Urbanhire Jobseeker

24 Jam Rasanya Masih Gak Cukup Buat Nyelesain Pekerjaan?

20

Jan 2020

Blog

Urbanhire – Apakah kamu sering merasa jika satu hari 24 jam belum cukup untukmu karena aktivitas yang menggunung? Terkadang merasa belum melakukan apa – apa sudah malam. Atau baru saja memejamkan mata sudah pagi lagi. Jika hal tersebut yang kamu rasakan, masalahnya bisa jadi bukan pada waktu yang terbatas, namun pada cara kamu untuk mengelola waktu serta aktivitas kamu sendiri. Namun tak perlu khawatir, kita akan membahas tentang cara untuk bisa atur waktu agar lebih maksimal. Berikut adalah beberapa kiat jitu bijaksana mengatur waktu:

1. Membuat Catatan Pada Setiap Hari
Untuk mengatur waktu menjadi lebih maksimal, kamu bisa mulai dengan membuat suatu catatan kegiatan dengan cara mencatat apapun yang dilakukan setiap 15 menit. Hal tersebut dalam satu hari, dimana dilakukan selama 2 minggu. Kemudian nantinya bisa mencoba untuk mulai melakukan evaluasi serta melihat bagaimana cara kamu untuk menghabiskan semua waktumu tersebut.

Apakah sering menonton televisi dengan keluarga, kemudian jalan – jalan, menonton film, bermain sosial media ataupun yang lainnya. Catatan dari semua kegiatanmu tersebut akan sangat berguna untuk bisa membantu mengetahui seperti apa caramu untuk menghabiskan waktu. Selain itu juga mengetahui kegiatan apa saja yang menyita waktu. Dengan demikian nantinya kamu dapat lebih realistis di dalam membuat jadwal harian.

Baca juga: Karyawan yang Diberi Waktu untuk Bermain Terbukti Lebih Produktif

2. Menetapkan Prioritas Kegiatan
Setelah nantinya kamu tahu dan paham seperti apa caranya untuk menghabiskan waktu serta kegiatan yang paling banyak menyita waktu, maka kita menuju ke tahap selanjutnya. Dimana kamu perlu menetapkan prioritas kegiatan. Karena melakukan prioritas tersebut merupakan suatu tahap yang terpenting dan wajib dilakukan di saat kamu ingin mengelola waktu secara baik.

Cara yang paling efektif untuk menentukan kegiatan prioritas ini sendiri adalah dengan membagi kegiatan menjadi beberapa. Seperti penting, mendesak, kurang penting atau tidak penting. Kemudin kamu bisa menggunakan pembagian dari kegiatan tersebut untuk panduan dalam beraktivitas. Usahakan untuk fokus pada kegiatan yang mendesak atau penting. Dengan demikian usaha kamu untuk atur waktu menjadi lebih efektif.

3. Menggunakan Catatan
Lalu tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan buku catatan untuk bisa membantu kamu mengatur jadwal – jadwal kamu. Baik itu asli maupun berbentuk aplikasi yang dapat kamu download di smartphone kamu. Karena dengan menggunakan catatan tersebut, nantinya dapat mempermudah kamu tetap di jalur yang benar. Selain itu juga menghindarkan kamu dari beberapa kegiatan yang mungkin akan menyia – nyiakan waktu berhargamu.

4. Merapikan Semua Barang Kamu
Merapikan beberapa barang seperti baju, buku, kertas sampai dengan pernak pernik yang dimiliki tentu saja akan bermanfaat agar nantinya kamu tak lagi kelimpungan di saat membutuhkannya. Karena sering kali kamu menghabiskan waktu lebih dari 1 jam hanya untuk mencari kunci motor yang terselip ataupun yang lainnya.

Dengan demikian, untuk dapat membuat waktu menjadi lebih efisien serta tak buang – buang waktu, kamu bisa mulai untuk merapikan beberapa barang kamu sekarang ini. Cara atur waktu satu ini memang dirasa cukup efektif untuk dilakukan.

