5 Cara Naik Jabatan

Naik jabatan biasanya jadi salah satu target dalam bekerja. Masalahnya, nggak semua karyawan bisa mendapatkannya.

Buat yang bilang naik jabatan cuma tinggal tunggu waktu aja harus berpikir ulang. Soalnya, bisa aja kinerja kamu nggak kelihatan sama atasan. Naik jabatan pun jadi tinggal impian. Jadi ambisius untuk naik jabatan pun nggak disarankan. Amy Hoover dari Talent Zoo bilang, banyak atasan yang nggak suka sama karyawan “penjilat” dan berdampak buruk bagi karir ke depannya.

Jadi apa dong yang harus dilakukan? Berikut caranya!

Selesaikan Pekerjaanmu

Dengan baik tentunya. Apalagi yang terkait dengan target kamu. Misalnya ingin bisa presentasi di depan klien sendiri tanpa bantuan atasan. Mungkin juga mencapai penjualan lebih baik daripada kemarin.

Tunjukkin Komitmen Terhadap Pekerjaan

Jika kamu hanya bergantung pada menyelesaikan pekerjaan saja, itu nggak cukup. Komitmen kamu dalam bekerja juga dapat ditunjukkan dengan menambah pengalaman atau pengetahuan. Nggak harus kuliah lagi kok, ambil aja workshop atau ikut kelas webinar yang sesuai dengan pekerjaan kamu. Pastikan teman kerja terutama atasan kamu tahu saat kamu lulus kelas tersebut dan tentunya mempraktekannya dalam pekerjaan juga.

Baca juga:  Akselerasi Karirmu dengan 5 Hal Ini!

Beri Tahu Bos Kamu

Bukannya harus pamer atas setiap pekerjaan yang harus kamu selesaikan, tetapi atasan kamu harus tahu kamu ada dan bekerja. Menurut Jeffrey Pfeffer, profesor dari Stanford Graduate School of Business, kehadiran adalah hal penting untuk menjadi orang-orang yang naik jabatan, naik gaji dan mendapatkan kesempatan. Caranya bukan harus lapor setiap saat, tapi kamu mungkin bisa men-CC bos dalam email saat kamu mengirimkan pekerjaan ke klien atau aktif saat meeting dan brainstorming. Bisa juga kamu rajin bertanya seperti meminta saran untuk pekerjaan kamu.

Santai Saja

Jangan buru-buru untuk naik jabatan, apalagi jika kamu baru masuk kerja. Kamu harus melakukan adaptasi tempat kerja dan mungkin mencari tahu intrik politik di kantor. Bikin dulu target kamu, tentunya promosi bisa masuk ke dalam target jangka menengah dan panjang.

Baca juga:  Konflik Kantor Jangan Dihindari, Tapi Dihadapi

Cari Waktu yang Tepat

Jika kamu merasa sudah siap untuk mendapatkan promosi atau naik jabatan, lakukan di saat yang sesuai. Sebelum mulai kamu harus mengirim e-mail terlebih dahulu dan meminta waktu untuk bertemu dan mengobrol mengenai pekerjaan kamu di kantor. Menurut Lynn Taylor penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant; How to Manage Childish Boss Behaviour and Thrive Your Jab, hindari ngobrol sebelum makan siang dan sore hari sebelum pulang. Jika bos kamu tidak waktu, lebih baik menunggu.

Semoga kamu sudah siap naik jabatan! Jika kami merasa sudah mentok dalam karirmu, mungkin saatnya cari pekerjaan baru. Segera buat profile kamu di Urbanhire.

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Anda pantas mendapatkan karir yang Anda sukai

Dapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah karir yang membuatmu senang dan bahagia


You have Successfully Subscribed!