Harus Kamu Tanyakan Saat Wawancara

Selamat! Kamu berhasil dipanggil untuk wawancara dari sekian banyak kandidat yang melamar ke perusahaan yang sama. Kami tahu kamu agak (atau sangat) gugup. Itu wajar, apalagi bagi fresh graduate yang baru pertama kali melamar kerja.

Tapi, jangan sampai hal ini malah menggagalkan wawancara. Soalnya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Selain jawaban yang oke, kamu juga harus siap menanyakan beberapa hal kepada pewawancara.

Kok yang bertanya malah yang diwawancara? Tenang, ini nggak akan membuat kamu terlihat nggak sopan. Malah, mereka berharap kamu melakukan ini, kata Jerome Ternyck, CEO dan founder dari SmallRecruiters.

Simak berikut lima pertanyaan yang bisa kamu ajukan.

Kandidat seperti apa yang kalian cari untuk mengisi posisi ini?

Pertanyaan ini nggak hanya membuat kamu tahu kandidat seperti apa yang mereka inginkan, tapi juga membuat kamu memperbaiki jawaban yang mungkin kamu lupa atau kurang maksimal menjawabnya.

Tim atau siapa saja yang akan bekerja sama dengan orang yang mengisi posisi ini?

Dengan begini kamu bisa kenali dahulu orang atau posisi orang yang bekerja denganmu. Setelah wawancara selesai, kamu bisa mulai googling seperti apa mereka seperti lewat media sosial atau profil LinkedIn.

Jika saya terpilih, hal apa aja yang kalian harapkan dari saya ke depannya?

Jika biasanya kamu ditanya, seperti apa kamu di lima atau sepuluh tahun ke depan, kamu bisa bertanya balik hal ini ke mereka. Misalnya aja, mereka menginginkan kamu yang sekarang melamar untuk posisi graphic designer, naik pangkat menjadi art director dalam tiga tahun ke depan. Nah, dengan begini kamu bisa tahu skill seperti apa yang harus kamu tingkatkan, menambal kekurangan dan memaksimalkan kelebihan kamu.

 Apa sih visi dan misi perusahaan kalian?

Mungkin kamu telah membacanya di situs mereka atau kolom lowongan kerja Urbanhire. Tapi tidak ada salahnya kamu menanyakan atau memperjelas hal tersebut kepada mereka. Pertanyaan ini dapat membuat kamu bisa menghubungkan posisi yang kamu lamar dengan tujuan perusahaan.

Apa proses selanjutnya setelah wawancara?

Kamu juga bisa melontarkan pertanyaan serupa seperti, “Kira-kira kapan yang pengumumannya?”, “Apakah setelah ini ada proses wawancara lainnya?” Pewawancara pun bisa melihat bahwa kamu antusias untuk bekerja di perusahaan mereka.

Sudah siap diwawancara? Semoga beruntung! Jika belum, jangan patah semangat karena kamu bisa terus mencari lowongan pekerjaan yang sesuai di Urbanhire.

Share Pendapat Kamu
Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!