Urbanhire Jobseeker

Bahagia di Kantor = Penting! Ini Tips Buat Kamu

16

Mar 2020

Blog

Urbanhire – Bahagia dan juga produktifitas tentu saja saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Lalu bagaimana dengan hari kamu di kantor? Apakah kamu sudah merasa bahagia di kantor dengan apa yang sudah kamu kerjakan? Sebenarnya mencintai pekerjaanmu bisa dibilang sama pentingnya dengan mencintai diri kamu sendiri. Untuk mencintai diri sendiri tentu saja kamu perlu untuk memperdulikan apa yang dirasakan. Jangan sampai kamu terlalu fokus untuk mengejar target sehingga lupa dengan kondisi sendiri. Menjadi suatu hal yang baik jika kamu dapat selalu fokus dengan pekerjaan kamu. Namun kamu juga perlu memahami jika kamu bukan robot yang bekerja tanpa perasaan.

Lantas bagaimana cara untuk dapat bekerja secara profesional namun tidak mengabaikan kebahagiaan sendiri? Tak perlu bingung ataupun khawatir, karena berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan di kantor:

1. Menghargai Diri Sendiri
Menghargai diri sendiri dapat membuat kamu merasa lebih bahagia di kantor. Namun terkadang terdapat beberapa masalah yang dapat membuat seseorang merasa sangat kecil. Selain itu juga lupa dengan pencapaian lain yang sudah pernah dicapainya. Pada akhirnya menjadi kehilangan semangat untuk berprestasi kembali. Kamu dapat mencoba untuk melihat kembali hasil kerja yang sudah berjalan sampai dengan sekarang ini.

Hal tersebut pertanda jika kamu memiliki kemampuan dan juga dapat mengeksekusi tugas yang sudah didelegasikan secara tuntas. Setelah itu persiapkan diri untuk pola kerja dan juga ide yang lebih fresh agar nantinya dapat mencapai prestasi baru dengan tujuan poin baru di resume karir kamu. Menyadari kemampuan diri sendiri tentunya akan membuat kamu merasa bahagia jika terwujud di dalam bentuk kontribusi di tempat kerja.

Baca juga: 4 Alasan Mendengarkan Musik Saat Bekerja

2. Berjalan di Bawah Sinar Matahari Pagi
Untuk para pekerja kantoran bertemu dengan matahari dapat dibilang hampir jarang terjadi. Karena di saat berangkat mungkin saja sekedar 5 sampai 10 menit saja dapat menikmati cahaya matahari langsung karena harus melanjutkan perjalanan kamu dengan kendaraan. Sedangkan di saat pulang kantor, nantinya matahari sudah terbenam.

Pada dasarnya kesempatan berjalan di bawah sinar matahari pagi dapat membuat kamu merasa lebih bahagia. Oleh karena itu untuk kamu yang lokasi kerjanya cukup dekat, maka bisa menggunakan kendaraan umum, sehingga bisa merasakan sinar matahari pagi.

3. Jam Tidur yang Cukup
Apakah kamu pernah mengalami mood yang buruk karena kurang tidur? Memang terdapat banyak alasan yang dapat membuat kamu menjadi susah tidur di malam hari. Dan hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kondisi kamu pada pagi harinya. Dalam artian sesampainya di kantor suatu hal yang tidak perlu diributkan bisa menjadi alasan yang membuat kamu menjadi emosi.

Bahkan terdapat fakta jika pekerja yang memiliki jam tidur cukup akan jauh lebih bahagia di kantor, kemudian mempunyai daya tahan tubuh yang baik dan lebih mudah fokus untuk bekerja. Sleain itu kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli concealer untuk menutupi kantong mata.

Baca juga: Apa yang harus Dilakukan Ketika Kamu Benci Pekerjaanmu?

4. Olahraga Cukup
Ada banyak sekali anggapan jika dunia kerja dapat membuat orang menjadi lupa untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut memang ada benarnya, padahal kondisi dari badan yang segar dan sehat tentu dari rajin berolahraga akan menjadi sumber kebahagiaan setiap harinya. Sebenarnya kamu tidak harus mengeluarkan budget yang besar atau khusus untuk langganan di gym center.

Kamu bisa memanfaatkan video tutorial di Youtube dan juga mempersiapkan alat bantu sederhana untuk melakukannya. Misalnya saja matras dan juga dumbell untuk melakukan olahraga sebelum ataupun setelah pulang kerja. Tubuh kamu nantinya akan jauh lebih segar dan juga siap untuk produktif di kantor yang berarti pekerjaan tersebut dapat selesai dan juga tidak perlu dibawa pulang ke rumah. Kamu juga akan lebih bahagia dengan jam kerja yang jauh lebih efektif.

5. Menyiapkan Makanan yang Meningkatkan Mood
Ngemil pada saat jam kerja mungkin saja dilarang di beberapa perusahaan. Namun jika kantor kau tidak masalah akan hal tersebut, kamu dapat mencoba untuk memanfaatkannya dengan baik. Makanan yang dapat membuat kamu menjadi bahagia di kantor adalah makanan yang menganduk zat magnesium, sehingga tidak selalu junk food saja.

Makanan yang mengandung zat magnesium nantinya akan membantu untuk memperbanyak serotonin yang dapat memicu rasa bahagia. Kamu dapat menemukan magnesium tersebut pada beberapa jenis kacang seperti cashew, almond, edamame atau sayuran bayam. Kemudian makanan yang mengandung kalsium, kemudian vitamin D, omega 3 dan folat juga sangat bagus untuk kamu konsumsi karena dapat membantu untuk mengaktifkan berbagai hormon yang dapat memicu rasa bahagia.

Baca juga: Kenapa Harus Belajar Untuk Berkata “Enggak” Dalam Dunia Kerja

6. Banyak Konsumsi Air Putih
Rajin minum air putih juga dapat kamu lakukan untuk membuatmu lebih bahagia, mungkin saja terdengar aneh jika rajin menkonsumsi air putih dapat membantu kamu menjadi lebih bahagia. Namun hal tersebut memang benar adanya, karena H20 sangat dibutuhkan tubuh untuk berbagai macam fungsi. Misalnya mengatur suhu tubuh, kemudian sebagai pelumas sendi – sendi dan menjaga keseimbangan tubuh.

Jika kamu menkonsumsi air putih sepanjang hari, kebutuhan cairan dan fungsi tubuh juga akan bekerja dengan semestinya. Hal tersebut akan menghindarkan kamu dari kurang fokus serta dehidrasi. Sehingga kamu juga tidak mudah terserang penyakit. Bekerja dengan tubuh yang sehat tentu saja akan lebih terasa bahagia bukan?

Demikian beberapa cara untuk dapat bahagia di kantor yang bisa kamu lakukan. Dengan demikian tentu saja kamu nantinya bisa lebih fokus untuk bekerja dan memberikan hasil yang jauh lebih maksimal. Jadi kesehatan kamu terjaga, kamu akan merasa lebih bahagia dan pekerjaan selesai dengan maksimal.

Ingin mencari pekerjaan baru yang lebih menyenangkan, yuk cek sekarang di Urbanhire. Banyak lowongan-lowongan kerja menunggu kamu.