Urbanhire Jobseeker

12 Tips Buat Kamu Bertahan di Tempat Kerja yang Gak Nyaman

11

Mar 2020

Blog

Urbanhire – Bagi sebagian besar individu, kata seperti “kerja” dan juga “tidak nyaman” memiliki arti yang hampir sama. Bahkan suatu pemikiran tentang menghilangkan ketidaknyamanan di dalam sebuah tempat kerja rasanya seperti melakukan hal – hal yang tidak mungkin. Namun jangan pernah takut, karena selama kamu bisa menyesuaikan pola pikir, kemudian menciptakan sebuah lingkungan kerja yang nyaman dan juga melakukan suatu kebiasaan yang terbukti dapat meredakan rasa yang tidak nyaman tersebut kamu tentunya akan lebih bahagia. Selain itu juga dapat bebas dari rasa tidak nyaman selama ada di tempat kerja. Oleh karena itu kamu sangat membutuhkan beberapa tips bertahan di kantor. Apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Merapikan Meja Kerja
Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah merapikan meja kerja kamu, karena meja kerja yang rapi tentu saja akan membuat kamu menjadi lebih nyaman. Kamu juga harus menjaga agar nantinya meja kerja tidak lagi berantakan dan hanya gunakan meja tersebut untuk meletakkan beberapa barang yang sering digunakan saja. Misalnya saja seperti tempat pensil, telepon, buku catatan dan yang lainnya. Kamu juga perlu menyusun berkas – berkas secara rapi dan membuang alat tulis yang sudah tidak digunakan. Mengingat semakin rapi tempat kerja kamu, tentu saja semakin nyaman pekerjaan yang kamu lakukan.

2. Menciptakan Kondisi Kerja yang Baik
Jika ruang kerja kamu ditata dengan baik, maka tubuh kamu juga akan terbebas dari ketegangan. Begitupun dengan pikiran kamu. Jika lengan kamu selalu tertekuk selama mengetik, kamu bisa mencoba untuk mencari papan ketik yang terpisah. Selain itu bisa juga menggunakan tetikus untuk dapat meredakan tekanan di pergelangan tangan dan juga jari – jari kamu. Meletakkan barang – barang yang sering digunakan di dekatmu juga sangat perlu, agar nantinya kamu tidak perlu lagi mencarinya. Tips bertahan di kantor satu ini bisa dibilang sangat kecil dan banyak disepelekan namun cukup membantu untuk dapat bertahan di kantor dan membuat lebih nyaman.

Baca juga: Sudah Gak Betah di Tempat Kerja, tapi Maksa Bertahan, Dampaknya…

3. Meletakkan Aromaterapi
Jika kantor kamu mengizinkan, kamu bisa mencoba untuk menggunakan pengharum ruangan yang lembut. Atau bisa juga meletakkan bunga yang kamu suka di meja kerja kamu, biarkan wanginya tersebut membuat kamu menjadi lebih tenang dan damai. Selain itu kamu juga dapat menggunakan aromaterapi dari tumbuhan yang sudah dikeringkan. Tujuannya adalah untuk membuat tempat kerja kamu terasa menjadi milik sendiri. Selain itu juga agar dapat membuat pikiran dan tubuh kamu menjadi lebih bahagia.

4. Baik dengan Rekan Kerja
Mungkin kamu pernah mengalami rasa yang tidak nyaman di tempat kerja karena kamu merasa seperti sendirian dan tidak memiliki rekan bicara sepanjang hari. Namun meskipun kamu tidak harus menjadi seorang rekan yang paling baik, cobalah untuk mengenal rekan kerja kamu yang lainnya. Misalnya dengan mengenal mereka di saat makan siang maupun waktu istirahat. Hal tersebut akan membuat kamu menjadi mempunyai rekan yang mendukung dan juga mengerti akan masalah yang sedang kamu hadapi. Melakukan tips bertahan di kantor ini memang akan membuat kamu merasa lebih nyaman untuk berada di tempat kerja.

5. Mengubah Cara Pikir
Jika kamu merasa sudah tidak sanggup lagi untuk menanggung beban, contohnya saja karena tidak pernah dapat menyelesaikan pekerjaan. Tentu saja kamu merasa khawatir dipecat atau apa saja yang kamu lakukan tidak pernah baik. Kamu bisa mencoba untuk menenangkan diri, kemudian tarik napas dalam – dalam dan katakan pada diri sendiri untuk dapat meruah cara pikir kamu sendiri. Meskipun pekerjaan tersebut bisa menguras energi, akhirnya pekerjaan tetap hanya pekerjaan. Bukan merupakan urusan hidup dan mati, kecuali jika memang hidup kamu dipertaruhkan di dalam pekerjaan kamu.

