Urbanhire_BLOG-7-Kunci-Perantau-yang-Sukses-

Urbanhire – Merantau sudah menjadi salah satu budaya yang banyak dilakukan orang-orang. Baik untuk mengejar pendidikan atau meniti karir masa depan. Tak hanya meninggalkan kampung halaman ke daerah seberang tapi juga melintasi pulau bahkan negara. Di Indonesia sendiri orang-orang melakukannya demi mencari kehidupan baru agar bisa meraih cita-cita. Meninggalkan zona nyaman untuk mewujudkan impian akan masa depan yang gemilang. Namun apakah semua orang bisa meraih kesuksesannya di perantauan? Tentu ini tergantung dari komitmen kamu terhadap diri sendiri. Kamu wajib tahu mengenai 7 kunci menjadi perantau yang sukses.

Baca juga : Tips Menghadapi Keberagaman di Tempat Kerja

Pahami 7 Kunci Menjadi Perantau Yang Sukses Demi Wujudkan Impian

Orang yang berhasil pergi dari tempat kelahirannya untuk membangun masa depan adalah sosok yang berjiwa besar. Tidak terlena dengan kenyamanan yang ada dan memahami bahwa harus ada peningkatan dalam hidupnya. Namun tak selamanya merantau membuka jalan untuk menemukan apa yang di inginkan. Karena tidak mudah menjadi seorang perantau yang sukses. Jatuh bangun pastinya akan dihadapi. Ada yang tetap kokoh berdiri tapi ada juga yang kembali pulang tanpa prestasi. Hal ini terjadi karena ada beberapa hal yang belum di pahami mengenai kerasnya hidup di perantauan. Sehingga tumbang tak tahu arah.

Jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktu selama di perantauan, pahami 7 kunci sukses berikut agar perjalanan baru kamu memberikan hasil sesuai harapan :

– Tanamkan alasan kuat dalam diri saat akan pergi merantau

Jika ingin menjadi perantau yang sukses penting sekali untuk kamu mengetahui alasan kepergian menuju tempat yang baru. Jangan sampai kamu pergi hanya sekedar keinginan tanpa tahu apa yang Anda kejar. Karena jika tidak ada alasan pasti yang terjadi adalah kamu mudah hilang arah. Tapi jika ada alasan kuat bisa menjadi motivasi untuk tetap bangkit ketika terpuruk di perantauan.

Seperti halnya kamu pergi untuk meraih pendidikan tinggi di kampus yang berkualitas. Kamu pergi untuk mencari pekerjaan agar bisa memperbaiki ekomoni keluarga. Jika ini sudah tertanam dalam diri maka akan lebih mudah menyesuaikan dengan berbagai kehidupan yang tak tahu akan seperti apa. Kamu pun menjadi lebih semangat walau harus meninggalkan banyak kenangan indah di tempat kelahiran.

– Cari tahu seluk beluk kota yang akan menjadi tempat tujuan

Sebelum kamu memutuskan pergi, jangan lupa untuk mengetahui seluk beluk tempat yang akan menjadi tujuan. Karena perantau yang sukses sudah mempersiapkan perencanaan yang matang mengenai apa yang harus dilakukan saat sudah menetap. Dari mulai seperti apa budaya di sana, tentu kamu harus tahu hal ini agar mudah menyesuaikan. Juga biaya hidup yang harus terpenuhi dengan baik, perbedaan nilai uang akan membuat kamu lebih cerdas mengatur pengeluaran.

Pergi merantau tidaklah sama seperti saat kamu pergi berlibur. Hanya singgah beberapa hari dan menikmati suasana dengan santai. Pergi ke tempat eksotis lalu berbelanja dan menikmati setiap makanan yang ada. Di sini kamu di tuntut untuk menyesuaikan banyak hal dimana jika ada perbedaan budaya atau pola pikir membuat kamu bisa menyesuaikan agar nyaman menjalankan kehidupan baru.

Baca juga : 4 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Wisuda

– Bangun kekerabatan dengan banyak orang

Jika kamu sudah tiba diperantauan penting untuk menjalin kekerabatan. Beruntung jika kamu memiliki sanak saudara yang bisa membantu di saat kamu kesusahan. Tapi jika tidak ada saudara sama sekali, orang yang akan membantu kamu adalah teman yang sudah di anggap sebagai saudara. Untuk itu jangan sungkan berkenalan dan bersikap ramah pada semua orang. Kamu juga bisa mengikuti berbagai komunitas untuk menambah kekuarga baru.

– Pastikan jika Anda memiliki skill yang menjadi ciri khas

Jika kamu ingin menjadi perantau yang sukses setidaknya harus memiliki skill dalam diri. Agar suatu waktu kemampuan kamu bisa digunakan dan bermanfaat. Jangan sampai kepergiaan kamu tanpa bekal apapun karena akan menghambat kesuksesan. Namun kamu masih bisa belajar tentang banyak hal agar memiliki kemampuan istimewa. Misalkan kamu sebagai mahasiswa memiliki skill di luar bidang jurusan yang di ambil namun bisa digunakan untuk mendatangkan penghasilan.

– Buat rincian finansial untuk hal-hal penting

Jauh dengan orang tua membuat kamu harus selektif dalam mengatur keuangan. Karena biasanya kiriman uang akan berlaku untuk beberapa bulan kedepan. Jika kamu boros atau tidak merencanakan pengeluaran maka uang akan habis lebih cepat. Ada baiknya buat rincian finansial dengan menuliskan kebutuhan apa yang sangat penting dan tidak penting. Karena biasanya akan tergoda untuk membeli ini itu yang sebenarnya tidak perlu.

Baca juga : 4 Tips Saat Memulai Pekerjaan Baru

– Menjadi pribadi yang terbuka pada hal yang baru

Jika di kampung halaman kamu hanya bergaul di tempat yang sama, saat merantau kamu harus lebih bebas. Dalam artian menjalin permenan dan beradaptasi untuk memahami hal-hal baru. Kamu bisa mencoba apapun yang bisa mendatangkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat. Jangan sampai hanya menutup diri dan sibuk dengan belajar atau bekerja. Jika kamu membuka diri untuk banyak aspek kehidupan, pribadi kamu akan semakin berkualitas.

– Bangun mental kuat agar tidak mudah patah semangat

Dan paling penting yaitu membangun mental kuat dalam diri. Seorang perantau yang sukses tidak mudah patah semangat pada keadaan yang dialaminya. Mudah kembali bangkit dan menghadapi dengan optimis. Menjalankan segala sesuatunya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab. Seorang pekerja keras yang mampu mendobrak ketakutannya sendiri.

Sebelum pergi merantau, pahami 7 kunci sukses tersebut dan jalankan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun tidak tahu sepenuhnya kondisi tempat kamu merantau tapi jika sudah tertanam dengan baik dalam diri maka apapun yang terjadi bukan lagi halangan. Karena pengaruh besar yang membuat seseorang menjadi perantau yang sukses adalah pengendalian terhadap dirinya sendiri.

Buat kamu para jobseeker yang baru saja lulus kuliah, dan ingin merantau ke negeri orang atau keluar kota,  pastikan kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang tepat terlebih dahulu. Agar kamu dapat memulai hidup mu yang baru dengan baik dengan mempunyai pekerjaan yang baik pula.

Yang masih bingung dimana dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu, yuk mari lihat di Urbanhire, banyak sekali perusahaan terbaik yang dapat kamu temukan! Buat akun Urbanhire-mu sekarang, lamar pekerjaan ke lebih dari puluhan ribu lowongan pekerjaan yang berkualitas!