Baca juga: 7 Cara Agar Pulang Kantor Tepat Waktu

5. Memberikan Waktu Untuk Me Time
Kamu juga tetap perlu memberikan waktu sendiri, atau yang lebih sering disebut dengan “me time” di sela – sela jadwal kegiatan harian kamu. Karena mengatur jadwal serta mengelola waktu tidak hanya berkaitan dengan apa saja yang harus dilakukan. Namun apa yang ingin kamu lakukan.

Kamu bisa membayangkan jika di dalam satu hari kamu harus bekerja tanpa adanya alokasi waktu untuk beristirahat. Tentunya akan merasakan stres dan jatuh sakit karena memaksakan diri. Oleh karena itu usahakan untuk meluangkan waktu pada penghujung hari. Misalnya saja jam 5 ataupun setelah maghrib untuk bisa melakukan suatu kegiatan yang menjadi hobi kamu.

6. Meminta Bantuan Orang Lain
Tak jarang jika kegiatan yang kamu lakukan tak berjalan sesui rencana, dengan demikian waktu dan jadwal dari kegiatan terasa terbengkalai. Pada saat hal tersebut terjadi, pada dasarnya merupakan sebuah tanda jika kamu membutuhkan pertolongan orang lain.

Paling tidak untuk melakukan beberapa kegiatan, misalnya meeting atau kegiatan yang dirasa kurang begitu penting. Karena dengan meminta tolong kepada orang lain, tentunya kamu bisa mempunyai waktu tambahan untuk bisa melakukan kegiatan yang lebih penting, dimana menyita waktu yang lebih banyak daripada perkiraan awal. Atur waktu sebaik mungkin dalam tahap ini sehingga waktu kamu tidak akan terbuang percuma.

7. Hindari Menunda Kegiatan Mendesak
Sebuah kebiasaan untuk menunda merupakan sebuah hal yang buruk serta harus dihilangkan mulai saat ini. Karena selain tidak produktif, kebisan tersebut juga akan membuat hari – harimu menjadi berantakan serta mencegah kamu untuk lebih sukses dalam semua hal. Bisa dibayangkan seperti apa stresnya jika hari – hari kamu jika harus bekerja lebih dari 24 jam atau bahkan harus membawa pekerjaan kamu sampai ke rumah?

Baca juga: Gimana Biar Gak Tergoda Menunda Pekerjaan?

8. Sedikit Menjauh Dari Gadget Saat Melakukan Kegiatan
Kamu juga perlu untuk menjauhkan smartphone, dalam artian jangan terlalu fokus dengan gadget seperti membuka sosial media ataupun yang lainnya saat sedang melakukan hal penting. Hal satu ini harus dilakukan karena sering kali akan menghabiskan waktu kamu, meskipun tidak disadari. Selain itu sangat penting untuk membuat kamu menjadi lebih fokus dengan melakukan kegiatan yang dirasa penting.

9. Lebih Fokus Pada Satu Kegiatan
Lebih fokus dalam satu hal akan jauh lebih baik jika dilakukan, karena jika kamu nantinya berpikir jika multitasking akan lebih menghemat waktu, tentu saja salah besar. Karena hal tersebut justru tidak efektif dan efisien karena justru akan membuatmu kehilangan waktu yang lebih untuk bisa mengembalikan fokus kamu karena harus berganti – ganti kegiatan. Jadi pastikan untuk atur waktu dengan fokus pada satu kegiatan terlebih dulu, kemudian jika sudah selesai baru beralih ke hal lain.

Nah jika kamu sudah berhasil mengatur waktu dan tidak menunda pekerjaan dalam kehidupan kerjamu, kamupun bisa naik tingkat dalam hal berkarier. Lihat lowongan-lowongan pekerjaan yang tersedia yang cocok untuk kamu lamar di Urbanhire! Jangan lupa lengkapi akunmu ya UrbanGen.