Urbanhire Jobseeker

Bagaimana Cara Menghadapi Penolakan Setelah Interview

31

Jul 2019

Bagaimana-Cara-Menghadapi-Penolakan-Kerja-Cover-Blog Blog

Urbanhire – Mendapati dirimu ditolak saat melamar pekerjaan tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Pengalaman tersebut bisa membuat semangat mu turun dan bahkan depresi jika terjadi terus menerus. Hal ini bisa membuat motivasimu mendapatkan pekerjaan baru menurun dan untuk beberapa orang, takut untuk mencoba lagi. Lantas, bagaimanna cara menghadapi penolakan pekerjaan dengan baik? Jangan khawatir. Dibawah ini kami rangkum cara menghadapi job rejection dengan baik tanpa menurunkan semangatmu!

  1. Refleksi diri

Selalu ada alasan mengapa seseorang belum bisa mendapatkan pekerjaan baru. Entah itu dari faktor keberuntungan, kemampuan, ataupun penampilan dan kepercayaan diri kamu saat menjalankan interview. Selayaknya manusia biasa, melakukan kesalahan pada saat interview itu wajar jadi jangan berkecil hati.

Alih-alih menyalahkan diri atas kesalahan tersebut, coba telaah lagi pengalaman interview kerja yang sudah kamu lakukan. Apa ada poin yang kurang dimata pewawancara? Apa kamu berbicara terlalu cepat? Terlihat kurang percaya diri atau tampil tidak rapi untuk wawancara? Buatlah list kesalahan tersebut disebuah catatan kecil lalu perbaiki dengan banyak berlatih.

  1. Stay positive

Job rejection mungkin akan membuat mu down dan kesal. Bahkan mungkin untuk beberapa kasus tertentu yang kebetulan pewawancaranya agak sedikit tegas saat memberimu penolakan, kamu akan merasa dunia seakan-seakan menyudutkan mu, membuatmu ingin menyalahkan ini itu. Sesungguhnya hal tersebut hanya akan merugikan mu.

Bersikap tidak baik atau membicarakan pewawancara atau perusahaan tertentu secara negatif hanya akan mempersempit kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Mendapatkan undangan untuk interview saja sebenarnya sudah menjadi tanda bahwa perusahaan melihat potensi dari CV yang kamu kirim. Jadi alih-alih merasa negatif dengan penolakan tersebut, berpikir positiflah. Setidaknya kamu bisa melakukan networking dengan calon pekerja lainnya dan memiliki pengalaman yang bermakna.

Baca juga : Ditolak Setelah Interview? Kamu Pasti Bertanya-tanya Hal Ini

  1. Jangan menyerah

Penolakan terkadang membuat kita merasa worthless dan ingin menyerah tetapi percayalah bahwa penolakan pekerjaan yang terjadi padamu bukanlah tanda bahwa kamu harus menyerah. Hadapi penolakan tersebut dengan positif dan carilah lagi lowongan pekerjaan lain yang sekiranya sesuai dengan minat dan bakatmu atau kalau tidak, bisa kamu pelajari. Terkadang apa yang kita pelajari tidak mereflesikan profesi kita sepenuhnya maka dari jangan pernah takut untuk mencoba hal baru.

  1. Hadapi dengan kerja keras

Ditolak lagi dalam wawancara kerja? Jangan khawatir, kesuksesan masih menunggumu. Alih-alih menghabiskan waktu mu bersedih kembalikan fokus dirimu untuk memperbaiki CV, Surat Lamaran dan mungkin sambil mengisi waktu, latihlah kemampuan tes akademik mu. Beberapa pekerjaan memang tidak hanya fokus pada interview kerja melainkan juga tes tertulis yang biasanya mengharuskanmu mengisi soal-soal yang terdiri dari hitungan, bahasa dan pengetahuan umum. Latihlah lagi kemampuan public speaking mu beserta tes tertulis agar dikesempatan selanjutnya kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu dambakan.

  1. Sedih? Tanda kamu butuh istirahat sejenak

Jika penolakanmu terjadi berkali-kali kamu mungkin akan merasa penat dan emosional. Situasi seperti itu sejujurnya tidak baik jika dipaksakan terus menerus untuk mencari kerja. Tenangkanlah dirimu sejenak. Bisa satu minggu atau satu bulan agar kondisi jasmani dan rohanimu siap untuk bertempur dilain waktu.

Kebanyakan anak muda biasanya terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan tanpa melihat konsekuensinya yang dapat berakibat fatal. Maka dari itu sabar, berdoa dan istirahat yang cukup merupakan obat mujarab bagi hati yang sedih.

Baca jugaKetika Tawaran Kerja Tidak Sesuai Ekspektasi

  1. Jangan terlalu serius

Bekerja itu penting tapi bukan berarti job rejection dapat mengakhiri duniamu. Selalu ingat bahwa suatu kegagalan merupakan awal dari suatu kesuksesan. Maka dari itu jangan terlalu serius memikirkan kegagalan mu dan fokuskan dirimu ke hal yang lebih positif. Seperti mencari lowongan kerja lain, menjaga kesehatanmu untuk tetap fit saat job-hunting dan hal-hal lainya yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dirimu lebih baik dan matang dikemudian hari.

  1. Banyak berdoa

Hal yang biasanya dianggap sepela tapi nyatanya penting dalam menguatkan diri kita secara spiritual. Dengan berdoa kamu bisa menenangkan pikiran, hati juga memusnahkan rasa benci, iri, sedih, keputusasaan maupun perasaan negatif lainya yang mungkin menumpuk ketika kamu mengalami penolakan. Dekatkanlah dirimu dengan Tuhan dan ceritakanlah semua kesedihanmu. Niscaya, Tuhan akan menolongmu dan memberikan mu jalan yang terbaik untuk menghadapi semua kesulitan ini.

  1. Lakukan hobi kesukaanmu

Alihkan perasaan sedihmu dengan melakukan apa yang kamu suka. Mau itu menyanyi, menari, makan direstoran favoritmu atau menonton film yang sedang hits bisa membantu meringankan beban pikiran yang sedang kamu jalani. Bersantailah dan nikmatilah hari-harimu dengan kegiatan positif agar kamu selalu bersemangat dalam menjalani hari-harimu yang lain.

Baca juga : 5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Interview!

  1. Latihan

Kalau sudah mereview hasil wawancara sebelumnya, sudah waktunya kamu mempraktekkan apa yang seharusnya kamu tingkatkan dalam sebuah wawancara. Banyaklah berlatih dengan menonton video wawancara yang baik dan benar atau cukup berlatih menjawab pertanyaan wawancara didepan cermin. Selalu jaga kontak mata maupun senyuman ketika menjawab termasuk menyiapkan diri dengan pakaian rapi agar first impression yang kamu berikan kepada pewawancara merupakan impression yang baik.

Nah itu dia hal-hal yang dapat kamu lakukan saat menghadapi penolakan kerja. Selalu ingat bahwa penolakan bukan berarti suatu kegagalan, penolakan melainkan sebuah kesuksesan yang tertunda. Maka dari itu jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha dan seperti kutipan pepatah bahasa Inggris, “Your efforts won’t betray you”, usahamu tak kan pernah menghianati mu!

Kalau kamu masih mencari karir impian kamu, cari saja di Urbanhire. Kamu bisa mencari ribuan lowongan dalam sekali klik. Lebih mudah bukan? Buat akunmu sekarang dan dapatkan pekerjaan impianmu!