Urbanhire Jobseeker

Alasan Pentingnya Bersikap Jujur di Tempat Kerja

23

Oct 2019

Blog

Urbanhire – Sikap jujur merupakan salah satu sikap yang sudah diajarkan kepada kita sejak kecil dan sejak menginjak bangku sekolah untuk pertama kali. Diajarkannya kita kepada pentingnya sikap jujur sejak dini bukannya tanpa alasan. Jujur merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam beraktivitas, salah satunya adalah jujur saat bekerja.

Sikap jujur akan melahirkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun. Oleh sebab itulah sangat penting memiliki sikap jujur saat bekerja. Berikut ini adalah beragam manfaat yang bisa kamu temukan apabila menerapkan sikap jujur dalam pekerjaanmu.

Manfaat Memiliki Sikap Jujur Dalam Bekerja

1. Reputasi yang baik mengenai diri kamu akan terbentuk

Reputasi sangatlah penting untuk dibangun sejak pertama kali kamu menginjakkan diri di sebuah lingkungan kerja. Sebagai karyawan baru, bentuklah dan bangunlah reputasi yang baik di depan atasan dan semua rekan kerja. Reputasi yang baik akan membuat semua rekan kerja bahkan atasanmu mempercayakanmu dalam setiap pekerjaan.

Salah satu cara membangun reputasi yang baik di tempat kerja adalah dengan bersikap jujur. Jangan pernah mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan oleh rekan dan atasan kerjamu. Bersikaplah jujur dan nyatakan apa adanya. Tidak perlu berbohong untuk meraih simpati. Sebaliknya, kejujuran dan amanah di tempat kerja akan membuatmu semakin dipercaya.

Sebaliknya, memiliki reputasi yang negatif di tempat kerja haruslah dijauhi. Ketika seluruh orang di kantor kamu memberikan reputasi yang negatif baik pada diri maupun kinerjamu, bukan tidak mungkin kamu akan dijauhi oleh yang lainnya. Semakin parah adalah, ketika sikap ketidakjujuran dan tidak amanahmu sudah dianggap keterlaluan, kamu pun berisiko dipecat dari tempat kerja.

Baca juga: Menyiasati Bos yang Workaholik

2. Memperoleh kepercayaan dari rekan kerja

Sebuah hubungan termasuk relasi dalam pekerjaan, harus dibangun di atas pondasi kejujuran. Sebuah tim kerja tidak akan efektif berjalan ketika satu orang dengan lainnya menaruh dasar kecurigaan. Akibatnya adalah tujuan tim tidak akan berjalan dan akan mengacaukan performa perusahaan.

Kamu yang sedang berada di sebuah lingkungan kerja, jangan pernah lupa untuk menerapkan sikap jujur saat bekerja. Sikap ini merupakan asas untuk membangun fondasi sebuah kepercayaan di lingkungan kerja.

Ketika kamu jujur dan tulus dalam sebuah pekerjaan, orang lain pun perlahan akan mengetahui kejujuran kamu. Alhasil, mereka tidak akan ragu memberikanmu sebuah kepercayaan. Bahkan bisa saja sifat jujurmu ini akan membuatmu dipercaya atasan memegang sebuah proyek besar.

3. Membentuk karakter dalam diri

Kejujuran merupakan salah satu nilai tertinggi dan terbaik dalam setiap nilai kebajikan di dunia ini. Dengan sikap jujur, dunia pun akan dibandung di atas dasar percaya. Mengingat tingginya nilai sikap ini sangatlah penting bagi kamu menanamkan sikap ini sejak dini.

Perlu diingat bahwa karakter dan reputasi tentulah berbeda. Reputasi bisa dibuat sekejap. Bahkan beberapa orang tak bertanggung jawab melakukan penipuan demi membentuk reputasi yang gemilang. Meski begitu, suatu saat kebohongan mereka tentu terbuka.

Hal ini berbeda dengan karakter. Karakter adalah sesuatu yang melekat. Karakter tidak dibangun dalam sekejap. Ia ditempa melalui proses dalam hidup yang panjang. Untuk itu, jadikanlah kejujuran sebagai karakter penting hidup kamu.

Baca juga: Bangun Komunikasi dengan Atasan atau Senior

4. Kredibilitas di lingkungan kerja yang meningkat

Reputasi positif di tempat kerja saja tidaklah cukup jika kredibilitas kamu masih kurang. Kejujuran tidak hanya dapat memberikan reputasi positif namun juga meningkatkan kredibilitasmu di lingkungan kerja. Dengan kredibilitas yang positif, atasan pun akan semakin mudah mempercayakanmu pada sebuah proyek. Kamu pun berpeluang lebih besar untuk naik jabatan.

5. Membentuk pribadi lebih bertanggung jawab

Seseorang yang jujur akan selalu mempertimbangkan dan mengingat semua kata yang keluar dari mulutnya. Oleh sebab itu, semua kata dan perbuatan yang kamu berikan ke orang lain akan selalu kamu pertimbangkan dan benar-benar dilakukan. hal ini akan membuatmu menjadi pribadi lebih bertanggung jawab.

6. Lebih dihargai oleh orang lain

Secara tidak langsung, kejujuran akan menempatkanmu sebagai seseorang yang patut dihargai dan dihormati di masyarakat dan lingkungan kerja. Hal ini disebabkan oleh tingginya nilai kejujuran tersebut secara universal.

7. Dapat meningkatkan level kesehatan mental

Manfaat lain dari sikap jujur saat bekerja adalah dapat memberikan kebaikan untuk kesehatan mental. Sikap jujur baik dalam pekerjaan maupun di lingkungan pribadi kita tidak hanya membuat kita memiliki hubungan relasi yang baik dengan orang lain, namun juga kesehatan mental pribadi.

Sikap jujur akan memunculkan emosi positif yang membuatmu lebih tenang dalam menghadapi hari dan orang lain. Sebaliknya, sikap senang berbohong dapat memunculkan emosi negative, baik kamu sadari ataupun tidak. Hal ini disebabkan upaya untuk selalu menutupi kebohongan akan selalu muncul di diri seseorang yang berbohong. Akibatnya, pikiran pun tidak akan pernah tenang.

Baca juga: Apa yang harus Dilakukan Ketika Kamu Benci Pekerjaanmu?

Namun, ketika kamu terbiasa untuk jujur saat bekerja, pikiran kamu pun akan lebih rileks serta tenang. Hal ini dikarenakan kamu sudah menyatakan hal-hal yang benar sehingga tidak perlu bingung mencari cara untuk menutupi kebohonganmu berikutnya. Kamu pun bisa menjadi dirimu yang sesungguhnya.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan bersikap jujur saat bekerja dan dalam kehidupan pribadi lainnya. Membiasakan hidup jujur tentu tidak akan ada ruginya. Bahkan, sikap jujur adalah sikap yang akan menjauhkanmu dari kecenderungan untuk korupsi dan sebagainya. Padahal, sekali saja seseorang berbohong maka selanjutnya orang lain tak mau mempercayainya.

Buat kamu-kamu yang masih berjuang mencari pekerjaan impian yang sesuai dengan keinginanmu, lihat sekarang di Urbanhire, banyak sekali perusahaan terbaik yang dapat kamu temukan! Buat akun Urbanhire-mu sekarang, lengkapi informasi tentang diri kamu dan pengalaman kerja kamu dengan jujur dan dapatkan kemudahan melamar pekerjaan ke lebih dari puluhan ribu lowongan pekerjaan yang pastinya ok banget!