Lingkungan kerja

Sudah bukan rahasia lagi bila tempat kerja yang produktif memegang peranan penting untuk kinerja karyawan. Karyawan yang bekerja di tempat yang tidak kondusif atau kurang nyaman, biasanya juga tidak akan produktif dalam bekerja. Menciptakan tempat kerja yang kondusif dan nyaman bagi semua orang memang tidak mudah mengingat karakter yang berbeda-beda.

Berdasarkan sebuah survey, lokasi kerja yang nyaman dan produktif terbukti mampu mengurangi kadar stress dan tekanan pekerjaan karyawan. Berikut ini beberapa tips membangun lingkungan kerja yang produktif.

Buat tempat kerja yang nyaman

Langkah pertama untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman adalah dengan menata letak komputer, meja, kursi, dan peralatan lain dengan rapi. Kantor yang berantakan dengan kursi dan meja yang berserakan tidak hanya tidak sedap dipandang tapi juga menyebabkan pikiran tambah sumpek. Solusinya kamu bisa bekerja sama dengan teman kantor untuk menata ulang ruang tempat kerja selama tidak menyalahi aturan yang ada. Dengan penataan ulang, suasana kantor akan terasa berbeda dan membuat kinerja karyawan semakin produktif.

Hindari terlalu sering rapat/meeting

Rapat tidak perlu setiap hari tapi setiap rapat harus produktif. Selain itu, rapat juga harus untuk membahas masalah yang penting saja untuk menghemat waktu. Terlalu sering rapat, terlebih bila membahas masalah yang kurang penting, akan membuat suasana kerja tidak produktif dan karyawan juga tidak mood bekerja. Kamu bisa mengagendakan rapat setiap satu minggu atau dua minggu sekali saja agar kinerja karyawan juga maksimal. (Baca: 5 Langkah untuk Menjalankan Meeting yang Efektif)

Melakukan rolling agenda tugas

Karyawan yang tanpa melakukan tugas tanpa pernah rolling untuk tugas lainnya lebih rentan merasa bosan. Agar suasana kerja lebih produktif, sebaiknya lakukan perputaran agenda tugas antar karyawan. Sehingga tidak ada karyawan yang merasa bosan karena melakukan tugas yang itu-itu saja. Selain itu, perputaran agenda kerja juga membuat karyawan lebih tertantang sehingga berusaha untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

Sesuaikan visi misi

Dalam satu tim kerja haruslah selalu kompak. Oleh karena itu sangat penting untuk menyamakan visi dan misi. Bila ada anggota tim yang mempunyai visi misi berbeda, biasanya juga akan menimbulkan kesenjangan dalam tim tersebut.

Lengkapi fasilitas karyawan

Kantor dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman tentu saja membuat karyawan betah bekerja. Fasilitas yang dimaksud tidak hanya tentang komputer atau teknologi saja, tapi juga fasilitas untuk mengembangkan diri seperti pelatihan dan seminar. Melalui pelatihan dan seminar, karyawan bisa lebih mengembangkan diri dan potensi masing-masing. Selain itu dari pelatihan, karyawan juga bisa mengembangkan diri melalui urbanhire untuk mengupdate profil diri. Pengembangan diri sangat penting agar karyawan bisa bekerja dengan nyaman sesuai dengan potensi mereka.


Sebagai karyawan, kamu berhak mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, karena kembali lagi, performamu dalam bekerja juga bergantung pada lingkungan kerja yang baik. Jika kamu sedang mencari tempat bekerja yang memberikan lingkungan sesuai yang kamu cari, coba temukan lingkungan kerja impianmu di Urbanhire.