mengambil Uang ATM Seperlunya
Setelah gajian, sebaiknya jangan terlalu banyak mengambil uang di ATM. Hal ini juga menjadi sebuah tips yang sangat ampuh untuk dapat mencegah pengeluaran uang yang tidak terkendali. Sehingga usahakan untuk mengambil uang di ATM sebutuhnya saja dan jangan sampai berlebihan. Hal tersebut karena saat memegang uang yang berlebih, tentunya keinginan untuk belanja akan semakin besar. Selain itu keinginan tersebut sangat sulit untuk dibendung. Oleh karena itu sebaiknya kamu harus dapat mengontrol diri sendiri saat ingin mengambil uang di ATM. Alokasikan terlebih dulu akan digunakan untuk apa saja, sehingga tau berapa banyak akan di ambil dari ATM.

4. Menggunakan Transportasi Umum
Untuk saat ini ada banyak pilihan transportasi umum yang cukup nyaman. Misalnya saja busway atau ojek online. Kamu dapat memanfaatkan alat transportasi tersebut karena akan lebih menghemat uang dan menabungnya. Tidak perlu gengsi untuk menggunakan alat transportasi umum. Karena pada faktanya dapat menghemat pengeluaranmu, dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu kamu juga dapat berjalan kaki jika jaraknya dekat, akan lebih menyehatkan diri sendiri. Tak dapat dipungkiri jika terkadang ingin dimanjakan, dimana hanya ingin membeli sesuatu dengan jarak yang dekat menggunakan motor. Hal tersebut akan menambah biaya bahan bakar. Sehingga akan jauh lebih baik jika berjalan kaki karena lebih sehat dan hemat.

Baca juga: 3 Cara Kelola THR Dengan Baik

5. Jalan – Jalan Saat Perut Kenyang
Kamu bisa mencoba tips bisa nabung dengan cara jalan – jalan hanya pada saat perut sedang kenyang. Usahakan untuk tidak membiasakan jalan – jalan di dalam kondisi lapar, karena nantinya hanya akan ada keinginan untuk jajan. Hal tersebut tentu saja akan menambah pengeluaran kamu. Oleh karena itu usahakan saat keluar rumah, perut sudah dalam kondisi kenyang. Dengan demikian tidak akan mudah tergoda dengan banyaknya makanan di luar sana. Selain itu kamu juga dapat membuat bekal makanan sendiri dari rumah saat ingin keluar rumah namun belum makan.

6. Membuat Skala Prioritas Keuangan
Membuat skala prioritas dalam berbelanja merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kamu bisa mencoba untuk membuat skala priorits dalam satu bulan, terutama anggaran belanja. Dalam hal tersebut artinya kamu harus dapat memilih mana yang dapat ditunda lebih dulu. Hal tersebut nantinya sangat mempermudah kamu di dalam mengatur keuangan agar dapat ditabung meskipun sedikit. Biasanya kebutuhan yang paling penting adalah kebutuhan primer, oleh karena itu pastikan untuk memenuhi kebutuhan primer kamu terlebih dulu. Barulah setelah kebutuhan primer terpenuhi dengan baik, maka baru pikirkan yang lainnya.

7. Membawa Uang Pas Saat Belanja
Banyak orang yang seringkali terlalu boros dalam pengeluarannya karena membeli sesuatu yang sebelumnya tidak direncanakan. Oleh karena itu pada saat ingin belanja, kamu bisa coba untuk membawa uang pas sesuai dengan perkiraan harga barang yang ingin dibeli tersebut. Selain itu bisa juga untuk meninggalkan kartu ATM di rumah, dengan demikian tidak mudah untuk mengeluarkan biaya lagi. Pada awalnya memang terasa sangat merepotkan, namun akan terbiasa jika sudah direncanakan dengan baik. Karena hal ini juga merupakan tips bisa nabung yang dirasa cukup efektif.

Baca juga: Tips Anti Galau Meski Gaji Pas-Pasan

8. Memisahkan Rekening Tabungan Dan Operasional
Dapat juga kamu coba membuka rekening khusus untuk tabungan, dimana memisahkan rekening operasional dan tabungan. Sehingga nantinya dapat mengetahui jumlah dan yang dapat digunakan di dalam satu bulan. Dengan demikian tidak akan ada alasan untuk mengganggu uang tabungan jika ada kebutuhan. Cara tips bisa nabung yang ini adalah dengan segera melakukan transfer saat itu juga setelah gajian ke rekening tabungan. Selain itu tidak membawa kartu ATM maupun buku tabungan kemana – mana. Tujuannya adalah agar mencegah niat kamu jika ingin menggunakannya.

Soo UrbanGen, yuk diterapkan tips-tips diatas. Lebih cermat dalam menggunakan gaji kamu supaya di masa depan kamu memiliki tabungan dan investasi yang dapat membuat hidupmu lebih sejahtera.

Buat kamu yang masih sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan, yuk buat dan lengkapi profil kamu di Urbanhire. Intip juga sekarang berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba. Yang sudah punya akun di urbanhire, jangan lupa untuk lengkapi profilmu, agar lebih banyak lagi peluang untuk di lirik oleh perusahaan-perusahaan yang sedang mencari pekerja.