Urbanhire Jobseeker

3 Cara untuk Dipromosikan Menjadi Manager

1

Aug 2018

3 Cara untuk Dipromosikan Menjadi Manager

Berapa tahun Anda bekerja? 5 tahun? Atau sudah menginjak dua dekade? Jika jawaban Anda adalah yang kedua–atau kurang lebihnya, maka seharusnya Anda sudah memiliki jabatan yang sangat bagus. Tetapi, tak jarang ada karyawan yang telah mengabdi cukup lama, namun jabatannya tak kunjung naik, apalagi gaji dan tunjangannya. Memang, promosi jabatan tidak terjadi setiap tahun. Bahkan menjadi manager pun tidak dapat dengan mudah diraih, terutama di perusahaan-perusahaan milik perorangan. Banyak karyawan merasa tidak puas dengan kondisi ini dimana mereka akhirnya memutuskan untuk resign. Padahal, mereka belum tentu pula dapat meraih posisi yang mereka inginkan di perusahaan baru. Mereka yang mendapatkan promosi jabatan tentu telah dianggap siap untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar pula.

Pada dasarnya, promosi jabatan merupakan prestasi membanggakan meski hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah melampaui berbagai macam ‘tes’. Simak 3 cara untuk dipromosikan menjadi manager, dimana tiga cara ini justru sempat tidak terpikirkan.

1. Meringankan Tugas Atasan

Bukan berarti seorang calon manajer harus menjadi ‘pesuruh’. Dalam hal ini, karyawan yang dapat meyakinkan atasan bahwa ia mampu meringankan beberapa tanggung jawab yang seharusnya diemban oleh atasan, adalah sosok yang dapat dipercaya. Asal tahu saja, terkadang beberapa karyawan tak ingin terlihat mengemban tanggung jawab terlalu banyak karena khawatir dianggap ‘cari muka’. Mulai saat ini, pastikan Anda tak ragu untuk turut meringankan tugas bos sehingga Anda menjadi sosok karyawan yang dapat dipercaya.

2. Mantapkan Kerjasama Tim

Pernahkah Anda menyaksikan pertandingan sepakbola tim yang memiliki seorang striker dengan ambisi menggiring bola sendirian supaya ia yang dapat mencetak gol sendirian? Tipe individu yang seperti ini bukanlah golongan orang yang akan mendapat promosi sebagai manajer. Mereka yang berpotensi mendapat promosi sebagai manajer adalah sosok yang membantu pekerjaan rekan setim sehingga tim tersebut segera selesai mencapai target. Jadi, mulai saat ini, jangan takut tidak terlihat berprestasi dengan mengabaikan rekan di dalam sebuah tim. Banyak pula karyawan yang tak ingin membagi pekerjaan kepada pegawai yang baru bergabung, dengan alasan khawatir jika tersaingi. Padahal, hal ini tentu tidak disarankan apabila ia ingin segera mendapat kesempatan untuk dipromosikan menjadi manajer.

3. Menambah Ilmu Baru

Jangan pernah berpikir bahwa kita telah mengetahui segala sesuatu, terlepas dari lamanya waktu bekerja kita dalam sebuah perusahaan. Inovasi selalu tercipta setiap hari. Jika kita tak menambah ilmu dan wawasan, maka kita pasti kalah inovatif dengan karyawan-karyawan baru yang baru lulus kuliah atau pernah bekerja di perusahaan lain. Jaman now, kreatifitas yang berbicara, bukan sekedar kecerdasan semata

Tidak sulit mendapatkan kesempatan untuk promosi, bahkan tips mudah seperti tersebut diatas sempat tak terpikirkan oleh mayoritas karyawan, terutama yang telah mengabdi di sebuah perusahaan selama lebih dari sepuluh tahun. Lihat dan lamar pekerjaan-pekerjaan impian Anda hanya di Urbanhire. Lengkapi profil Urbanhire-mu dengan mencantumkan pengalaman-pengalaman bekerjamu.