perlu dilakukan setelah interview

Pada saat kamu selesai wawancara, tidak berarti bahwa kesempatan kamu untuk meninggalkan kesan yang baik selesai pula. Jika kamu benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut, jangan berdiam diri menunggu kabar. Ikuti tips-tips ini untuk meningkatkan kesempatan kamu di terima di Perusahaan itu!

  1. Pastikan mereka tahu kalau kamu tertarik

Jangan sampai pewawancara kamu bertanya-tanya tentang keseriusan kamu bekerja di perusahaan tersebut. Pastikan bahwa kamu meninggalkan kesan yang kuat bahwa kamu sangat tertarik dengan pekerjaan tersebut. Kamu dapat bilang, “Saya sangat ingin berkontribusi di perusahaan ini dan saya sangat berharap dapat terpilih.” Kamu juga bisa menanyakan tentang langkah selanjutnya, apakah hanya kandidat yang terpilih yang akan dihubungi? Kapankan mereka harus mengisi posisi tersebut? Dengan pertanyaan-pertanyaan ini, kamu menunjukan bahwa kamu sangat antusias dengan pekerjaan ini.

  1. Lakukan follow-up

Hal seperti ini mungkin agak jarang dilakukan tapi untuk menunjukkan bahwa kamu snagat menginginkan pekerjaan itu kamu bisa menanyakan dengan sopan cara untuk melakukan follow up. “Terima kasih untuk waktunya, apakah memungkinkan untuk menghubungi bapak/ibu kembali untuk menanyakan status mengenai aplikasi saya? ” Kalaupun mereka berkeberatan untuk dihubungi kembali secara langsung, palingan kamu akan dibilang untuk menunggu hasil dari mereka. Setidaknya, kamu sudah berusaha menunjukkan kalau kamu serius terhadap pekerjaan ini.

  1. Tepati janjimu

Biasanya setelah interview, HR atau rekruter akan meminta kamu untuk mengirimkan beberapa dokumen dan juga referensi. Kalau kamu sudah bilang akan mengirimkannya ‘besok pagi’ , pastikan bahwa dokumen dan informasi yang diminta kamu kirimkan besok pagi. Hal ini akan mencerminkan keprofesionalan kamu dalam bekerja.

  1. Ucapkan terima kasih

Kirimkan email ucapan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Email kamu enggak perlu panjang dan berbelit-belit, buat yang simple saja. Dan jangan tunda-tunda mengirimkan email ini karena akan keburu basi. Menurut pakar, email seperti ini lebih baik dikirimkan dalam waktu 24 jam setelah kamu selesai interview.

  1. Ditolak?

Kamu sudah menunggu dan menunggu dan akhirnya kabar buruk yang kamu terima. Terima penolakan ini dengan lapang dada. Mungkin sekarang bukan saatnya kamu bergabung dengan perusahaan itu. Jadi, jangan berkecil hati dan jangan lupa untuk selalu meninggalkan kesan baik. Apabila kabar tersebut kamu terima melalui email, kamu bisa membalas email tersebut dengan ucapan terima kasih atas kesempatannya mempertimbangkan aplikasi kamu. Dan mungkin kamu juga ingin menambahkan bahwa kamu ingin mendapatkan feedback agar dapat lebih baik lagi di kesempatan yang selanjutnya.

Kalau kamu masih mencari karir impian kamu, cari saja di Urbanhire. Kamu bisa mencari ribuan lowongan dalam sekali klik. Lebih mudah bukan?