Jobseekers-4-Hal-yang-Dicari-Perekrut-Ketika-Mereka-Mencari-Informasi-Anda-Secara-Online

Urbanhire – Zaman yang serba digital dengan alur yang semakin cepat semakin mendorong berbagai hal menuju titik yang mau tak mau harus dapat kita imbangi pula. Efektifitas waktu dan efisiensi biaya merupakan titik ukur yang seringkali menjadi alasan utama. Begitu juga untuk hal perekrutan tenaga kerja yang saat ini telah sering dilakukan via online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Pencarian online perekrut tenaga kerja ini pun sekarang telah memiliki beberapa metode khusus dalam memilih atau menjaring calon tenaga kerja.

Di sisi lain, pencarian online perekrut tenaga kerja tersebut begitu diminati oleh para calon tenaga kerja. Dalam hal ini, salah satu metode yang sering dilakukan oleh pencari kerja dalam proses rekrutmen online adalah dengan mengaktifkan profile ataupun akun pada berbagai situs pencarian kerja terkemuka, semisal JobsDB, JobStreet, dan sejenisnya. Mudah dan praktis adalah yang menjadi faktor utama para pencari kerja memiliih metode online dalam mencari pekerjaan. Akan tetapi yang harus disadari, tentunya terdapat hal-hal yang menjadi perhatian perekrut kerja dalam menggunakan metode online tersebut. Terlebih dengan kemudahan serta kepraktisan metode pencarian kerja online ini, pastinya para pelamar kerja pun semakin banyak jumlahnya dan pada akhirnya menambah tingkat persaingan yang tercipta. Jadi, untuk dapat lebih memaksimalkan berbagai kesempatan pekerjaan di berbagai situs perekrutan tersebut, ada beberapa hal yang sering menjadi bahan pertimbaangan perekrut dalam memilih calon pekerjanya.

Baca juga : 3 Alasan Untuk Melengkapi Profile Kamu

Pertama, yang harus disadari adalah perihal kepraktisan. Alasan utama pencarian online perekrut tenaga kerja adalah efektifitas dan efisiensi. Jadi, pihak perekrut pun ingin mencoba dengan waktu yang instan dan mudah menemukan pekerjanya dengan kriteria yang telah ditentukan. Bagi para pelamar kerja yang merasa dapat memenuhi syarat perekrut, maka berupayalah agar perekrut dapat mudah menemukannya. Kunci untuk memudahkan perekrut dalam menemukannya adalah calon pelamar hendaknya  memberikan informasi tentang dirinya secara menyeluruh alias jangan setengah-setengah. Segala informasi tersebut sekiranya dapat menunjukkan jati diri sang pelamar yang sesungguhnya. Salah satu caranya adalah dengan memilih opsi “dapat dicari dengan detail kontak” pada profil pencarian rekrutan online yang dimiliki calon pelamar. Agar mudah ditemukan dalam pencarian online perekrut tenaga kerja, usahakan agar tetap berada pada urutan teratas hasil pencarian situs-situs perekrutan online tersebut. Jadi, jangan malas meng-update profile agar sebisa mungkin berada di garis terdepan kompetisi. Pastikan bahwa detail kontak kita benar-benar akurat dan merupakan detail terbaru.

Baca juga : 5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Interview!

Kedua, yang perlu diperhatikan oleh pencarian online perekrut tenaga kerja adalah profile yang kita miliki. Profile inilah hal pertama akan dilihat dari diri kita setelah perekrut memasukkan kita ke dalam salah satu kandidat potensialnya. Kita harus memastikan profile tersebut mampu menghantarkan kita pada suatu posisi yang ideal dengan fokus menampilkan berbagai prestasi serta keterampilan khusus yang kita miliki. Prestasi yang ditampilkan pun terukur dengan penggunaan kata-kata yang kuat dan ‘menjual’. Bagi fresh graduate, ada baiknya memfokuskan pada aktivitas kuliah atau sekolah yang sebaiknya relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Kemampuan-kemampuan seperti kompetensi, kepemimpinan, serta kesiapan dari diri kita hendaknya ditonjolkan juga.  Hal lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan strategi mirroring. Maksudnya mirroring disini adalah mengadaptasi atau meniru beberapa kata atau kalimat yang sering tercantum pada sebuah lowongan pekerjaan dalam hal mengenali sifat ataupun skill yang dicari oleh perekrut pekerjaan. Profil tersebut hendaknya senantiasa dikoreksi secara seksama. Hindari coba meremehkan profile online yang kita miliki. Setiap detail profile hendaknya dicek untuk memastikan apakah ada kekeliruan seperti salah ketik, eja dan sebagainya. Sebuah profile dengan kesalahan dalam shaloal pengetikan, error, dan sejenisnya tentunya bisa mengurangi bahkan membuat enggan pencarian online perekrut tenaga kerja untuk memasukkan kita ke dalam daftar kandidat potensialnya. Perspektif mereka atas kekeliruan ini adalah, sebuah ketidaktelitian hingga ketidakseriusan dalam melamar pekerjaan.

Baca juga : 5 Hal Yang Harus Kamu Tanyakan Saat Wawancara

Ketiga, perhatikan resume yang dimiliki. Resume yang terdapat di profile kita seringkali diperhatikan secara seksama dan benar-benar oleh pencarian online perekrut tenaga kerja. Dalam membuat resume ini, ada dua poin  yang harus diperhatikan. Poin  pertama yaitu mengenai personal record. Personal record atau rekam jejak meliputi beberapa hal seperti asal sekolah atau universitas, nilai IPK, berbagai pengalaman organisasi, pelatihan, dan berbagai pengalaman kerja. Satu lagi yang terpenting adalah kesemua riwayat tersebut mampu ditelusuri kebenarannya. Poin selanjutnya adalah kesesuian rekam jejak kita dengan posisi yang dilamar. Tentunya sangat sulit berharap diterima bila apa yang kita tampilkan memiliki ketidaksesuaian dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Baca juga : 5 Tips Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja

Keempat, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya pada pencarian online perekrut tenaga kerja adalah mencermati berbagai media sosial yang dimiliki. Jangan sekali-sekali meremehkan hal ini. Berbagai HRD perusahaan ternama yang melakukan perekrutan secara online menilai seseorang dari media sosial pelamarnya. Justru informasi mengenai diri kita yang terpampang di media sosial inilah yang dirasa lebih orisinil. Begitu juga dengan berbagai hal yang kita tunjukkan pada profile, dimana ini senantiasa disesuaikan dengan apa yang telah ada di media sosial. Kepribadian, karakteristik, kreatifitas, dan hal lain yang menyangkut kualitas diri, dapat juga dinilai dari apa yang ada di media sosial tersebut. Cobalah untuk selalu mencantumkan alamat media sosial yang dimiliki pada profile kita. Hal ini penting karena melalui link tersebutlah perekrut kerja akan termudahkan dalam menemukan media sosial yang dimiliki pelamar kerja.

Itulah beberapa hal yang selalu dicari perekrut kerja ketika hendak melakukan pencarian tenaga kerja secara online. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cari kerja? Coba cari di Urbanhire. Banyak lowongan yang terbuka dan menanti untuk kamu lamar! Sebelum melamar, jangan lupa untuk membuat akun Urbanhire dan lengkapi profilnya ya!