Urbanhire Jobseeker

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Membuat Kesalahan di Tempat Kerja?

6

Jan 2020

Blog

Urbanhire – Tidak ada gading yang tak retak adalah peribahasa yang menunjukkan bahwa setiap orang bisa berbuat kesalahan. Baik itu di lingkungan keluarga, pertemanan atau pekerjaan. Meski sesuatu yang wajar, berbuat kesalahan di tempat kerja bisa menjadi momok mengerikan bagi sebagian orang. Ada yang kemudian merasa down dan memutuskan untuk resign secepatnya.

Sebenarnya kita tidak perlu gegabah atau resah setelah melakukan kesalahan di tempat kerja. Asalkan itu masih dalam konteks yang wajar, perusahaan tentu akan memberikan kita kesempatan untuk memperbaikinya. Sayang jika kita langsung memutuskan untuk resign sebab mencari pekerjaan baru tidaklah mudah. Kamu mesti memulai lagi dari nol dan itu akan memakan waktu serta biaya.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan ketika membuat kesalahan di tempat kerja? Yuk, intip tips jika melakukan kesalahan di tempat kerja berikut ini:

1. Berani Mengakui Kesalahan

Apabila suatu ketika ditemukan bukti yang jelas bahwa kamu telah melakukan kesalahan, maka akui saja dengan sejujurnya. Jangan ngeles atau membantah karena itu hanya akan menimbulkan perdebatan tak berujung.

Berani mengakui kesalahan bukan berarti menunjukkan bahwa kamu lemah, melainkan sebagai tanda bahwa kamu bisa bersikap bijak dan dewasa. Akan lebih baik lagi jika kamu juga menawarkan solusi apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahanmu.

Lingkungan kerja memang berisi orang dengan berbagai macam karakter. Ada yang work oriented, santai-santai saja, nggak enakan dan ada pula yang suka menghakimi orang lain.

Jika ada yang memarahi dan menghakimi kesalahanmu itu, terima saja dengan lapang dada dan sabar. Yang penting kamu punya niat baik untuk memperbaiki kesalahanmu. Bila kamu berhasil menorehkan prestasi pada apa yang pernah kamu salahi, maka mereka yang pernah menghakimimu pasti akan salut dan malu sendiri terhadapmu.

Baca juga: Jadilah Karyawan yang Ikhlas dan Jujur!

2. Jangan Menjaga Jarak dengan Korban Kesalahanmu

Saat kesalahanmu menimbulkan korban, biasanya kamu akan cenderung menjauhi si korban, bukan? Entah karena malu, nggak enak atau bingung harus berbuat apa.

Seharusnya kamu tidak menghindari orang orang tersebut, sebab itu justru akan memberikan kesan yang buruk. Sebaiknya kamu langsung minta maaf pada orang yang terkena dampak buruk dari kesalahanmu itu.

Tanyakan pada mereka apa yang mesti kamu lakukan untuk memperbaiki situasi seperti sedia kala. Jangan malah saling mendiamkan atau kucing kucingan dengan mereka karena akan menunjukkan bahwa kamu tidak profesional dan terlalu bawa perasaan atau baper.

Bila nasi sudah menjadi bubur, maka PR selanjutnya ialah bagaimana caranya untuk membuat bubur itu terasa enak. Yakni dengan menambahkan lauk pauk atau toping sesuai selera pelanggannya. Simpel, kan?

3. Berkomunikasi Secara Intensif dengan Atasan

Kesalahan yang kamu lakukan bisa jadi membuat atasanmu marah dan kesal. Imbasnya kamu mungkin akan mendapat tekanan dari berbagai pihak. Entah secara langsung atau berupa sindiran.

Situasi semacam itu pasti tidak menyenangkan. Namun, kamu tetap harus berkomunikasi dengan atasanmu. Jelaskan padanya kronologi kejadian hingga membuatmu melakukan kesalahan.

Tawarkan solusi yang mungkin kamu ketahui atau tanyakan apa yang tepat untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Kabari terus perkembangan dari perbaikan yang telah kamu lakukan.

