Urbanhire Jobseeker

Apakah Budaya Kantor Ini Sesuai? 4 Tips untuk Mengetahuinya Saat Interview

12

Aug 2019

Apakah-Budaya-Kantor-Ini-Sesuai-4-Tips-untuk-Mengetahuinya-Saat-Interview-Cover-Blog Blog

Urbanhire – Budaya kerja sebuah perusahaan dapat menentukan keberhasilan karyawannya. Walaupun tidak ada budaya kerja yang buruk namun jika tidak sesuai dengan kepribadian karyawannya maka tidak akan sejalan. Dan menyebabkan sulit tumbuhnya rasa nyaman dan rasa bahagia dari para karyawan. Sehingga hasilnya menjadi buruk dan tidak akan mencapai tujuan perusahaan dengan mudah. Untuk itu pentingnya menyesuaikan dengan budaya yang Sesuai, dan bisa diketahui saat proses wawancara kerja.

4 tips menentukan budaya yang sesuai untuk kamu yang akan bekerja

Setiap orang memiliki keunikan tersendiri. Termasuk jika kamu bekerja pasti akan menemukan karakter orang yang berbeda. Ini merupakan hal yang wajar dan pasti ditemukan. Namun yang harus diketahui, terkadang kepribadian seseorang ada yang tidak cocok dengan sebuah lingkungan perusahaan sehingga setiap karyawan harus tahu mengenai budaya yang sesuai sesuai dengan dirinya. Agar dapat lebih lama bekerja dengan hati yang bahagia.

Baca juga: Ciptakan Budaya Perusahaan Menuju Kesuksesan

Untuk itu sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan, perhatikan 4 tips berikut yang bisa kamu pertimbangkan saat wawancara :

– Suasana pekerjaan

Kamu bisa bertanya saat proses wawancara berlangsung, tanyakan mengenai suasana pekerjaan yang menjadi budaya kerja di tempat tersebut. Ada perusahaan yang lebih kaku dan taat aturan sehingga membuat pegawainya sangat serius dalam bekerja. Ada juga dengan budaya yang lebih santai dan kekeluargaan. Sehingga pegawainya menjadi lebih santai dalam bekerja. Setelah mengetahui mengenai hal ini, kamu tanyakan kembali suasana seperti apa yang sesuai dengan diri kamu. Baru setelah itu berikan keputusan.

– Lingkungan yang membuat kamu berkembang

Setiap orang memiliki kemampuan berpikir yang berbeda. Termasuk dalam menciptakan ide dan gagasan yang cemerlang. Kamu bisa menilai saat wawancara apakah perusahaan tersebut memberikan peluang kamu untuk berkembang atau tidak. Lingkungan yang memberikan kesempatan karyawannya berkembang sudah menjadi budaya yang sesuai yang harus di dapatkan setiap karyawannya, karena dengan begitu, kemampuan kamu semakin bertambah dan lebih mudah untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi lagi.

– Interaksi dengan atasan atau manajer

Tugas manajer memang sangat banyak. Sehingga banyak manajer yang tugasnya tidak berada di dalam kantor. Bahkan untuk bertemu pun sangat sulit. Budaya kerja seperti ini ada yang menyukainya dan ada pula yang tidak. Sekarang kamu bisa menentukan apakah senang dengan manajer yang standby di kantor dan memberikan arahan. Atau senang dengan komunikasi jarak jauh dan hanya mengirim laporannnya saja. Kamu bisa menanyakan ini secara langsung dan mengambil kesimpulan dari apa yang telah di jelaskan saat wawancara.

Baca juga: Apakah “Micromanagement” Merupakan Hal yang Baik?

– Tempat favorit untuk bekerja

Kemudian pertimbangkan pula mengenai tempat favorit kamu bekerja. Apakah kamu menyukai suasana tertutup di sebuah ruangan tanpa orang mengganggu, atau menyukai tempat di luar yang tidak memiliki batasan apapun. Tempat favorit ini akan mempengaruhi ide dan pemikiran kamu selama bekerja. Semakin banyaknya ide -ide cemerlang kamu maka akan semakin mudah kamu menyelesaikan pekerjaan.

