Urbanhire Jobseeker

Alasan Kenapa Harus Jadi Kreatif

16

Oct 2019

Blog

Urbanhire – Kamu sadar gak, kalau dunia kerja sekarang ini sudah gak butuh orang-orang yang namanya “pekerja keras”, “perfeksionis”, dan lain-lain?

Justru, yang paling dibutuhkan di dunia kerja masa kini adalah kreativitas. Bisa dibilang, kreativitas ini masuk salah satu soft skill yang paling diburu banyak perusahaan besar yang sanggup menggajimu dengan tinggi dan memberimu fasilitas yang baik. Kreativitas sendiri adalah kemampuan seseorang menciptakan peluang atau solusi di tengah-tengah situasi dan kondisi yang tidak menentu atau sulit.

Lebih jauh, pekerjaan di industri kreatif juga booming dalam beberapa tahun belakangan ini. Ini makin memperkuat bukti kreativitas sebagai hal yang gak bisa ditawar-tawar ketika kamu memasuki dunia kerja masa kini.

Beberapa di antara kamu bisa aja penasaran, kenapa kok harus kreatif? Kamu dapat memikirkan alasan-alasan dalam uraian selanjutnya untuk menjadi motivasimu harus kreatif agar dapat survive di dunia kerja masa kini.

Baca juga : Rasanya Bekerja di Industri Kreatif

Pertama, karena sebagai akibat kreativitas menjadi salah satu hal utama yang terpenting di dunia kerja, semakin banyak orang terlatih untuk berpikir, “Aku harus kreatif!” Sebagai akibatnya, pikiran dan tindakan mereka didorong untuk senantiasa kreatif.

Jadi, kalau kamu kreatif, kamu akan memiliki peluang ketemu banyak jaringan pekerjaan yang hebat-hebat punya. Bahkan tidak hanya di dunia kerja. Karena kamu adalah individu yang kreatif, jadi, kamu bisa menemukan peluang networking di tempat lain. Misalnya, bidang minat kreatif atau fan club tertentu.

Kemudian, kalau kamu kreatif, kamu juga mendorong dirimu ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, kamu perlu mengingat kreativitas itu tidak sama dengan hitam putih yang memandang hal hanya dari dua sisi. Karena tidak ada jawaban benar atau salah di dalam hal kreatif yang kamu lakukan, kamu jadi bebas mengeksplorasi bagian-bagian yang merupakan jati dirimu dan kamu memiliki ruang untuk berproses menjadi dirimu yang seutuhnya.

Tetap tinggal di zona aman bukan suatu hal yang orang kreatif akan terus lakukan sepanjang hidupnya. Hanya karena kamu terbiasa melakukan yang menjadi zona amanmu, bukan berarti kamu tidak ingin mencoba hal-hal baru yang dapat memajukan dirimu, khususnya di dunia kerja. Dengan menjadi orang kreatif, kamu berani mencoba hal baru, yang untuk selanjutnya berkontribusi kepada pertumbuhanmu secara pribadi maupun profesional, seperti kenaikan jenjang karir dan sebagainya.

Baca juga : Tips Kreativitas: Tips Mengelola Kreativitas Dalam Suatu Industri

Kenaikan jenjang karir, gaji yang lebih tinggi, fasilitas kerja yang lebih nyaman, dan lain-lain, merupakan beberapa hal positif yang dapat kamu petik dengan menjadi kreatif. Semakin kayanya kehidupan sosial juga menjadi satu hal positif yang dapat kamu peroleh bila kamu menjadi orang yang kreatif.

Karena banyak hal positif yang kamu dapatkan dari menjadi kreatif, maka dengan menjadi kreatif, kamu mengurangi stres dalam dirimu. Bukan hanya itu, kegiatan kreatif yang kamu lakukan sebagai “pelampiasan”, seperti menyanyi, melukis, fotografi, dan lain-lain, juga telah terbukti membantu menurunkan secara drastis kadar depresi dan memperkuat imun tubuh bagi kebanyakan orang. Nah, buat kamu yang lagi stres karena tes kerja gak kunjung selesai atau HR ngegantungin harapan kamu, kamu cocok lho, mulai jadi orang kreatif dengan berkegiatan kreatif!

Alasan lain kamu harus kreatif adalah aspek lifehack dari harus kreatif itu sendiri. Lifehack ini meliputi kemampuan problem solving dan menghemat biaya yang jalannya saling beriringan. Dengan kata lain, dengan menjadi kreatif, kamu bisa melakukan yang namanya “ngakalin hidup”.

Aneka produk DIY merupakan beberapa contoh sederhana dari kreativitas yang dapat kamu lihat dan rasakan di sekitarmu. Tapi, kreatif sendiri tidak hanya soal DIY, dan kamu bisa “ngakalin hidup” dengan cara lain. Misalnya, kamu menemukan makan atau minum yang seharusnya bayar menjadi gratisan dengan memanfaatkan peluang giveaway produk tertentu. Hal-hal semacam ini yang dapat membuat gaji, bonus, dan tunjanganmu tidak cepat habis, terutama di tanggal tua.

Dalam hal kemampuan problem solving yang meningkat, kamu yang kreatif dapat menemukan banyak jalan keluar yang dapat ditempuh dari sebuah masalah yang sama. Jika jalan keluar yang satu tidak menyelesaikan sebuah permasalahan kerja, maka kamu dapat menempuh jalan keluar lain yang lebih menguntungkan, setidaknya dalam jangka pendek.

Baca juga : Pilihan Kata yang Bikin CV-mu Lebih Meyakinkan dan Nggak Pasaran

Bukan hanya kamu dapat menemukan banyak jalan keluar yang akan membantumu dalam kenaikan jenjang karir maupun memudahkan menghemat uang. Kemampuan problem solving yang kamu miliki juga akan membantumu melihat masalah dengan lebih terarah. Apalagi, kreativitas adalah soal melihat pola (atau pattern) dalam sebuah masalah. Dari melihat pola permasalahan tersebut, kamu yang kreatif dapat memecahkan masalah pekerjaan sehingga bekerja tidak lagi serasa seperti bekerja.

Dari sekian banyak alasan, dapat kamu katakan alasan utama untukmu menjadi kreatif adalah kamu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan bersedia mempertimbangkan sudut pandang yang membuatmu makin maju. Dari sana, kamu menjadi pencipta ide untuk dirimu sendiri sehingga kamu dapat terlepas dari stres dan tubuhmu menjadi sehat dan produktif.

Denganmu menjadi orang kreatif, kamu menjadi lebih peka tentang, “Masalah apa, sih, yang harus aku selesaikan?” Dengan kata lain, kamu mengenali jawaban atas pertanyaan, “Pola (atau pattern) apa yang terbentuk dari permasalahan ini?” Dari situ, kamu belajar untuk tidak hanya menyelesaikan masalah, tetapi juga melihat peluang kamu membentuk networking, melihat beragam solusi dari masalah pekerjaan, dan menghemat gaji, tunjangan, bonus, dan lain-lainmu.

Masih bingung mencari lowongan kerja lainnya? Coba cari di Urbanhire! Buat akunmu dan jangan lupa untuk melengkapi profil kamu dulu ya agar perusahaan-perusahaan juga dapat dengan mudah mencari kandidat seperti kamu.