Bersikap profesional dan berkemauan untuk terus belajar akan membuat atasanmu yakin dan mau memaafkan kesalahanmu itu. Bukan tidak mungkin, dia akan mempromosikan kamu ke depannya bila kamu berhasil menjadi problem solver dalam bidang kerjamu itu.

Baca juga: Alasan Pentingnya Bersikap Jujur di Tempat Kerja

4. Tetap Fokus Pada Target

Memperbaiki kesalahan tak jarang memakan waktu dan mengubah sikapmu di tempat kerja. Akibatnya kamu menjadi tidak fokus untuk mencapai target.

Selain perlu mengembalikan situasi pasca melakukan kesalahan, kamu juga tetap harus fokus pada target kerja agar tidak larut dalam suasana. Karena imbasnya pada penurunan prestasi dan evaluasi mingguan/bulanan. Jika prestasi atau kinerja kamu menurun, maka kamu tentu tahu apa dampak buruknya, bukan?

Jangan sampai hal itu terjadi!

Tugasmu tetap harus yang diprioritaskan. Sembari berpikir dan memperbaiki kesalahan yang telah kamu buat. Maka itulah yang dinamakan profesional dalam bekerja.

5. Berkonsultasi Pada Senior di Tempat Kerja

Terkadang setelah berbuat salah, kamu bingung bagaimana cara mengatasinya. Terlebih saat awal awal masuk kerja.

Bertanya pada atasan terbilang terlalu dini dan berisiko. Nah, solusinya kamu bisa berkonsultasi pada senior di tempat kerja. Siapakah mereka? Ialah orang orang yang sudah lama bekerja di bidang atau divisi yang sama denganmu. Selama bekerja tentu mereka juga pernah melakukan kesalahan dan tentu tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Namun, jangan asal akrab dengan senior karena tidak semua orang akan menyukai kamu dan mau diajak diskusi. Tanpa kamu sadari mungkin ada yang justru tidak menyukaimu dan tidak menginginkanmu di tempat kerja.

Jadi, pilihlah senior yang baik, ramah dan terbuka untuk berdiskusi. Selain menanyakan tentang solusi dari kesalahanmu, kamu juga bisa berdiskusi untuk topik lain yang dapat menunjang kinerjamu.

6. Hindari Slow Respon Ketika Dimintai Pertanggungjawaban

Setelah melakukan kesalahan, otomatis kamu akan menjadi incaran dari banyak pihak, terutama pihak pihak yang terkena dampaknya.

Jangan lantas panik dan menyembunyikan diri saat kamu dimintai penjelasan apalagi pertanggungjawaban atas kesalahanmu. Sikap seperti itu dapat merusak citramu di tempat kerja.

Justru yang harus kamu lakukan ialah show up dan bersikap berani untuk menjelaskan detail kesalahanmu serta siap untuk memperbaikinya. Sikap kuat dan pantang menyerah itulah yang menunjukkan kualitas dirimu di tempat kerja.

Baca juga: Konflik Kantor Jangan Dihindari, Tapi Dihadapi

7. Perbaiki Kesalahanmu dan Jangan Mudah Menyerah!

Jangan takut saat melakukan kesalahan, beranilah untuk mengakui dan yakinlah bisa memperbaikinya. Dalam dunia kerja memang penuh lika-liku, namun bukan alasan untuk mudah menyerah. Kemampuanmu dalam mencari solusi saat berbuat salah dapat membuatmu terus belajar dan lebih baik ke depannya.

Demikian UrbanGen tips-tips untuk kamu perhatikan jika kamu membuat kesalahan di tempat kerja. Tetap semangat yaa!! Jika konflik tetap muncul dan bikin nggak nyaman di kantor, pindah ke kantor baru bisa jadi solusi. Langsung cek yuk daftar lowongan pekerjaan terkini di Urbanhire. Simak juga tips-tips seputar dunia kerja di blog Urbanhire.