Urbanhire Jobseeker

5 Karakteristik Kamu Bisa Jadi CEO Masa Depan

14

Oct 2019

Blog

Urbanhire – Jika kamu mempunyai jiwa kepemimpinan yang besar dan sangat ingin menjadi seorang Direktur Utama perusahaan atau dikenal juga dengan sebutan CEO, maka ketahuilah beberapa karakteristik yang perlu kamu utamakan.  Untuk menjadi seorang CEO sebuah perusahaan, bukanlah tentang memegang semua kendali dan dengan keyakinan bahwa kamu dapat melakukan apapun yang kamu inginkan. 

Tetapi, menjadi CEO bukanlah pekerjaan yang gampang.  Kamu harus berhadapan dengan banyak orang, bukan saja dengan para karyawan, tetapi juga dengan para pebisnis lainnya.  Sesuai pekerjaannya, menjadi seorang CEO mengharuskanmu untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan, karyawan, investor, hukum, dan masyarakat.

Mengenal lebih jauh karakter CEO pada umumnya sama dimana-mana.  Yang terpenting adalah mengenal 5 karakteristik seorang CEO masa depan yang bisa menjadi panutan kamu.  Apa saja kelima karakteristik itu?  Simak ulasan berikut.

Memiliki Visi ke Arah Masa Depan

Menjadi seorang CEO yang baik haruslah mempunyai visi yang jelas untuk membangun masa depan perusahaan.  Dengan mengutamakan visi yang berisi ambisi dan optimisme seorang pemimpin, akan memberi dampak positif bagi para karyawannya. 

Jika kamu memiliki visi dan tujuan yang bagus, maka percaya dengan tujuan itu.  Mampu menginspirasi orang lain untuk menerima visi kamu adalah hal yang sangat penting dalam kepemimpinan.  Selain itu, tetap konsisten dengan visi dan misi yang kamu miliki akan memudahkan karyawan untuk bekerja dan menerima arahan.

Baca juga : 5 Ciri-Ciri Seorang Pemimpin Dalam Dunia Kerja

Semangat dan Motivasi Tinggi

Karakter CEO terpenting lainnya yang patut ditiru adalah memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk perusahaannya.  Mulailah dengan memotivasi diri sendiri untuk mendapatkan yang terbaik dari bisnis kamu, agar juga mendapatkan yang terbaik dari semua karyawan kamu.

Dengan keinginan yang besar untuk maju, maka pastinya apa yang kamu kerjakan dalam posisi CEO kamu akan membuahkan hasil demi kepentingan perusahaan.  Berpikirlah positif selalu dan tetap menunjukkan semangat agar para karyawan percaya padamu.  Dengan begitu, para karyawan akan termotivasi juga dan semangat untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Kemampuan Berkomunikasi

Salah satu karakter CEO yang tak kalah pentingnya adalah komunikasi.  Terkadang banyak orang memiliki bakat berkomunikasi yang kurang.  Namun, sebagai seorang CEO, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus.  Jika kamu senang bercerita, itulah salah satu karakter CEO yang disenangi karyawan.  Pakailah kemampuan bercerita kamu dalam berkomunikasi.

Lagi pula, komunikasi sangat penting di mana saja.  Jadi kamu perlu belajar cara berkomunikasi secara efektif karena hal ini dapat membantu meningkatkan moral karyawan.  Dalam berkomunikasi, tentu saja faktor memahami seseorang atau biasa disebut dengan people skill harus dikuasai oleh CEO.  Dengan pemahaman people skill yang baik, kamu dapat memahami diri sendiri, berkomunikasi secara efektif dan juga belajar berempati.

Baca juga : Tips Menjadi Pemimpin Bisnis

Tiada Hari Tanpa Belajar

Jika sudah menjadi seorang CEO, untuk meraih lebih banyak kesuksesan haruslah selalu siap belajar.  Belajarlah dari pengalaman dan tentunya dari orang-orang baru yang kamu temui.  Karena tiap orang dan perusahaan mempunyai strategi atau kemampuan yang berbeda.  Tak ada salahnya belajar hal-hal baru yang dapat meningkatkan performa kamu sendiri dan citra perusahaan.

Menjadi CEO pun tak luput dari kesalahan.  Tidak ada yang sempurna di dunia ini.  Pengalaman buruk atau kesalahan adalah suatu kunci menuju kesuksesan.  Karena dengan kesalahan tersebut kamu akan belajar untuk memperbaikinya dan kesalahan tersebut agar tidak diulangi lagi di kemudian hari.

Kenyataannya, seseorang yang memiliki karakter CEO pasti keingintahuannya akan sesuatu sangat tinggi dan ingin belajar terus. 

Mampu Mengambil Resiko

Tidak ada yang namanya takut akan suatu kegagalan dalam berbisnis.  Seorang CEO harus mampu mengambil resiko.  Karena biasanya dengan mengambil resiko akan menghasilkan oportunitas baru yang positif untuk perusahaan. 

Untuk mengambil resiko besar, tentu saja berkaitan dengan visi kamu sebagai seorang CEO.  Dengan karakter CEO yang satu ini, sangat penting dijalankan.  Mengapa tidak?  Karena menginvestasikan sebagian modal pribadi ataupun perusahaan ke bisnis yang sedang tumbuh memang seharusnya terjadi.  Tak hanya itu, kamu akan mempertaruhkan reputasi perusahaan pada ide yang belum terbukti. 

Pengorbanan dalam bentuk apapun sudah menjadi tradisi di setiap perusahaan.  Bahkan perusahaan besar pun harus mengambil resiko sebelum berkembang pesat.  Siapkan diri kamu menerima kemungkinan kegagalan, dan ketika gagal, jangan berkecil hati.  Tetapi, belajar lah dari pengalaman dan jalan terus tidak menoleh ke belakang.  Anggap saja sebagai mimpi yang tidak lelah kamu kejar.  Dengan kata lain, kata menyerah tidak ada dalam kamus seorang CEO berbakat di masa depan.

Jadi kesimpulannya, kepemimpinan lebih banyak memberimu tantangan.  Memang beginilah resiko pekerjaan seorang CEO.  Terlebih lagi harus bisa mengatur para karyawan dan membuat citra perusahaan dikenal kalangan banyak. 

Pikirkan segi positifnya.  Jika kamu ingin menjadi pemimpin yang hebat, sebaiknya mencari nasihat dari seorang mentor bisnis dan bahkan belajar dari eksekutif lain yang dapat membantu kamu untuk tumbuh baik secara profesional maupun pribadi.

Baca juga : Apakah Kamu Bos atau Pemimpin?

Hal-hal yang perlu kamu hindari, selain menerapkan karakter CEO yang sudah dibahas sebelumnya:

  • Berusahalah untuk membuat kehidupan tim kamu lebih mudah, daripada mempersulitnya.
  • Jangan terlalu mengontrol atau memberitahu karyawan kamu cara melakukan pekerjaan mereka.
  • Jangan pernah menghukum para karyawan yang melakukan kesalahan.

Intinya adalah, memang butuh perjuangan yang berat untuk menuju tahap menjadi seorang CEO berbakat di masa depan.  Dengan kecerdasan saja tidaklah cukup.  Memahami 5 karakter CEO diatas akan mempermudah segalanya.

“Don’t fear failure so much that you refuse to try new things. The saddest summary of life contains three descriptions: could have, might have, and should have.” – Louise E. Boone

Buat kamu-kamu yang masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kegemaranmu, terus semangat!! Banyak lowongan yang menarik dari perusahaan-perusahaan berkualitas di UrbanhireBuat akunmu dan lengkapi profilmu, sekarang juga!