Ayo-Semangat-Kerja-Lagi-02

Urbanhire – Kita semua pasti suka dan selalu menunggu-nunggu masa liburan. Bagaimana tidak? setelah setiap hari bekerja keras mencari nafkah, melewati berbagai macam rintangan dalam pekerjaan akan membuat liburan sangat berarti untuk melepas penat dalam pikiran. Jadi, tak heran banyak orang ingin menghabiskan masa liburannya dengan bersantai-santai dirumah dan beristirahat panjang, pergi ke daerah yang tenang, sunyi dan sejuk, atau juga pergi ke tempat wisata terdekat. Pokoknya masa liburan ialah masa yang paling ditunggu-tunggu dan spesial bagi karyawan!

Namun, setelah masa liburan berakhir, rutinitas kembali harus kita jalani. Kita harus kembali bekerja setelah libur yang cukup panjang. Rasa liburan yang mengasyikan masih terngiang di ingatan dan sulit dilupakan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Hal ini mungkin banyak dirasakan khususnya bagi kaum muda yang baru memasuki tahun kerja pertama. Dampak penurunan semangat kerja ini sendiri dapat menjadi masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, di bawah ini kami memiliki tips-tips agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan.

  1. Membuat list kenapa pekerjaanmu menyenangkan

Liburan mungkin lebih menyenangkan dibandingkan pekerjaan mu, tetapi jika kamu menyukai pekerjaan yang kamu lakukan, semua halangan dan tantangan yang ada akan terasa lebih menyenangkan. Jika memang sulit, buatlah sebuah list pada memo kecil tentang alasan kenapa pekerjaanmu menyenangkan. Tempelkanlah pada meja kerja, laptop atau area tempat kerja lainya yang bisa kamu lihat kapanpun ketika kamu perlu memotivasi dirimu untuk menjadi lebih baik. Maka lambat laun semangat kerjamu akan kembali berkobar!

  1. Buat Jadwal Hari Kerja Pertama

Sebelum masuk kerja buatlah catatan jadwal tentang hal-hal yang akan kamu kerjakan di hari atau minggu pertama kamu mulai bekerja. Siapkan hal-hal yang sekiranya dibutuhkan agar saat proses pengerjaan pekerjaanmu akan lebih lancer dan tepat waktu. Dan jika kita bicara tentang waktu itu artinya kamu bisa memiliki waktu istirahat yang lebih jika kamu mengerjakan semua pekerjaanmu tanpa halangan dan hal ini bisa memberimu waktu relaksasi sekaligus memicu tujuan dan semangat kerja yang jelas!

Baca juga: 7 Cara Balikin Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

  1. Datang Lebih Pagi

Setelah liburan yang cukup lama kamu mungkin akan terbiasa dengan jadwal bangun yang tidak teratur, tetapi jika sudah memasuki waktu bekerja, kamu harus meninggalkan kebiasaan ini. paksakan dirimu untuk bangun lebih bagi dengan memasang alarm. Jangan lupa untuk menyantap sarapan dan mempersiapkan diri agar kamu tidak keteteran saat kembali bekerja.

  1. Mulai Bekerja Dengan Perlahan

Karena liburan telah usai pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk kamu selesaikan. Tapi tenang saja, janngan kaget dan panik karena ini adalah hal yang wajar.  Tarik nafas dalam-dalam dan lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan mengerjakannya secara terburu-buru karena mood dan pikiran kamu masih belum sepenuhnya fokus dan konsentrasimu mungkin masih belum maksimal pada pekerjaan itu. Bisa jadi jika kamu mengerjakan terlalu terburu-buru, kamu malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan kamu karena banyak yang harus diperbaiki. Lebih baik lamban dan teliti tapi pasti dibandingkan terburu-buru tapi revisi.

  1. Atur Waktu Dengan Bijaksana

Banyak pekerjaan menumpuk yang mengharuskan mu lembur? Jangan mau lakukan ini. Lembur berlebih bisa membuat hal-hal baik yang kamu bangun selama liburan kemarin hancur berantakan. Kerjakan saja pekerjaanmu semaksimal mungkin dijam kerja yang sudah ditentukan, selalu luangkan waktu untuk keluarga dan waktu pribadimu sendiri seusai bekerja. Gunakanlah waktumu sebaik mungkin agar kamu bisa fokus bekerja dan sehat secara fisik dan jasmani.

Baca juga: 5 Cara Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

  1. Minta Bantuan Jika Perlu

Jika kamu merasa tertinggal atau kurang bisa fokus pada pekerjaan mu saat ini jangan pernah merasa malu untuk meminta bantuan dalam menyelesaikan. Meminta tolong bukan berarti kamu tidak mampu dalam melakukan pekerjaan yang sudah ditugaskan, melainkan kamu hanya belum siap saja melakukanya sekarang, atau secara mental dan mood kamu sedikit keberatan. Jadi daripada memperlambat laju penyelesaian pekerjaan, mintalah saran atau bantuan jika diperlukan.

  1. Jangan Terbawa Teman

Liburan yang panjang dapat membuat semua orang merubah kebiasaan maupun sikap seseorang. Mungkin beberapa orang yang tadinya rajin bisa menjadi malas. Nah hal ini bisa terjadi pada temanmu dan mungkin juga dapat mempengaruhi laju rutinitas mu maka dari itu jangan biarkan mereka mempengaruhi mu. Alih-alih terpengaruh, gunakan energy positif mu untuk membuat mereka lebih semangat bekerja.

  1. Langsung Fokus Bekerja

Paling penting dan hal utama yang harus kamu lakukan ketika kamu kembali bekerja adalah memfokuskan dirimu lagi ke rutinitas awal. Lupakan kesenangan saat liburan sejenak dan kembalikan semangat bekerja mu dengan mereview pekerjaan yang harus kamu lakukan dan berdiskusi kembali dengan rekan-rekan kerja mu.

  1. Menabung

Nah karena sekarang kamu kembali bekerja dan karena kamu sudah menghabiskan uang di masa liburanmu kemarin, kamu harus mulai memprioritaskan keuanganmu lagi untuk hidup dan merencanakan liburan selanjutnya. Pemikiran seperti ini bisa memacu semangat untuk kembali bekerja dengan giat dan keinginan untuk menabung. Oleh karena itu, bekerja keraslah dan tabunglah hasil kerja payahmu supaya kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk liburan nanti.

Nah itu dia tips-tips agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan. Liburan mungkin akan membuat kita sedikit malas untuk kembali bekerja setelah libur yang cukup panjang, tetapi jika kamu menyikapinya dengan positif dan penuh semangat, maka liburan yang akan kamu dapatkan selanjutkan akan terasa lebih bermakna dan menyenangkan. Jangan patah semangat dan selalu berikan yang terbaik!

Setelah semangat kerja sudah kembali, kamu siap menyambut rutinitas dan menggapai impian kamu. Jika kamu merasa perlu berganti pekerjaan setelah liburan, saatnya kamu update profil kamu di Urbanhire dan mencari pekerjaan di Urbanhire.