Urbanhire Jobseeker

3 Tanda Pekerja Harus Mulai Mengeksplorasi Karirnya

24

Apr 2019

Jobseekers-3-Tanda-Eksekutif-Harus-Mulai-Mengeksplorasi-Karirnya No Tags

Urbanhire – Apa itu Exploring Executive Career? Masih berkaitan dengan karir pekerjaan di sebuah kantor atau perusahaan tertentu. Kamu yang berencana bekerja menjadi seorang karyawan atau karyawati sudah seharusnya mengetahui masalah ini. Atau mungkin, kamu yang sekarang sudah bekerja di sebuah kantor dan memulai proses meniti karir pekerjaannya. Jangan sampai bekerja di kantor hanya berpatokan pada gaji dan kenyamanan bekerja saja. Keduanya memang penting dan menjadi motivasi yang bagus agar bisa selalu bersemangat dalam bekerja sehari-hari. Namun demikian, hal tersebut belum cukup untuk mengantarkan kamu ke jenjang karier yang lebih tinggi. Lebih spesifiknya, yaitu mengantarkan untuk memperoleh posisi atau jabatan menengah atau tinggi di kantor. Maka dari itu, silahkan kamu membaca, mengetahui, dan memahami terlebih dulu tulisan yang akan dibahas berikut.

Kamu sekalian juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa tanda yang disarankan bagi para eksekutif muda untuk mulai mengeksplorasi karir pekerjaannya. Hal itu dikarenakan jenjang karir pekerjaan tiap orang atau karyawan berbeda. Ada yang begitu cepat, biasa-biasa saja, hingga yang begitu lamban. Salah satu faktor yang menyebabkannya, yaitu daya tahan dan perjuangan seorang karyawan untuk mencapai karirnya tersebut. Memang terkesan ambisius, tetapi memperjuangkan karir pekerjaan di sebuah kantor atau perusahaan sangatlah penting.

Baca juga : 4 Cara Bangun Personal Branding Kamu

Kamu mungkin berpikir bahwa karier pekerjaan biarlah mengalir saja secara normatif. Tak perlu memperjuangkan terlalu keras yang hanya akan membuat teman atau rekan kerja sekantor berpikiran macam-macam. Kondisi semacam itu semakin diperparah dengan konflik interpersonal karyawan, yang pada akhirnya berdampak buruk pada kinerja. Berkompetisi atau bersaing boleh-boleh saja, tetapi harus sehat dan sportif. Pasalnya, jenjang karir pekerjaan yang semakin ke atas pasti berbanding lurus dengan kesejahteraan karyawan yang bersangkutan. Posisi dan jabatan semakin menyenangkan. Ditambah nominal gaji semakin besar. Selain itu, masih ada bonus, tunjangan, dan lain sebagainya menanti. Itulah motivasi dan alasan utama tiap karyawan dituntut untuk memperjuangkan karir pekerjaannya agar semakin naik. Jangan hanya pasif dan menerima apa adanya saja. Lagipula, karyawan lainnya juga melakukan hal sama.

Dengan semua penjelasan diatas, maka ada situasi yang disebut Exploring Executive Career. Kamu yang sekarang masih berprofesi sebagai karyawan kecil dengan gaji pas-pasan sudah waktunya menunjukkan diri agar bisa mencapai jenjang karir pekerjaan lebih tinggi. Sebelum melakukannya, ada tiga tanda yang perlu kamu ketahui kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Rasa percaya diri yang memuncak dengan pembuktian yang sepadan

Anda merasa begitu percaya diri bisa menjadi sosok leader atau pemimpin di kantor. Rasa percaya diti tersebut tentu saja beralasan dan didukung bukti yang kuat. Misalnya, loyalitas pada perusahaan yang sudah terbukti kuat dengan rentang waktu cukup lama mampu bertahan dan tidak resign. Selain itu, disiplin kerja dan waktu di kantor yang dinilai memuaskan. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan absensi tiap harinya. Ditambah berperilaku baik, tidak membuat masalah, serta tidak menciptakan keonaran. Namun yang paling berpengaruh dalam pembuktian ini, yaitu kinerja dan hasil pekerjaannya yang bagus. Kesalahan bisa diminimalisir sehingga tidak membuat kecewa atasan. Dengan kondisi seperti itu, sudah waktunya Anda mau dan mampu menunjukkan Exploring Executive Career. Tujuan utamanya memang mencari peluang agar jenjang karier meningkat, tetapi hal itu tetap membutuhkan proses.

