Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Menjadi Seorang Job Seeker Yang Percaya Diri, dan Keuntungannya

15

Apr 2019

Jobseekers-Bagaimana-Menjadi-Jobseeker-yang-Percaya-Diri-dan-Keuntungannya No Tags

Urbanhire – Setelah masa pendidikan selesai, setiap orang pastinya akan langsung mencari pekerjaan. Banyak perjuangan yang dilakukan, mengirim lamaran pekerjaan sebanyak mungkin ke setiap tempat. Tidak hanya melamar pada posisi sesuai lulusan pendidikan tapi juga mencoba berbagai posisi yang memberikan peluang. Tapi kendalanya tetap saja harus menunggu dan bahkan tidak lolos menuju tahap selanjutnya. Kesalahan seorang pencari kerja yang banyak terjadi adalah tidak belajar dari kegagalan pertama. Dan kesalahan besarnya yaitu belum mampu menjadi seorang confident job seeker.

Kepercayaan diri bagi seorang pencari kerja sangat dibutuhkan. Karena perusahaan akan menilai seperti apa pribadi kamu dan juga apakah mampu mengemban tanggung jawab yang diberikan. Pencari kerja yang percaya diri akan menemukan pekerjaan lebih cepat dan dapat menghasilkan uang lebih banyak. Menjadi mudah melalui setiap proses penilaian dari mulai test tulis sampai wawancara. Karena proses ini membutuhkan teknik yang tepat dengan keyakinan pada diri kamu. Selain dapat diterima dengan cepat juga kamu akan memiliki banyak keuntungan jika menjadi seorang confident job seeker.

Dunia kerja menjadi ranah baru yang belum banyak dikuasai para lulusan baru. Termasuk saat melewati perjalanan panjang mencari pekerjaan. Sehingga banyak orang yang terhambat mendapatkan kerja dan membuang waktu lebih banyak. Kamu yang masih awam dalam melalui proses ini mulailah berbenah diri. Menghapus konsep hidup anak sekolah menjadi sosok yang dewasa dalam mengambil peranan hidup. Membangun kepercayaan diri yang besar agar mudah menemukan banyak kesempatan. Juga tidak menyerah terhadap kegagalan yang di alami.

Baca juga : 5 Sumber yang Harus Kamu Cek untuk Mendapatkan Pekerjaan

Sebagai gambarannya, perhatikan ciri-ciri seorang confident job seeker berikut :

– Menguasai teknik komunikasi

Komunikasi menjadi jalan utama untuk terhubung dengan banyak orang. Termasuk jika kamu akan melamar pekerjaan. Teknik komunikasi di sini yaitu kamu mampu menempatkan cara bicara sesuai dengan orang yang diajak komunikasi. Gunakan bahasa formal ketika kamu sedang melamar pekerjaan. Hal ini akan terlihat ketika masuk ke sesi wawancara kerja. Berlatihlah untuk berbicara dengan bahasa baku namun tidak melepaskan karakter kamu. Apalagi jika kamu memilih bidang pemasaran yang harus memiliki skill public speaking yang benar.

– Siap menjadi pemimpin

Menjadi pemimpin membutuhkan tanggungjawab yang besar. Dan kamu akan menemukan kondisi dimana harus berada di posisi ini. Baik pemimpin untuk diri sendiri maupun pemimpin pada bidang pekerjaan yang kamu ambil. Menjadi pemimpin di sini yaitu kamu harus berani mengambil keputusan, menyuarakan pendapat dan mengatur pekerjaan. Karena menjadi pemimpin untuk diri sendiri menjadi nilai awal untuk kamu sukses dalam dunia kerja. Mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri, percaya terhadap kemampuan diri dan memiliki kemampuan di bidang manajerial yang tepat.

– Siap mempelajari hal-hal baru

Ciri seorang confident job seeker yaitu mampu mendatangkan peluang besar melalui hal-hal baru yang ada dalam hidupnya. Kamu memang memiliki latar belakang pendidikan tertentu tapi bukan berarti kamu hanya diam pada pemahaman itu saja. Mulai membuka diri dan pelajari banyak hal terkait apapun yang bisa menambah kemampuan keilmuan ataupun meningkatkan pribadi yang lebih unggul. Dengan begitu kamu akan siap menghadapi dunia kerja.

Baca juga : 7 Tips Karir Sukses Untuk Wanita

Bagaimana menjadi seorang confident job seeker?

Jika anda sudah mengetahui ciri-ciri seorang confident job seeker mulailah untuk mengkoreksi diri sendiri. Dengan begitu kamu bisa lebih maju untuk meningkatkan kualitas diri menjadi seorang pencari kerja. Dan sekarang bagaimana menjadi seorang pencari kerja yang percaya diri?

– Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri

Banyak orang yang masih belum mengetahui apa kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Bahkan tak sedikit yang lebih tahu kelebihannya dan tidak memperhatikan kekurangannya. Padahal masih banyak kekurangan yang tidak diperhatikan yang sebenarnya menghambat jalan hidup. Mengetahui kelebihan dan kekuarang sendiri akan membantu kamu memilah dan memilih apa yang harus diperbaiki dan dikembangkan dalam diri kamu.

– Percaya terhadap kemampuan diri sendiri

Jika kamu sudah tahu apa kelebihan dan kekurangan diri maka akan timbul kepercayaan terhadap diri sendiri. Yaitu menjamin bahwa diri ini memiliki kemampuan luar biasa yang harus ditunjukan pada orang lain agar dapat bermanfaat, dengan begitu kamu akan menjadi seorang confident job seeker yang memiliki keyakinan dan kemampuan dalam menjalankan segala sesuatu.

– Banyak mengikuti pelatihan untuk menambah skill

Untuk menjadi seorang confident job seeker kamu harus menambah skill untuk mengembangkan diri. Belajar mengikuti pelatihan di bidang apapun untuk menambah keilmuan. Atau mengikuti pelatihan pengembangan karakter agar muncul nilai kepemimpinan dalam diri kamu. Pelatihan ini harus dilakukan baik sebelum mendapat pekerjaan maupun setelah kamu bekerja.

– Selalu siap dalam situasi dan posisi apapun

Dan terakhir ketika kamu tahu kelebihan dan kekurangan diri, percaya pada kemampuan dan selalu mengikuti banyak pelatihan maka kamu akan siap pada situasi dan kondisi apapun. Ketika perusahaan tahu akan kepribadian dan skill kamu, bisa saja mereka memberikan posisi yang berbeda dari apa yang kamu lamar. Maka kamu harus mampu menerima tanggung jawab ini.

Baca juga : Cari Kerja Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Saat mencari kerja akan banyak persaingan yang pasti akan kamu rasakan. Dan di sini dibutuhkan kekuatan besar pada diri sendiri. Kepercayaan diri menjadi inti dari siapnya kamu untuk bersaing dan mengalahkan para pencari kerja yang lain. Jadi jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar agar menjadi seorang confident job seeker. Sehingga mampu berada pada posisi pertama dalam memperoleh kepercayaan perusahaan untuk menjalankan tanggungjawab pekerjaan.

Yuk bangun karirmu dari sekarang dengan mengikuti tips di atas! Tidak ada alasan bagi job seeker untuk tidak percaya diri dalam mencari dan melamar pekerjaan. Masa depanmu ada di tanganmu! Ada ribuan lowongan terbuka untuk kamu lamar! Buat akun Urbanhire sekarang dan lengkapi profilmu agar perusahaan yang kamu lamar dapat dengan mudah menemukan profilmu!

Previous post