Urbanhire Jobseeker

Bekerja dari Rumah Ini Tips Buat Kamu Untuk “Stay on Track”

18

Mar 2020

Blog

Urbanhire – Dampak mewabahnya virus corona membuat banyak perusahaan melakukan langkah Work From Home. Tapi WFH itu tidak semudah yang dibayangkan loh UrbanGen. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan siapkan sebelum kamu memulainya. 

Nah ini beberapa tips untuk kamu yang akan melakukan WFH, yang bisa kamu siapkan terlebih dahulu:

1. Susun agenda untuk harimu

 Meskipun kamu bekerja di rumah, kamu perlu menetapkan jam kerja tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan pekerjaanmu tidak menumpuk. Pastikan kamu disiplin dalam menjalani agenda kerja yang sudah kamu buat.

2. Mulailah harimu dengan benar

Atur alarm kamu untuk waktu yang sama seperti biasanya kamu bangun untuk bekerja ke kantor, membuat sarapan yang enak, dan atur semuanya agar membuat kamu nyaman untuk bekerja di rumah. Dengan memulai hari dengan benar, akan menghasilkan perasaan produktif dan siap bekerja. 

Baca juga: Tetap “Kerja” saat Bekerja dari Rumah

3. Rutin berolahraga

Cobalah melakukan olahraga ringan seperti jogging di daerah sekitar tempat tinggalmu atau bisa juga kamu melakukan olahraga ringan di dalam rumah untuk meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan serta kesegaran tubuhmu. Apalagi di saat mewabahnya virus corona, kamu perlu benar-benar memperhatikan kesehatanmu dan asupan gizi yang baik.

4. Ciptakan space atau ruang kerjamu sendiri

Ciptakan ruang kerja untuk kamu sendiri untuk jangka waktu tertentu sehingga kamu bebas gangguan dan bebas dari perasaan malas karena seperti sedang libur kerja. Dengan adanya ruang kerja, akan membuat kamu lebih fokus bekerja. 

Jika kamu  terbiasa dengan suasana kantor yang sibuk, kamu bisa memutar musik atau podcast untuk mengisi ruang kosong dan membantu kamu lebih fokus. 

Baca juga: 4 Keuntungan Bekerja Secara Remote, Mau Coba?

5. Jauhkan dirimu dari sumber gangguan!!

Jika kamu tipe orang yang sulit fokus, ada baiknya kamu jauhkan sumber-sumber yang membuat kamu gak fokus. Misalnya dengan logout dari jaringan media sosial favoritmu sehingga kamu tidak tergoda, simpan atau matikan peralatan elektronik kamu seperti televisi atau smartphone, dan jangan buka akun media sosial kamu di laptop yang kamu gunakan untuk bekerja.

6. Tetap berkomunikasi dengan rekan kerjamu

Kamu harus tetap berkomunikasi dengan rekan kerja kamu di kantor atau pun dengan klien kamu. Selain untuk memonitor pekerjaan, kamu bisa berdiskusi dengan teman kerjamu untuk menambah ide-ide baru, kamu juga bisa mengatur jam kerja yang produktif bersama rekan kerjamu di kantor. 

Nah demikian tips-tips yang dapat kamu lakukan dan siapkan saat WFH. Apakah kamu punya tips atau saran yang lain yang ingin kamu bagikan?

Ingat ya UrbanGen, dalam kondisi seperti sekarang ini, tetap jaga kesehatanmu, hindari dulu tempat-tempat umum atau ramai dan yang terpenting perhatikan kebersihan dan rajin-rajinlah mencuci tanganmu.

Untuk kamu yang sudah melamar dan sedang menunggu panggilan interview, daripada bingung #dirumahaja mau ngapain, kamu bisa update CV kamu dan lengkapi profil Urbanhire kamu. Kamu bisa juga menambah wawasan kamu dengan membaca tips-tips karir yang ada di blog Urbanhire. Tetap SEMANGAT yaaa UrbanGen and stay positif!!