Kalau semua perusahaan membutuhkan karyawan dengan pengalaman kerja, lalu bagaimana nasib fresh graduates yang tidak memiliki pengalaman kerja?

Pertanyaan #AskUrbanhire berikut ini datang dari Syahraeni seputar dilema fresh graduates yang sedang bingung dalam melamar pekerjaan.

Apakah semua perusahaan/pekerjaan membutuhkan karyawan yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya? Lantas bagaimana nasib fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali!?

Dear Syahraeni,

Tingkat pengalaman yang dibutuhkan perusahaan tergantung dari posisi yang sedang dibutuhkan. Tidak semua posisi membutuhkan pengalaman kerja, terlebih untuk posisi entry-level atau Management Trainee (MT). Untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja penuh waktu, jangan mudah menyerah. Kamu bisa menuliskan pengalaman berorganisasi kamu atau pekerjaan magang kamu di CV loh. Hal ini akan menjadi nilai tambah kamu dibandingan aplikan-aplikan lain.

Baca juga:  Resume Bagus Merupakan Langkah Awal Sukses Interview

Saat kamu membaca bahwa perusahaan tersebut membutuhkan pengalaman kerja sekian tahun yang kamu tidak miliki, jangan mundur dulu! Apabila kamu yakin kamu bisa melakukan yang terbaik sesuai dengan deskripsi posisi itu dan kamu mempunyai pengalaman yang relevan dicoba saja dahulu. Kalau sudah dipanggil interview, tugasmu adalah meyakinkan perusahaan bahwa you got what it takes!   Be confident, but not over-confident, ya.

Baca juga:  5 tips for your next interview

Bangun karirmu dengan Urbanhire, jangan lupa untuk terus update profilmu di Urbanhire ya dan baca di sini untuk tips-tips karir yang lain. Ada pertanyaan seputar dunia kerja? AskUrbanhire aja! Kami tunggu pertanyaan kamu!

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!