Jika kamu sudah mengetahui tips tersebut, lalu bandingkan dengan budaya kerja yang kamu inginkan. Dengan begitu kamu akan menemukan perusahaan yang memiliki budaya yang sesuai dengan kepribadian sendiri.

Beberapa gambaran perusahaan untuk mengetahui budaya yang sesuai dengan karakter kamu

Jika kamu sudah menyiapkan  berbagai pertanyaan pada perusahaan saat proses wawancara, kini saatnya bertanya pada diri sendiri. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar kamu bisa mendapatkan budaya yang sesuai di sebuah perusahaan. Karena tidak mudah menyesuaikan dengan keinginan pribadi dengan konsep yang sudah ditetapkan perusahaan. Berikut berbagai gambaran perusahaan yang bisa menjadi penilaian untuk diri sendiri :

– Adanya visi misi yang terpampang di dinding

Setiap perusahaan akan memperlihatkan visi misinya dengan jelas di dinding. Hal ini dilakukan agar semua karyawan tahu seperti apa goal yang harus dicapai dalam perusahaan. Juga menciptakan budaya yang sesuai dengan visi misi tersebut. Kamu bisa mempertimbangkan kembali jika ternyata tidak ada visi misi yang tersimpan di dinding kantor. Karena itu menandakan bahwa perusahaan tersebut tidak dapat memperlihatkan kualitas dan kinerja nya kepada publik. Lebih baik hindari perusahaan seperti ini.

Baca juga: Make the Right Career Move!

– Kebersihan perusahaan dapat dilihat di bagian meja depan

Kebersihan kantor perusahaan juga harus menjadi penilaian untuk kamu. Karena dengan begitu kantor akan terlihat rapi dan juga indah. Semua orang di dalamnya juga akan merasa nyaman. Dan untuk para tamu yang datang juga merasakan nyaman berlama-lama di kantor tersebut. Biasanya kebersihan akan dijadikan budaya kantor yang menjadi point utama untuk diperhatikan. Dan itu dapat menjadi budaya yang sesuai bagi kamu yang menyukai kebersihan.

– Sambutan resepsionis untuk tamu yang datang

Budaya sopan santun harus diterapkan sebuah perusahaan pada setiap orang yang datang. Baik itu pegawai di sana apalagi untuk para tamu. Kesan pertama biasanya akan menjadi penilaian orang-orang yang datang. Karena hanya dengan begitu akan menumbuhkan daya tarik bagi orang lain. Sehingga perusahaan mendapatkan nilai lebih untuk semua orang. Sambutan yang ramah dan bersahabat selalu diinginkan orang-orang ketika datang ke suatu tempat.

Sambutan tersebut akan membuat kamu nyaman jika bekerja dan berlama-lama di sana. Dan pastinya pekerjaan kamu menjadi lebih ringan karena adanya lingkungan yang bersahabat. Namun jika ternyata sambutan di awal tidak menyenangkan lebih baik kamu pikirkan kembali untuk bekerja di tempat tersebut.

Sekarang kamu bisa mempertimbangkan budaya kerja yang ada di perusahaan baru. Mulailah lakukan 4 tips tersebut saat proses wawancara berlangsung. Atau kamu bisa juga melihat lebih detail gambaran dan kondisi perusahaan secara langsung agar dapat merasakan apakah perusahaan tersebut memiliki budaya yang sesuai dengan karakter kamu. Dengan begitu kamu tidak akan salah memilih tempat kerja karena lingkungannya sangat nyaman untuk membangun karir yang sukses.

 

Jadi tunggu apa lagi? Temukan perusahaan impianmu yang memiliki budaya perusahaan yang sesuai dengan karaktermu, hanya di Urbanhire! Terdapat lebih dari 18,000 lowongan terbuka di Urbanhire. Lihat budaya atau keseharian perusahaan melalui profil perusahaan-perusahaan di Urbanhire! Yuk buat akunmu sekarang!