Baca juga: Terungkap! Ini dia 5 Alasan Teratas Karyawan Resign

6. Melakukan Meditasi
Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan meditasi di meja kerja ataupun di lantai 20 menit sehari. Hal tersebut dapat membuat kamu menjadi lebih nyaman dan bahagia. Untuk melakukan meditasi ini sendiri, kamu bisa mencari tempat yang tenang untuk duduk nyaman, setelah itu letakkan telapak tangan kamu di atas paha. Setelah itu tegakkan tubuh kamu dan fokuskan perhatian kamu untuk membahagiakan setiap bagian tubuh kau satu persatu. Tips bertahan di kantor satu ini bisa dibilang lebih ke mengontrol diri agar lebih nyaman dalam bekerja.

7. Membuat Catatan
Meskipun kamu mungkin saja sangat terikat dengan komputer, ada baiknya jika kamu menyempatkan untuk beristirahat sejenak kemudian mencatat beberapa hal. Mulai dari daftar tugas harian sampai dengan informasi yang kamu terima dari telepon. Menulis beberapa kata, bahkan kata yang mungkin saja tidak penting untuk pekerjaan kamu akan memberikan kesempatan agar nantinya pikiran kamu dapat terbebas dari layar komputer. Kemudian dapat membantu untuk memulihkan energi kamu dan membuat kamu menjadi tidak terlalu terbebani.

8. Mengatur Beban Kerja
Lalu tips bertahan di kantor lain untuk dapat menenangkan pikiran kamu di tempat kerja adalah memastikan jika kamu tidak terlalu terbebani dengan semua pekerjaan yang harus kamu lakukan. Kamu harus berusaha untuk mengatur beban kerja dengan cara mendelegasikan beberapa tugas ke karyawan lain. Kamu bisa meminta dukungan dari rekan kerja ataupun mengurangi pekerjaan yang sudah pernah kamu terima.

9. Berusaha Kerja Lebih Menyenangkan

Selain itu kamu bisa mencoba untuk membawa beberapa makanan kecil untuk kamu dan rekan – rekan kerja. Kamu juga bisa selalu berusaha untuk bekerja menjadi terasa lebih menyenangkan, dimana caranya dengan membeli makanan enak untuk diri sendiri, memanjakan diri sendiri setelah pulang kerja ataupun yang lainnya.

Baca juga: 3 Tanda Pekerja Harus Mulai Mengeksplorasi Karirnya

10. Membayangkan Liburan Favorit
Jika kondisi tempat kerja kamu terasa tegang, tips bertahan di kantor yang dapat dilakukan adalah kamu bisa menutup mata sejenak dan mengingat tempat liburan favorit kamu. Ciptakan aroma, suasa dan rasa yang dapat membuat tempat tersebut menjadi istimewa.  Jadi kamu akan lebih tenang.

11. Konsumsi Makanan yang Meredakan Ketidaknyamanan
Kamu juga dapat menkonsumsi makanan yang mungkin bisa meredakan rasa ketidaknyamanan. Terutama makanan kesukaan kamu atau beberapa makanan lain seperti jeruk, kacang almond dan beberapa makanan lainnya.

12. Mengikuti Kelas Yoga
Selain itu coba juga untuk melakukan yoga setelah pulang kerja, yoga ini nantinya dapat membantu kamu untuk lebih menenangkan diri. Terutama saat kamu sedang dalam tekanan pekerjaan, tentu saja akan sangat membantu kamu.

Jadi dengan beberapa tips bertahan di kantor tersebut, tentunya pekerjaan yang kamu lakukan akan jauh lebih menyenangkan. Sehingga membuat kamu menjadi lebih betah di kantor dan pekerjaan yang kamu lakukan akan memberikan hasil yang maksimal.

Buat UrbanGen yang sudah tidak tahan ingin mencari pekerjaan baru, yuk cek di Urbanhire. Banyak lowongan pekerjaan menunggu kamu. Jangan lupa lengkapi profil akun Urbanhire kamu ya. Buat UrbanGen yang masih bingung mau cari kerja dibidang apa, atau gimana ya kalau nanti dipanggil interview, kamu bisa cek tips-tips karir, biar makin siap masuk ke dunia kerja. Semangat UrbanGen!!