Membuat resolusi karier

Masih ingat dengan resolusi tahun 2017? Apakah sudah tercapai semuanya? 2018 sudah tiba, sekarang saatnya membuat resolusi baru untuk kariermu di 2018.

Mungkin kamu sudah membuat resolusi baru untuk hal lain dalam hidup, tapi bagaimana dengan karier? Sama halnya dengan keuangan atau percintaan, perjalanan karier juga harus mempunya resolusi yang jelas tentang apa yang ingin kamu capai dalam satu tahun kedepan. Bila tidak direncanakan dalam resolusi, kamu hanya akan berusaha bekerja lebih baik saja setiap bulan tanpa ada target yang jelas.

Pencapaian dalam karier bisa berarti banyak hal dan berbeda bagi setiap orang. Namun secara umum, kita pasti menargetkan yang terbaik. Berikut ini beberapa resolusi karier yang bisa jadi referensi kamu.

Evaluasi diri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah evaluasi diri. Kamu bisa mengenali dan memahami apa ketakutan yang selama ini menghambat perjalanan karier kamu. Selain itu, kalau kamu pernah membuat resolusi dan mengalami kegagalan, kamu bisa lebih berhati-hati agar tidak mengulangi kegagalan yang sama. Jangan membuat resolusi yang biasa, tapi buatlah resolusi yang benar-benar bisa meningkatkan kualitas kariermu di tahun 2018.

Upgrade pekerjaan

Cobalah ingat-ingat hal apa saja yang kurang kamu sukai di pekerjaan yang sekarang. Apakah gaji yang kecil atau suasana kantor yang tidak menyenangkan? Kalau kamu merasa bila pekerjaan yang sekarang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan ragu untuk upgrade karier kamu atau mencari pekerjaan lain yang memang sesuai dengan passion kamu. Jalan yang kamu tempuh memang tidak akan mudah tapi kalau bertahan di zona nyaman tidak membuat karier kamu berkembang, jangan ragu untuk melakukan perubahan. Ada banyak situs yang menyediakan informasi pekerjaan yang bisa kamu jadikan loncatan untuk upgrade karier.

Membangun jaringan yang kuat

Kemajuan karier adalah tentang jaringan yang kuat. Semakin kuat jaringan yang kamu miliki, kamu akan punya potensi yang besar untuk karier yang sukses. Di tahun 2018, jangan ragu untuk membangun relasi yang kuat dengan berbagai kalangan sebagai pondasi untuk kemajuan karier kamu.

Menentukan arah karier

Kalau kamu melihat kembali di tahun 2017, pencapaian apa sajakah yang sudah didapat? Jangan-jangan kamu hanya bertahan di zona nyaman saja. Untuk tahun 2018, kamu harus bisa menentukan arah karier yang jelas. Tanpa arah karier yang jelas, kamu hanya akan berjalan di tempat yang sama. Tentukan apa yang harus kamu capai dalam karier di tahun ini, apakah gaji yang besar atau posisi yang bagus, atau lainnya.

Sesudah menentukan kritera pencapaiannya, cek lowongan tersedia di Urbanhire dan aktifkan fitur job alert. Supaya kamu terus mendapatkan update mengenai posisi yang sesuai dengan kriteria yang kamu miliki.