wanita

Wanita ingin sukses dalam karir? Bisa! Saat ini wanita dituntut untuk berperan lebih aktif. Jika karir menjadi wadah mengembangkan bakat dan kreativitas Anda, maka jangan ragu untuk meraih sukses dalam bidang ini.

Jika sekarang Anda masih belum punya pijakan, akan kami bantu. Nell Merlino penulis buku Stepping Out of Line: Lessons for Women Who Want It Their Way in Life, in Love, and at Workmenuliskan 7 tips agar karir Anda semakin maju dan sukses dengan mudah ada di genggaman Anda.

1. Evaluasi Situasi Anda Saat Ini

Semua orang punya masa yang naik turun dalam hidup, kadang kita begitu bergairah dengan semua hal yang ada di depan mata, kadang kita berada dalam kondisi bosan dan enggan melakukan apapun. JIka situasi tersebut sampai datang atau sedang Anda alami, ingatlah lagi pencapaian apa yang Anda inginkan. Ingatlah lagi sudah berapa persen pencapaian itu telah terwujud. Misalnya saja Anda memimpikan sebuah rumah, jika pencapaian Anda masih jauh, pompa lagi semangat Anda agar bosan dan malas sirna.

2. Cari Tahu Apa Yang Anda Kuasai

Banyak wanita yang menghabiskan energi pada kelemahan mereka atau terlalu banyak iri dengan rekan kerja mereka. Jangan sampai hal itu terjadi karena tenaga Anda akan habis di sana. Fokus pada apa yang Anda kuasai, apa yang menjadi kekuatan Anda. Jika Anda masih belum tahu, tanyakan pada rekan kerja Anda. Gunakan kekuatan itu untuk melangkah ke depan.

3. Minta Bantuan Orang Lain

Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari orang lain, entah dengan membaca buku mengenai karir, mengikuti talk show atau meminta saran dari senior-senior Anda. Pengalaman orang lain bisa menjadi pijakan Anda, terutama jika pengalaman kerja Anda masih sedikit. Dengan bantuan orang lain, Anda akan lebih mengerti ‘medan perang’ dan lebih bertanggung jawab.

4. Jangan Menunggu

Sukses tidak datang sendiri jika Anda menunggu, Anda harus melakukan sesuatu. Wanita sering berpikir untuk menunggu orang lain berbuat sesuatu untuk kemajuan karirnya. Misalnya menunggu manager melihat kemampuan Anda untuk promosi jabatan. Anda harus berani keluar dari zona nyaman. Tidak ada salahnya maju dan menunjukkan bukti prestasi kerja Anda pada manager, daripada menunggu saja.

5. Fokus Pada Tujuan

Banyak wanita yang fokus pada karir sebelum menikah dan memiliki anak. Setelah anak hadir, biasanya fokus mereka teralihkan. Fokus yang tidak sama ini membuat para wanita cenderung tidak lagi mengejar sukses dalam karir dan akhirnya menghasilkan prestasi yang datar. Jika Anda memang ingin memiliki pencapaian yang optimal, fokus pada tujuan Anda di bidang karir. Itu bukan hal yang egois.

6. Tulis Ide Anda

Kadang, ide tidak keluar di kantor, tetapi keluar di tempat-tempat tak terduga. Jika saat di dalam bus Anda terpikirkan ide yang bisa berguna untuk sebuah proyek atau apapun yang berhubungan dengan pekerjaan, segera tulis. Jangan menunggu atau berpikir Anda akan ingat, karena manusia punya kelemahan untuk lupa. Segera tulis di notepad atau handphone Anda. Tulis singkat inti ide Anda. Kemudian kembangkan ketika situasi sudah memungkinkan.

7. Jangan Lupa Kehidupan Pribadi

Banyak wanita yang terlalu gila kerja hingga melupakan waktu-waktu membangun kehidupan pribadi. Coba ingat, kapan terakhir kali Anda kumpul dengan para sahabat, kapan terakhir kali Anda makan malam dengan keluarga, atau apakah pasangan mulai mengeluhkan jadwal kerja Anda yang terlalu padat? Susun kembali agenda Anda, jangan sampai karir tercapai tetapi kehidupan pribadi berantakan.

Menjadi wanita karir berarti kamu siap untuk menjadi wanita yang lebih baik daripada wanita lainnya. Sebaiknya kamu mulai memikirkan rencana karirmu. Dalam hal mencari pekerjaan, carilah lewat Urbanhire, kamu akan menemukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pengembangan karirmu sebagai wanita.

Sumber: Vemale Kompas