#AskUrbanhire: Cara Mempromosikan Diri di Interview

Kamu sudah dipanggil untuk interview? Selamat ya! Tapi ada satu pertanyaan yang kerap ditanyakan pada saat interview, tapi masih juga banyak yang tidak tahu bagaimana cara menjawabnya. #AskUrbanhire kali ini akan membahas tentang hal ini.

Bagaimana cara yang tepat mempromosikan diri pada perusahaan yang kita lamar apabila di suruh untuk promosikan diri kita. Thanks.

Orang Indonesia memang terkenal dengan keramahan dan kerendah-hatiannya. Namun jangan sampai sifat positif ini merugikan kamu pada saat interview. Resume yang gemilang hanya akan membuatmu mendapatkan kesempatan untuk interview dengan HR Perusahaan. Inilah saatnya kamu ‘menjual diri’ kamu sebagai talenta yang cemerlang!

Jadi, bagaimana caranya mempromosikan diri kita pada saat interview?

Tentunya sebelum interview kamu harus melakukan research tentang perusahaan tersebut dan juga posisi yang kamu lamar agar jawaban-jawaban kamu bisa tepat sasaran.

  1. Mulai dengan membicarakan riwayat kerjamu

Kamu bisa mulai dengan riwayat pekerjaanmu. ‘cerita’ ini harus sejalan dengan apa yang ada di resume kamu. Jangan ragu untuk bercerita lebih detil mengenai pencapaian-pencapaianmu. Ceritakan background permasalahan, solusi yang kamu berikan dan hasil sukses dari solusi yang kamu tawarkan tersebut. Enggak salah kok untuk menceritakan pencapaianmu yang membanggakan. Bangga bukan berarti sombong kan. 🙂

  1. Jadikan dirimu bagian dari solusi

Posisi yang kamu lamar tentunya dibutuhkan perusahaan tersebut untuk membantu tujuan dari perusahaan. Kadang-kadang, permasalahan yang sedang dihadapai Perusahaan tersirat dalam Job Description. Tunjukkan bahwa kamu mengerti permasalahan yang sedang dipecahkan oleh Perusahaan dan kamu dapat menjadi bagian dari solusi dari masalah ini.

  1. Be confident and be authentic!

Tentunya kesemuanya ini akan tampak kurang meyakinkan apabila kamu sangat gugup sehingga tidak dapat bercerita dengan baik. Be confident! Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk interview, artinya Perusahaan tertarik untuk mendengar lebih banyak tentang pengalamanmu. Dan, jangan lupa untuk be authentic ya. Jadilah dirimu sendiri. Ke-otentik-an ini akan menjadi nilai tambah bagi rekruter. (Oh iya, kebanyakan dari rekruter atau HR itu lulusan psikologi – jadi mereka pasti bisa lihat kalau kamu sedang berpura-pura).

 

Nah sekarang kamu tahu triknya untuk menjawab pertanyaan seperti ini pada saat interview. Persiapkan dirimu sebaik-baiknya dan good luck! Masih mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu? Cek dulu di Urbanhire. Jangan lupa untuk selalu melengkapi profil kamu dengan resume terbaru ya!