Baca juga: 3 Cara Jitu Temukan Karir Impian

Timing yang tepat

Jika kamu belum siap untuk menunjukkan jiwa kepemimpinan di depan atasan maupun rekan kerja, jangan memaksakan diri untuk melakukannya. Jadi, semua harus diperhitungkan dan dipertimbangkan secara matang. Tidak boleh sembarangan atau sekedar ikut-ikutan saja. Jika dipaksakan, bukan tidak mungkin malahan menjadi bumerang bagi kamu. Bukannya atasan terkesan dan bangga, tetapi malahan sebaliknya. Kamu pun malu dan tercoreng namanya sebagai seorang karyawan. Bahkan, cap penjilat menjadi yang sangat memalukan. Maka dari itu, tentukan waktu yang tepat untuk melakukan Exploring Executive Career. Apalagi kamu yang sudah dianggap sebagai karyawan senior dan bekerja cukup lama di kantor. Kamu sudah dianggap teladan bagi karyawan-karyawan junior. Jangan sampai memalukan diri sendiri di hadapan mereka yang bisa menjadi bahan tertawaan saja.

Baca juga: Orang-Orang yang Mengganti Haluan Karir Adalah Karyawan yang Tepat

Posisi jabatan yang kosong

Terkadang, kesempatan untuk menunjukkan Exploring Executive Career tidak selalu ada. Kadang peluang dan kesempatan terbuka, tetapi tidak diketahui. Namun, kadang juga tidak ada peluang tetapi karyawan yang mengadakannya sendiri. Kamu yang ingin menunjukkan bahwa siap memimpin serta mengisi sebuah jabatan yang kosong harus mengetahui ada tidaknya peluang tersebut. Bila diketahui ada peluang untuk masuk, jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera melakukannya. Daripada kamu keduluan oleh karyawan sekaligus rekan kerja lainnya yang sama-sama bertujuan sama. Kamu yang mungkin sudah senior dan bekerja lama di kantor tersebut bisa melakukan langkah-langkah yang lebih efektif dibanding kompetitor lainnya. Perlu diingat bahwa bekerja di perusahaan tetaplah berkompetisi jika ingin jenjang karirnya naik lebih cepat. Tentu saja berkompetisi dengan cara-cara yang elegan dan sportif. Yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu menjadi pemenangnya.

Baca juga: Cara Menanjak Jenjang Karir Sambil Tidur

Setelah membaca uraian di atas, diharapkan  kamu semakin paham arti mengenai Exploring Executive Career. Jika sudah paham, jangan hanya dijadikan tambahan pengetahuan saja di dalam otak. Namun, kamu harus segera mengatur rencana dan strategi yang matang agar mampu memenangkan kompetisi di dunia kerja. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan semoga sukses selalu.

Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana trik-trik untuk melangkah ke jenjang karir yang lebih baik supaya bisa mengembangkan karir mu lebih lagi? Buat kamu para jobseeker yang masih mencari pekerjaan yang sesuai, selain CV kamu yang harus dipercantik, jangan lupa Cover Letter kamu juga harus menarik! Terus setelah siap dengan CV dan Cover Letter kamu, jangan takut engga bisa dapat kerjaan. Yukkk intip deh sekarang juga berbagai lowongan pekerjaan yang pastinya menarik dan ok banget buat kamu coba job seeker. Yang sudah punya akun di urbanhire, jangan lupa untuk lengkapi profilmu, agar mempunyai peluang lebih banyak lagi untuk di lirik oleh perusahaan-perusahaan yang sedang mencari pekerja.