Banyak sekali tantangan ketika kamu mempelajari sebuah Bahasa, tapi tidak ada yang lebih merugikan daripada ketidakpercayaan dirimu sendiri. Jika keraguan terus menghambat kemampuanmu untuk berkembang, perjalananmu untuk bisa Bahasa Inggris akan semakin membuat frustasi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu meningkatkan kepercayaan dirik ketika berbicara Bahasa Inggris:

1. Dengar dan Ulangi

Kita semua memiliki film, acara televisi, bahkan saluran Youtube favorit. Daripada hanya menonton dengan diam, dengarkan apa yang karakter atau pembawa acara katakan lalu ulangi dialog yang kamu anggap menarik. Teruskan, berhenti sejenak, putar ulang, dan dengarkan percakapan mereka berulang kali jika diperlukan. Lebih baik lagi jika kamu mengaktifkan pengaturan subtitle bahasa Inggris sehingga kamu bisa mengidentifikasi setiap kata. Ini adalah cara paling mengasyikan untuk mempraktikan kemampuan mendengar dan berbicaramu dengan menggunakan material yang menyenangkan dan menghibur.

2. Cari teman berlatih

Praktik seorang diri memang tidak mudah, apalagi ketika kamu ingin mengembangkan kemampuan berbicaramu dalam bahasa Inggris. Cari teman yang memiliki tujuan sama, yaitu mereka yang ingin bicara lebih percaya diri dalam bahasa Inggris. Implementasikan peraturan “English Only” ketika sedang hang out bersama, dimana setiap orang harus bicara dalam bahasa Inggris dalam satu atau dua jam.  Dengan memiliki teman yang mendukung, kamu akan lebih merasa nyaman untuk berbicara bahasa Inggris tanpa disertai rasa tidak percaya diri.

3. Membaca dengan Keras

Baik itu membaca novel atau buku non-fiksi, alokasikan 30 menit waktumu setiap hari untuk membaca, dan 30 menit lainnya untuk membacanya dengan keras. Ini adalah cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan membacamu sekaligus mempraktikan pelafalan dalam Bahasa Inggris, baik itu intonasi berbagai kata maupun panjang kalimat. Jika kamu tidak yakin bagaimana mengucapkan kata tertentu, kamu bisa mencari tahu dari kamus, Google, atau Youtube. Jangan terlalu fokus kepada setiap detail kata yang kamu tidak mengerti. Poin utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan dirimu ketika berbicara dan membaca dengan keras akan membiasakan dirimu berlatih pelafalan di rumah.

4. Jangan takut membuat kesalahan

Ingat: tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Jika kamu menemukan dirimu kesusahan untuk mengucapkan kalimat Bahasa Inggris yang Panjang dan sulit, berhenti sejenak dan beri waktu beberapa detik untuk bernapas, lalu lanjut lagi berbicara. Kenyataan bahwa kamu berkomunikasi dengan Bahasa yang bukan Bahasa ibumu sudah menjadi alasan yang cukup untuk bangga akan pencapaianmu.

Sama seperti dengan tugas berat lainnya, kunci untuk berbicara Bahasa Inggris dengan percaya diri adalah praktik, praktik, dan lebih banyak praktik. Konsisten dengan perjalanan Bahasa Inggrismu dan selalu alokasikan waktu setiap hari untuk berbahasa Inggris!

——————————————————————————————————————————————-

Artikel ini hasil kerjasama Urbanhire dengan British Council Indonesia Foundation, untuk kamu yang ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai tips berbahasa Inggris, klik disini.

Setelah merasa percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris, saatnya kamu mencari pekerjaan impian yang kamu inginkan di Urbanhire dan jangan lupa untuk update profil Urbanhire kamu agar perusahaan mengetahui kemampuan kamu secara lengkap terutama dalam berbahasa Inggris.